Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Tipe Teman Kantor Ini Patut Kamu Waspadai!

Semoga teman kantormu bukan salah satunya, ya

Sejak kecil, kita selalu dididik untuk berteman dengan siapa saja. Namun, setelah dewasa, lambat laun kita akan mengerti bahwa tidak semua orang cocok untuk dijadikan teman. Beberapa orang bahkan terpaksa harus kita jauhi karena kehadiran mereka hanya akan memberikan pengaruh buruk.

Dari sekian banyak rekan kerja yang kamu kenal, tidak semuanya bisa kamu jadikan teman, lo. Dilansir dari laman Forbes, beberapa di antaranya masuk dalam lima tipe orang berikut ini!

1. Si tukang ngobrol

Hati-hati, 5 Tipe Teman Kantor Ini Patut Kamu Waspadai!freepik.com

Percaya atau tidak, kantor bisa jadi tempat yang sangat membosankan. Untuk membunuh rasa bosan, tidak jarang kita mengobrol dengan teman yang bekerja di samping kita. Namun, sebosan apa pun, sebisa mungkin kamu harus menghindari untuk mengobrol terlalu banyak dengan tipe seperti ini.

Selain membuat kehilangan fokus, bicara dengan mereka akan membuat kamu kehilangan waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja. Alhasil, ketika jam pulang tiba, kamu terpaksa harus lembur untuk menyelesaikan semuanya.

2. Teman yang suka menjatuhkan

Hati-hati, 5 Tipe Teman Kantor Ini Patut Kamu Waspadai!unsplash.com/Tim Gouw

Sebagai seorang karyawan, kamu tentu ingin perusahaan tempatmu bekerja bisa maju. Karena itu, setiap kali ada kesempatan, kamu gak segan untuk menyampaikan ide yang bisa membuat perusahaan berkembang.

Sayangnya, tiap kali kamu mengungkapkan sebuah ide, setiap itu pula mereka menanggapinya dengan negatif. Mereka akan mulai meragukan idemu, bahkan tidak segan mengatakan bahwa itu adalah ide buruk.

Sebagai sesama rekan kerja, seharusnya saling menyemangati. Namun, kalau keberadaan mereka hanya membuat kamu merasa rendah diri, lalu apa gunanya berteman dengan mereka?

Baca Juga: 19 Tipe Teman Kerja yang Pasti Kamu Temui di Kantor Tiap Hari

3. Orang yang suka menusuk dari belakang

Hati-hati, 5 Tipe Teman Kantor Ini Patut Kamu Waspadai!monster.com

Namanya persaingan akan selalu ada, termasuk saat kamu sudah bekerja sekalipun. Hal yang menyeramkan adalah kadang ada saja orang yang berambisi untuk mendapatkan jabatan tinggi sampai rela melakukan apa pun, termasuk jika itu artinya mereka harus mengkhianati teman-temannya sendiri.

Sekilas, dia memang terlihat baik. Namun, di saat kamu jatuh, mereka menunjukkan wajah aslinya. Alih-alih membantu, rekan kerja seperti ini justru hanya akan membuat hidupmu di kantor semakin kacau.

4. Si muka dua

Hati-hati, 5 Tipe Teman Kantor Ini Patut Kamu Waspadai!haventoronto.ca

Tidak jauh dari orang yang suka menusuk dari belakang, mereka yang muka dua juga berbahaya. Di depanmu, mereka terlihat baik, bahkan tidak jarang memuji kamu ini itu.

Namun, kebaikannya hanya muncul ketika kamu ada di depannya. Ketika kamu berpaling, mereka justru membuka semua aib yang kamu miliki pada orang lain. Ketika kamu kesal pada atasan, dia bisa terlihat seolah-olah mendukung kamu dengan ikut menjelek-jelekkan atasan kalian. Namun, di depan atasan, dia justru menjelek-jelekkan kamu. Gawat banget!

5. Teman yang sok tahu

Hati-hati, 5 Tipe Teman Kantor Ini Patut Kamu Waspadai!unsplash.com/Mimi Thian

Tong kosong nyaring bunyinya. Bisa jadi kalimat yang tepat untuk menggambarkan orang-orang yang sok tahu. Orang-orang ini tidak pernah melewatkan setiap kesempatan untuk pamer dan menunjukkan bahwa dirinya tahu segalanya.

Ya, kalau dia memang benar-benar mengerti, sih, gak apa-apa. Masalahnya, hal yang dia bicarakan makin lama justru makin ngaco dan melenceng ke mana-mana. Selain bikin ilfeel, rekan kerja yang sok tahu juga tidak bisa dipercaya ucapannya.

Meski terlihat baik, pada kenyataannya, tidak semua orang benar-benar baik, termasuk mereka yang kamu temui di kantor. Jadi hati-hati, ya!

Baca Juga: Ini Dia 5 Tandanya Kalau Kamu Naksir Teman Kerjamu

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You