Comscore Tracker

Cerita Inspiratif PT Paragon Menjadi Market Leader Kosmetik Indonesia

Generasi kedua penerus PT. Paragon Technology and Innovation

Siapa yang tak kenal dengan produk kecantikan seperti Wardah, Make Over, dan juga Emina? Ya tepat sekali, produk-produk kecantikan yang menginduk pada PT. Paragon Technology and Innovation ini sudah menjadi pilihan wajib bagi para pengguna setianya.

Namun tak banyak yang mengira, dibalik kesuksesannya saat ini ternyata tersimpan kisah menarik dan jatuh bangun dari sang penerus generasi kedua yaitu Salman Subakat yang juga menjabat sebagai Chief Marketing Officer (CMO). Ia pun menjadi saksi hidup sang ibunda yang memulai bisnis ini dari bawah hingga kini turut serta menjadi bagian di PT. Paragon Technology and Innovation. Berikut adalah kisah inspiratif seorang Salman Subakat.

1. Bisnis keluarga yang mulanya dibangun dengan sederhana oleh sang ibu

Cerita Inspiratif PT Paragon Menjadi Market Leader Kosmetik Indonesialifestyle.okezone.com

Sang Ibu, Nurhayati Subakat merupakan pencetus awal lahirnya bisnis keluarga ini. Ia memulai karirnya setelah menamatkan pendidikan di ITB dengan mengambil Jurusan Farmasi. Setelah lulus kuliah, Nurhayati Subakat bekerja sebagai Staff Quality Control di  sebuah perusahaan kosmetik.

Dengan tekad yang kuat, di tahun 1985 ia memulai usahanya dari industri rumahan dengan memproduksi sampo bermerek Putri yang dijual di salon-salon kecantikan. Kesuksesan produk pertama ini berhasil mengantarkan beliau untuk mendirikan pabrik di Cibodas dan kini di Tangerang serta Jakarta sebagai kantor pusatnya.

2. Salman Subakat memilih melanjutkan bisnis orangtuanya

Cerita Inspiratif PT Paragon Menjadi Market Leader Kosmetik Indonesiaswa.co.id

Tumbuh dan dibesarkan dengan cinta serta kasih sayang keluarga tak lantas membuat seorang Salman Subakat lupa diri. Beliau memiliki rasa hutang budi yang tinggi terhadap para karyawan di perusahaan milik orangtuanya. Hal ini dikarenakan pada saat krisis moneter tahun 1998, beliau dapat dengan tenang melanjutkan kuliahnya di ITB berkat kerja keras para karyawan di perusahaan milik orangtuanya.

Hal ini pula yang mendasari seorang Salman Subakat untuk mendedikasikan hidupnya untuk terus membangun serta menyejahterakan seluruh karyawan PT. Paragon Technology and Innovation dengan cara terjun langsung mengambil bagian menempati posisi Chief Marketing Officer (CMO).

3. Visi, misi serta nilai yang ditanamkan di perusahaan mempunyai peranan penting

Cerita Inspiratif PT Paragon Menjadi Market Leader Kosmetik Indonesiaswa.co.id

Setiap perusahaan atau bisnis yang dijalani biasanya memiliki visi, misi serta nilai penting tersendiri. Sama halnya dengan PT. Paragon Technology and Innovation yang memiliki itu semua. Seperti dilansir dari website resminya, visi dari perusahaan ini adalah menjadi perusahaan yang berkomitmen untuk memiliki pengelolaan terbaik dan berkembang terus menerus dengan bersama-sama menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin melalui produk berkualitas yang memberikan manfaat bagi Paragonian, mitra, masyarakat, dan lingkungan.

Sementara untuk misinya yaitu mengembangkan Paragonian, menciptakan kebaikan untuk pelanggan, perbaikan berkesinambungan, tumbuh bersama-sama, memelihara bumi, mendukung pendidikan dan kesehatan bangsa serta mengembangkan bisnis.

Kemudian pada acara IMS 2019 bulan Januari lalu yang bertempat di Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Salman Subakat pernah berujar bahwa nilai-nilai yang tertanam pada perusahaan akan selalu dipegang teguh dan mencakup nilai Ketuhanan, keteladanan, kekeluargaan, tanggung jawab, fokus pada pelanggan dan juga inovasi.

Visi, misi dan nilai-nilai tersebut harus saling berkaitan dan tentu saja memiliki peranan penting dalam rangka menjaga stabilitas perusahaan untuk masa yang akan datang mengingat setiap usaha selalu mengalami pasang surut dan diharapkan aspek-aspek tersebut dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk membangkitkan semangat pihak-pihak terkait secara lebih maksimal.

4. Berbagai penghargaan berhasil diraih

Cerita Inspiratif PT Paragon Menjadi Market Leader Kosmetik Indonesiawardahsemarang.blogspot.com

Berkat kerja keras, jatuh bangun, semangat, tekad serta semangat dari seluruh pihak yang terlibat di dalam bisnis kosmetik raksasa ini, PT. Paragon Technology and Innovation berhasil meraih berbagai macam penghargaan antara lain Halal Award 1999 Wardah Sebagai Pioner Kosmetik Halal di Indonesia (Kementrian Agama RI bersama LPPOM MUI dan MUI), Halal Award Top Brand 2011-2016 Sebagai Halal Top Brand (Kementrian Agama RI bersama LPPOM MUI dan MUI), Penghargaan Indonesia Original Brand 2011 (SWA Business Digest), Best Supplier Consignment 2014 (Matahari Departement Store), Great Marketer: Salman Subakat 2015 (Marketing Award), Superbrands 2014 Kategori Kosmetik (Superbrands Indonesia's Choice), Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 (PT. Transmediacom), Halal Award 2016 (LPPOM MUI), Corporate Image Award: Category Cosmetics 2017 (Corporate Image Committee & Tempo Magazine), serta masih banyak lagi yang lainnya. Membanggakan sekali bukan?

5. Inovasi adalah hal penting dari setiap usaha

Cerita Inspiratif PT Paragon Menjadi Market Leader Kosmetik Indonesiawww.idntimes.com

Salman Subakat sempat berkata pada IMS 2019 lalu, bahwa tahun 2019 ini merupakan tahun-tahun dimana percepatan perubahan dunia terjadi secara besar-besaran termasuk di Indonesia. Oleh karena itu diperlukanlah sebuah inovasi yang berkesinambungan agar selalu tercipta kondisi positif di PT Paragon Technology and Innovation ini. Dari setiap usaha yang dijalani, inovasi produk merupakan hal penting yang harus selalu diperbaharui guna menghindari kejenuhan pasar dan tertinggalnya suatu produk dari tren pasar yang selalu berubah.

Diperlukan riset mendalam serta pengembangan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar agar produk yang dihasilkan dapat diterima dengan baik nantinya dan selalu menjadi primadona tersendiri di hati pengguna setianya.

Dan aktivitas lain yang dilakukan oleh Salman adalah turut serta aktif dalam membentuk jaringan dan menjalin kedekatan dengan para konsumen melalui kegiatan-kegiatan yang positif sembari memetakan pangsa pasar untuk kebutuhan distribusi produknya. Jadi tak heran bila ia berhasil menyabet penghargaan Great Marketer: Salman Subakat 2015 yang diberikan dalam ajang Marketing Award. Menginspirasi sekali ya!

Nah, bagaimana? Apakah kisah dari salah satu sosok di PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat, dapat menginspirasimu? Jika iya, yuk mulai mewujudkan mimpi dengan bekerja keras. Dan jangan cepat menyerah karena gagal itu hal biasa bila ingin mendapatkan kesuksesan di masa depan. 

MahestiDita Photo Verified Writer MahestiDita

"penyuka warna hitam yang mudah sekali tertidur" ----- find me on instagram : mahestidita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya