Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Hari Pertama Masuk Kerja

Kesan pertama itu penting banget lho!

Setelah lulus kuliah, selanjutnya kamu pasti akan mulai disibukkan dengan mencari pekerjaan. Hari-hari kamu akan disibukkan dengan menghadiri job fair, membuat surat lamaran kerja, dan menghadiri berbagai sesi wawancara kerja. Dan ketika kamu pada akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan, rasanya pasti bahagia. Segala usaha dan kerja kerasmu pada akhirnya membuahkan hasil yang manis.

Tapi perjuanganmu belum berhenti sampai di situ saja, selanjutnya kamu masih harus berjuang untuk membuktikan kemampuanmu di tempat kerja. Nah supaya kamu sukses memberikan kesan pertama yang baik, hindarilah melakukan lima hal ini di hari pertamamu masuk kerja.

1. Memakai pakaian kerja yang kurang sopan

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/Dane Deaner

Tidak semua tempat kerja memiliki seragam yang harus dipakai oleh para karyawannya. Dan jika tempat kerjamu termasuk salah satu di antaranya, maka pilihlah pakaian kerja yang rapi dan sopan di hari pertamamu masuk kerja.

Kalau kamu wanita, hindari memakai rok yang terlalu pendek, atau blouse yang terlalu terbuka. Sedangkan kalau kamu pria, hindari memakai kemeja yang kusut, atau celana panjang yang sudah lusuh. Ingatlah, penampilan adalah kesan pertama yang mempengaruhi penilaian orang lain terhadapmu.

2. Asyik mengobrol di jam kerja

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Hari Pertama Masuk Kerjapexels.com/iPrice Group

Di hari pertamamu masuk kerja, tentu banyak sekali orang-orang baru yang kamu temui di tempat kerjamu. Dan kamu pasti antusias sekali untuk berkenalan dengan mereka, dan juga mencari tahu segala sesuatu tentang mereka lebih dalam lagi.

Hal ini memang tidak dilarang, karena bisa membuatmu lebih cepat akrab dengan rekan-rekan kerja barumu. Tapi jangan lakukan hal ini di saat jam kerja. Karena mengobrol di saat jam kerja adalah suatu hal yang tidak pantas, apalagi kalau dilakukan di hari pertamamu bekerja.

Baca Juga: 5 Jenis Camilan Sehat yang Cocok Dimakan di Kantor Sambil Kerja

3. Mengeluhkan tugas-tugas yang diberikan

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/JESHOOTS.COM

Sebagai seorang karyawan baru, hari pertamamu masuk kerja adalah masa-masa di mana kamu mulai mengenal dunia kerja. Saat pertama masuk kerja kamu pasti akan diperkenalkan dengan lingkungan kerjamu, dan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan.

Karena dunia kerja berbeda dengan dunia kampus, maka kamu harus belajar untuk menjaga sikapmu. Jangan mengeluh ketika kamu mendapatkan banyak tugas yang harus dikerjakan. Karena mengeluh membuatmu terlihat malas, dan tidak profesional.

4. Datang terlambat ke tempat kerja

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Hari Pertama Masuk Kerjapixabay.com/Dana Tentis

Hari pertama masuk kerja, tentu saja kamu harus memberikan kesan pertama yang baik. Salah satu caranya adalah dengan datang tepat waktu. Apa pun alasannya, datang terlambat di hari pertamamu masuk kerja sebaiknya kamu hindari. Karena hal ini bisa membuat rekan-rekan kerjamu menilai kamu sebagai orang yang tidak disiplin.

Kalau rumahmu jauh dari tempat kerja, usahakan berangkat lebih pagi supaya tidak terjebak macet di jalan.

5. Bekerja dengan terburu-buru dan tidak teliti

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Hari Pertama Masuk Kerjapixabay.com/jerrykimbrell10

Bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan cepat, tentu saja merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau kamu melakukan hal itu di hari pertamamu masuk kerja. Penilaian rekan-rekan kerja kerja terhadapmu tentu saja akan sangat baik. Mereka akan melihatmu sebagai orang yang cekatan dan bisa diandalkan.

Tapi ingat jangan sampai karena berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan secepat mungkin, kamu jadi terburu-buru dan tidak teliti. Karena hal ini malah membuatmu banyak sekali melakukan kesalahan, dan menciptakan kesan kamu bekerja dengan asal-asalan.

Nah guys, itulah lima hal yang sebaiknya kamu hindari di hari pertamamu masuk kerja. Menciptakan kesan pertama yang baik di tempat kerja, adalah sesuatu yang penting banget. Karena hal ini memiliki pengaruh untuk kelangsungan kariermu di masa depan. 

Baca Juga: 5 Tips bagi Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja dan Dilirik Perusahaan

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya