Comscore Tracker

5 Nasihat Bijak bagi Workaholic biar Gak Kerja Melulu!

Dear workaholic, pay attention please ...

Mencapai kesuksesan memang gak mudah. Kamu harus kerja keras untuk bisa mewujudkannya. Sayangnya, kerja keras itu malah menjurus ke sikap gila kerja atau workaholic. Kamu lebih mengedepankan pekerjaan daripada hal lain dalam hidupmu, padahal hal lain itu juga gak kalah penting, lho!

Sebelum porsi gila kerja semakin akut, jangan indahkan lima nasihat berikut ini agar kamu bisa mendapatkan life balance secepatnya. 

1. Ingatlah kalau kamu bukan robot. Istirahat itu penting agar penyakit gak bersarang di tubuhmu

5 Nasihat Bijak bagi Workaholic biar Gak Kerja Melulu!pexels.com/Vlada Karpovich

Awalnya, kamu mungkin semangat untuk bekerja lagi dan lagi. Kamu haus akan prestasi dan ingin mendapatkan yang lebih besar dari ini. Namun, ketahuilah kalau kamu bukan robot. Cepat atau lambat, tubuhmu akan capek juga.

Ketika porsi capek sudah mencapai klimaks, tapi kamu tetap memaksa diri untuk bekerja, bisa-bisa penyakitlah yang akan bersarang di tubuh. Prestasi yang selama ini kamu raih bakal sia-sia karena kamu gak bisa pertahankan akibat jatuh sakit. 

2. Bersantai gak akan membuat performa kerjamu langsung turun, jadi rileks

5 Nasihat Bijak bagi Workaholic biar Gak Kerja Melulu!pexels.com/nappy

Kamu mungkin pernah berasumsi kalau bersantai dalam bekerja dapat membuat performa turun drastis. Jawabannya, gak. Selagi santai, yang kamu lakukan gak menjurus ke sikap malas-malasan kok. Makanya, rileks.

Kamu gak perlu terlalu panik sama performa kerja. Toh, performa yang turun masih bisa ditingkatkan lagi di lain waktu. Coba bayangkan kalah tubuhmu sudah terlanjur dihinggapi penyakit, apa bisa memutar waktu lagi? Tidak! Makanya, jangan terlalu gila kerja biar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Mengganggu Fokus, 5 Hal Buruk Ini Membuat Pekerjaan Tidak Cepat Kelar

3. Jika motif workaholic kamu untuk dapat banyak uang, ingatlah kalau uang akan habis kalau sakit

5 Nasihat Bijak bagi Workaholic biar Gak Kerja Melulu!pexels.com/Andrea Piacquadio

Tepat sekali! Seperti yang kamu tahu kalau biaya rumah sakit itu sangat mahal, apalagi kalau kamu ingin dirawat di tempat yang punya fasilitas memadai. Satu harinya saja bisa jutaan. Kalau sampai seminggu, bisa dua digit, kan? Semangat kerjamu yang gila-gilaan selama ini gak akan ada artinya karena apa yang kamu cari perlahan-lahan mulai habis.

Uang memang penting, tapi kesehatan jauh lebih penting. Ketika tubuh sehat, kesempatanmu untuk mencari dan mengumpulkan pundi-pundi uang lebih banyak. Kalaupun habis, setidaknya untuk hal-hal bermanfaat, bukan untuk berobat ke rumah sakit.

4. Dear workaholic, ingatlah sama orang-orang yang kamu tinggalkan di rumah

5 Nasihat Bijak bagi Workaholic biar Gak Kerja Melulu!pexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa pun mereka, entah itu orangtua, pasangan, atau anak-anak, pikirkanlah mereka sebelum semangat kerja semakin menggila. Sesukses apa pun kamu, sebanyak apa pun uangmu, semua akan sia-sia kalau keluargamu saja hancur berantakan.

Sesekali, coba posisikan dirimu menjadi mereka, menjadi orang yang tiap hari menunggu di rumah. Pasti itu gak enak. Apalagi kalau raut wajah orang yang ditunggu-tunggu keriput, bawaannya pasti sakit hati. 

5. Kegilaan bekerja akan membuatmu lebih cepat bosan dan benci sama pekerjaanmu sekarang 

5 Nasihat Bijak bagi Workaholic biar Gak Kerja Melulu!pexels.com/Tim Guow

Ketika kamu melakukan hal yang sama secara terus-menerus, kamu cenderung lebih cepat bosan untuk mengerjakannya di kemudian hari. Parahnya lagi, kamu bisa jadi benci dan gak mau melakukan pekerjaan yang sama lagi. Padahal, di sini kamu sedang jaya-jayanya, tapi sudah malas bekerja. Sia-sia semua kegilaan kerjamu selama ini, kan?

Maka dari itu, luangkan waktu untuk rehat. Manfaatkan akhir pekan, hari libur besar, atau cuti tahunan untuk refresh diri dan pikiran. Alhasil, kebahagiaan hidupmu menjadi lengkap dan gak berat sebelah.

So, para workaholic, ingatlah kalau dirimu, waktumu, dan orang-orang di sekitarmu juga tak kalah berharga dibandingkan karier. Ingat nasihat di atas agar hidupmu jauh lebih bahagia nantinya.

Baca Juga: 5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasi

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya