Comscore Tracker

5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerja

Gak punya pengalaman kerja, bukan berarti gak bisa kerja!

Ketika sudah lulus kuliah, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai terjun ke dalam dunia kerja. Namun sebagai seorang fresh graduate, seringkali ada rasa kurang percaya diri ketika harus berkompetisi mencari pekerjaan dengan para lulusan baru lainnya. Apalagi kalau harus bersaing dengan para pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman, duh rasanya minder banget!

Fresh graduate memang seringkali dipandang sebelah mata. Padahal walaupun para fresh graduate ini belum memiliki pengalaman kerja, namun bukan berarti mereka tidak bisa bekerja. Seorang fresh graduate, ternyata juga memiliki keunggulan tersendiri. Penasaran kan, apa ya kira-kira keunggulan yang dimiliki oleh mereka?

Inilah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh seorang fresh graduate di dalam dunia kerja.

1. Memiliki keinginan belajar yang tinggi

5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerjapexels.com/Christina Morillo

Seorang fresh graduate biasanya masih memiliki rasa kurang percaya diri ketika harus memasuki dunia kerja. Mereka merasa masih baru di dunia kerja, sehingga masih banyak yang harus mereka pelajari. Karena itu tidak heran kalau para fresh graduate ini masih memiliki keinginan belajar yang tinggi.

Mereka masih mau mengikuti arahan dari atasan, ataupun dari rekan-rekan kerja yang lebih senior dari mereka. Sikap yang seperti ini membuat para fresh graduate mudah untuk menyesuaikan diri, dan berkembang di dalam kariernya.

2. Memiliki loyalitas terhadap perusahaan

5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerjapexels.com/Rebrand Cities

Dunia kerja adalah dunia yang sangat baru bagi seorang fresh graduate. Oleh karena itu mereka biasanya lebih memiliki komitmen untuk bekerja dengan baik. Apalagi ini adalah pekerjaan pertamanya, mereka pasti akan berusaha secara maksimal untuk menunjukkan kemampuannya.

Seorang fresh graduate juga biasanya tidak akan berpindah-pindah kerja dalam waktu singkat. Hal ini karena mereka ingin menjadikan pengalaman kerja yang pertama kali ini, menjadi catatan yang baik di dalam CV mereka kelak.

3. Tidak banyak menuntut pada perusahaan

5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerjapxels.com/Mentatdgt

Saat diterima bekerja untuk pertama kali, para fresh graduate biasanya tidak memiliki tuntutan apa-apa terhadap perusahaan. Mereka sudah cukup puas menerima gaji sesuai UMK atau UMR, dan menerima beberapa tunjangan yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan standar peraturan yang berlaku.

Hal ini mereka lakukan, bukan semata karena mereka sangat membutuhkan pekerjaan itu. Namun juga karena mereka sadar kalau mereka masih baru di dunia kerja, dan belum memiliki pengalaman apa-apa.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Pekerjaan Saat Diterima oleh Lebih dari Satu Perusahaan

4. Mudah dibina dan dimaksimalkan potensinya

5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerjaunsplash.com/Mimi Thian

Seorang karyawan fresh graduate itu ibarat kertas putih yang masih kosong. Sehingga mereka masih mudah untuk dibentuk dan dibina, sesuai dengan keinginan perusahaan. Ini membuat potensi-potensi yang ada di dalam diri seorang karyawan fresh graduate, bisa lebih dikembangkan secara maksimal.

Apalagi sebagai seorang karyawan baru, para lulusan fresh graduate juga biasanya mampu mematuhi peraturan yang ada di dalam perusahaan. Dan lebih terbuka dalam menerima kritik, ataupun saran dari atasan dan rekan kerjanya.

5. Paham akan teknologi

5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerjaunsplash.com/NESA by Makers

Dalam hal penguasaan teknologi, para karyawan fresh graduate tidak kalah dengan karyawan lainnya yang lebih berpengalaman. Mereka mudah beradaptasi dengan berbagai teknologi terbaru, dan tahu bagaimana cara memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendukung pekerjaan mereka. Hal ini tentu saja menjadi kelebihan tersendiri bagi para fresh graduate di dalam dunia kerja.

Nah melihat berbagai keunggulan yang dimiliki oleh para fresh graduates di atas, sepertinya memang tidak salah kalau mereka diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka. Walaupun tanpa pengalaman kerja, para fresh graduates ini ternyata masih mampu berkompetisi dengan para pencari kerja lain yang lebih berpengalaman.

Baca Juga: 5 Hal yang Selalu Diperhatikan Atasan dari Para Karyawannya

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya