Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!

#ANGPOIN Bye-bye lembur!

Di dunia kerja, ada banyak hal yang harus kamu lakukan. Gak sekedar datang, mengerjakan tugas,dan pulang, tapi kamu juga harus menghadiri rapat, membicarakan projek, dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang terlalu banyak tak jarang membuat pekerjaanmu menjadi tertunda-tunda. Akibatnya, kamu malah sering lembur biar tugas tersebut selesai tepat pada waktunya.

Tapi sekarang, gak ada lagi yang namanya lembur. Kamu bisa beristirahat dengan tenang setiap hari asal kamu mau menerapkan 6 tips berikut saat bekerja.

1. Buatkan skala prioritas

Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!unsplash.com/Thought Catalog

Pertama-tama, buatkan skala prioritas. Tentukan tugas mana yang paling menghabiskan waktu dan energimu di kantor. Mulailah dari tugas yang paling sulit terlebih dahulu, baru lanjut mengerjakan tugas yang lebih mudah. Nah, ketika tugas yang sulit sudah terselesaikan, kamu bisa beralih ke tugas yang mudah.

2. Cicil tugas-tugasmu!

Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!unsplash.com/Annie Spratt

Lupakan yang namanya “sistem kebut semalam”. Hal ini gak berlaku saat kamu berada di dunia kerja. Apalagi kalau tugas-tugas tersebut harus diselesaikan bersama tim.

Selagi punya waktu, cobalah untuk mencicil semua tugas yang kamu punya. Dengan mencicil, maka beban kerjamu pun akan terasa lebih ringan.

3. Hindari pikiran buruk

Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!unsplash.com/Vitaly Nikolenko

Pikiran-pikiran buruk seperti “bagaimana kalau atasan memberi pekerjaan baru?" atau  "bagaimana kalau pekerjaan ini tidak bisa selesai?"  sebaiknya tidak perlu kamu pikirkan. Hal ini hanya akan menghambat kinerjamu di kantor.

Daripada waktumu habis untuk memikirkan hal-hal yang gak pasti, lebih baik selesaikan tugasmu biar bisa segera dikumpulkan ke atasan.

Baca Juga: 5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!

4. Jangan malu bertanya

Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!unsplash.com/Mimi Thian

Instruksi atasan belum jelas? Well, bertanyalah kalau memang dibutuhkan. Gak perlu malu atau sungkan selagi pertanyaannya masih seputar tugas yang akan kamu kerjakan. Lain halnya kalau pertanyaannya melenceng, lebih baik dibicarakan secara empat mata dengan atasan.

5. Jangan terlalu perfeksionis

Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!unsplash.com/Wes Hicks

Sadar atau tidak, sikap perfeksionis akan memperlambat penyelesaian tugas. Kenapa? Karena waktumu habis untuk mengoreksi kekurangan-kekurangan yang ada pada hasil kerja sehingga kamu lupa kalau masih banyak tugas lain yang harus kamu selesaikan kala itu.

6. Be quiet!

Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Usahakan agar suasana di sekitarmu tenang dan diam saat kamu mulai bekerja sehingga konsentrasi kerja menjadi lebih tinggi. Selain itu, singkirkan pula gadget dan barang-barang yang bisa menimbulkan gangguan. Percayalah, cara ini akan membuatmu tugas-tugasmu cepat selesai.

Buat yang selama merasa lambat dalam menyelesaikan tugas, coba terapkan 6 tips di atas agar pekerjaanmu cepat selesai. Selamat mencoba!

Baca Juga: Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shift

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You