Comscore Tracker

5 Bukti Kamu Termasuk Rekan Kerja yang Bisa Diandalkan, Pertahankan!

Orang-orang berharap padamu

Di dunia kerja, porsi orang yang bisa diandalkan dan gak bisa diandalkan beda tipis. Lantas, kamu masuk dalam kategori yang mana? Kalau kamu termasuk yang bisa diandalkan, kamu bisa buktikan lewat lima poin berikut. Cek selengkapnya, yuk!

1. Mereka senang satu tim denganmu

5 Bukti Kamu Termasuk Rekan Kerja yang Bisa Diandalkan, Pertahankan!pexels.com/RF._.studio

Siapa sih yang gak senang gabung sama orang yang bisa dia diandalkan seperti kamu? Bukan karena anggota tim ingin memanfaatkanmu, tapi lebih ke bangga saja karena kehadiranmu pasti akan sangat membantu. Hasil kerja tim juga dipastikan jauh lebih maksimal.

Meski bisa paling diandalkan, bukan berarti jadi sesuka hatimu, ya! Kamu juga harus membiarkan anggota tim menyampaikan pendapatnya atas suatu masalah. 

2. Mereka sering meminta pendapatmu tentang sesuatu

5 Bukti Kamu Termasuk Rekan Kerja yang Bisa Diandalkan, Pertahankan!pexels.com/Gustavo Fring

Sekalipun lagi gak kerja secara tim, rekan kerja sering kali meminta opini atau pendapatmu. Terlebih lagi untuk bidang yang kamu kuasai karena pendapat darimu membukakan pintu bagi mereka untuk berpikir lebih jauh tentang tugasnya.

Sebaiknya berikan pendapat terbaik setiap kali ada rekan kerja yang meminta tanggapanmu mengenai suatu hal. Dan jangan lupa untuk jujur kalau kamu ingin mereka menjadi lebih maju.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Membangun Hubungan yang Berkualitas dengan Rekan Kerja

3. Mereka mendengarkan perkataanmu dengan sungguh-sungguh

5 Bukti Kamu Termasuk Rekan Kerja yang Bisa Diandalkan, Pertahankan!pexels.com/Canva Studio

Orang-orang yang bisa diandalkan biasanya sibuk karena harus mengurusi ini dan itu. Ketika kamu punya waktu, rekan kerjanmu akan manfaatkan ini untuk bertanya, minta pendapat, atau bantuan. Dan mereka akan mendengarkanmu secara sungguh-sungguh.

Wajar saja karena kesempatan untuk bertemu denganmu sangatlah kecil. Hari ini bisa ketemu, besok atau lusa belum tentu. Makanya mereka gak akan mengalihkan pandangan sampai kamu selesai berbicara.

4. Mereka sering menantikan kehadiranmu dalam forum

5 Bukti Kamu Termasuk Rekan Kerja yang Bisa Diandalkan, Pertahankan!pexels.com/Christina Morillo

Gak datang satu hari saja, entah itu karena acara dadakan atau sakit, rekan kerjamu pasti langsung kecarian. Ketidakhadiranmu sangatlah disayangkan karena bikin jalannya diskusi kurang menarik. 

Agar situasinya gak jauh berbeda, mereka dengan senang hati untuk melakukan diskusi jarak jauh. Alhasil, tugas tetap ada progresnya meskipun kalian dipisahkan oleh jarak.

5. Mereka tersenyum mendengar kejujuranmu, bukannya marah

5 Bukti Kamu Termasuk Rekan Kerja yang Bisa Diandalkan, Pertahankan!pexels.com/fauxels

Mereka percaya kalau kalimat sinis yang keluar dari mulutmu bukan untuk menyakiti hati siapapun. Melainkan untuk membawa perubahan tim agar menjadi lebih baik. Mereka justru tersenyum mendengarnya karena gak ada satu orang pun yang berani menyampaikan kejujuran meskipun mereka tahu letak kesalahannya.

Jangan ngaku-ngaku jadi rekan kerja yang bisa diandalkan kalau kamu gak punya salah satu bukti dari lima poin yang disebutkan di atas, ya! Untuk kamu yang punya, pertahankan atau tingkatkan lagi!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya