Comscore Tracker

5 Tips agar Hidupmu Bebas Gosip di Tempat Kerja

#IDNTimesLife Bebas gosip membuat hidupmu tenang!

Dunia kerja penuh dengan kejutan. Sebaik apa pun kamu, gak ada jaminan kalau hidupmu akan bebas dari gosip. Ada saja rekan kerja yang berusaha cari gara-gara dengan hidupmu. Entah itu karena sirik atau cuma SKSD.

Untungnya, ada tips yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi jumlah gosip di tempat kerja. Langsung saja terapkan tips-tips berikut, yuk!

1. Mulai dulu dengan gak menggosipkan orang lain

5 Tips agar Hidupmu Bebas Gosip di Tempat Kerjapexels.com/Jopwell

Pertama, harus mulai dari diri sendiri terlebih dulu. Jangan pernah ngatain orang yang gak pernah mengganggu hidupmu di tempat kerja, meskipun orang itu bermasalah dengan rekan  terdekatmu di tempat kerja.

Ingat, kamu gak dirugikan sedikit pun sama dia. Jadi, jangan pernah gosip dan membuat suasana bertambah panas. Biarkan mereka selesaikan masalahnya sendiri.

2. Buatlah jarak dengan rekan kerja 

5 Tips agar Hidupmu Bebas Gosip di Tempat Kerjapexels.com/Jopwell

Selanjutnya adalah membangun jarak. Cobalah untuk gak ikut-ikutan dalam circle rekan kerja gosip, meskipun mereka orang-orangnya asyik. Sebab, besar kemungkinan kamu sendiri akan digosipin sama mereka juga kalau kamu melakukan kesalahan.

Miris, kan? Padahal kamu sudah anggap mereka sebagai teman, tapi mereka malah seperti ini padamu. Daripada nanti jadi sakit hati, lebih baik bangun jarak dari sekarang.

3. Gak perlu caper 

5 Tips agar Hidupmu Bebas Gosip di Tempat Kerjapexels.com/Christina Morillo

Meskipun gak kelihatan, tapi kamu dan sesama rekan kerja bersaing untuk menjadi yang terbaik. Kalau kamu cuma bisanya caper, bukan malah unjuk skill, yang ada kamu jadi digosipin sama rekan kerja.

Alasannya jelas karena mereka iri. Mereka gak rela kalau atasan sampai senang padamu karena kamu pintar cari muka. Makanya, kurang-kurangin caper kalau hidupmu mau terbebas dari gosip.

Baca Juga: Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!

4. Bebaskan hari-harimu di tempat kerja dari drama 

5 Tips agar Hidupmu Bebas Gosip di Tempat Kerjapexels.com/cottonbro

Meskipun dunia kerja adalah tempat bagi orang-orang profesional, tapi ada saja drama yang terjadi di tempat kerja. Bisa karena masalah pribadi atau keluarga. Hal ini tentu akan menjadi bahan perbincangan antar sesama rekan kerja.

Drama seperti inilah yang sebaiknya dihindari. Meskipun pada hari itu hidupmu lagi banyak masalah, ada baiknya kontrol emosimu dengan baik supaya gak jadi bahan gosip nantinya.

5. Perbaiki dirimu dari waktu ke waktu 

5 Tips agar Hidupmu Bebas Gosip di Tempat Kerjapexels.com/Andrea Piacquadio

Cara satu-satunya agar hidupmu bebas dari gosip adalah perbaiki diri dari waktu ke waktu. Mulai dari sikap, sifat, hingga profesionalitasmu di tempat kerja. Ketika kamu berhasil menjadi pribadi yang lebih baik, percayalah gosip itu akan hilang secara perlahan.

Prosesnya gak mudah, gak sebentar juga. Maka dari itu, bersabarlah dan nikmati prosesnya agar kamu bisa jalani masa perbaikan diri ini dengan baik dan hasil maksimal.

Gosip-gosip di dunia kerja selalu ada, tapi dengan tips di atas, setidaknya hidupmu bisa bebas sedikit dari gosip. Alhasil, hari-harimu di tempat kerja menjadi lebih enteng. 

Baca Juga: 5 Zodiak ini Gak Suka Gosip, Selalu Dicap Jadi Orang yang Gak Asyik

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya