Comscore Tracker

5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi Penjilat

Kalau kerja harus profesional, kak

Dalam dunia kerja akan selalu ada yang namanya persaingan. Semua orang akan berlomba-lomba menunjukkan kemampuannya, demi kemajuan kariernya. Ada orang yang bersaing secara sehat, namun ada juga orang yang bersaing dengan tidak sehat.

Tidak heran kalau karena persaingan ini, terkadang timbul konflik diantara rekan kerja di kantor. Semuanya ingin terlihat baik di mata atasan. Bahkan ada yang rela menjadi penjilat demi mencapai tujuannya. 

Seorang penjilat sudah pasti memiliki banyak musuh di lingkungan kerjanya. Gak enak banget ya? Padahal nih kamu bisa lho mengambil hati atasan tanpa harus menjadi penjilat, begini caranya.

1. Rajin masuk kantor

5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi PenjilatUnsplash.com/icons8 team

Seorang karyawan yang rajin, pasti akan disukai oleh atasan. Karena itu usahakanlah untuk rajin masuk kantor dan jangan pernah datang terlambat. Atasan biasanya sangat memperhatikan kartu absensi bawahannya. Kamu akan dengan mudah menarik perhatian atasanmu dengan memiliki absensi kehadiran yang sempurna dan tanpa cela.

2. Selesaikan pekerjaan dengan baik

5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi PenjilatPexels.com/Rebrand Cities

Kebanyakan karyawan suka setengah hati dalam melakukan pekerjaannya, apalagi kalau mereka tidak menyukai pekerjaan tersebut. Padahal mereka dibayar oleh perusahaan untuk melakukan pekerjaan itu. Oleh karena itu, tunjukkanlah kalau kamu seorang yang profesional.

Selesaikan semua pekerjaanmu dengan baik, bahkan walau kamu tidak menyukai pekerjaan tersebut. Hindari menunda-nunda atau menumpuk pekerjaan.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghadapi Si Antagonis di Kantor, Jangan Ladeni

3. Jangan pernah mengeluh di kantor

5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi PenjilatUnsplash.com/Mimi Thian

Mengeluh merupakan sesuatu yang tidak boleh kamu lakukan di kantor, apalagi di depan atasanmu. Kamu akan dianggap terlalu manja, cengeng, serta tidak profesional oleh rekan kerja dan atasanmu kalau terlalu sering mengeluh.

Memang terkadang beban pekerjaan terasa sangat berat, tapi daripada buang-buang waktu mengeluh, bukankah lebih baik kalau kamu berusaha untuk mengerjakannya? Karena bagaimanapun juga pekerjaan itu adalah tanggung jawabmu dan mengeluh tidak akan menyelesaikannya.

4. Punya inisiatif dan kreatif

5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi PenjilatPexels.com/Christina Morillo

Bersikap pasif di kantor, bukanlah hal yang baik. Cobalah untuk bersikap aktif dan memiliki inisiatif dalam bekerja. Tunjukkan kemampuanmu dalam menyelesaikan pekerjaan, dan mencari solusi kalau ada masalah yang muncul. Dengan begitu kinerjamu akan terlihat baik di mata rekan kerja, dan juga atasanmu.

Tapi ingat walaupun kamu cerdas, kreatif, dan mampu menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik, jangan pernah bertingkah sok hebat atau sok pintar.

5. Selalu berpikir positif

5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi PenjilatPexels.com/Christina Morillo

Pikiran yang positif akan membuat tingkah lakumu menjadi positif juga. Dengan begitu kamu bisa menjaga kinerja kerjamu di kantor. Hal ini bisa berdampak baik juga loh terhadap lingkungan kerjamu. Rekan kerja dan atasanmu akan melihatmu sebagai seseorang yang optimis, kreatif, dan berdedikasi penuh pada pekerjaan.

Nah, gak perlu menjadi penjilat kan untuk mengambil hati atasan? Kamu bisa melakukannya dengan cara lain yang lebih sportif.

Kalau memang harus bersaing dengan rekan kerja untuk mendapatkan penilaian yang baik dari atasan, maka bersainglah secara sehat dan profesional.

Baca Juga: 5 Keahlian Penunjang Masa Depan Karier, Mulai Siapkan Mental Bajamu

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya