Comscore Tracker

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengajak Pasanganmu Berbisnis

Wajib tahu nih, demi masa depan kamu dan dia

Memiliki bisnis sendiri? Kedengarannya asyik banget ya. Tapi karena memang dibutuhkan modal yang besar untuk mulai membuka bisnis, maka banyak orang yang kemudian mengajak keluarganya atau sahabatnya untuk bekerja sama. Bahkan ada juga loh yang mengajak pasangannya untuk membangun bisnis bersama.

Berbisnis bersama pasangan tentu saja sangat berbeda dengan berbisnis dengan teman. Karena berbisnis dengan pasangan tentu melibatkan emosi secara mendalam, apalagi kalau kemudian ada masalah dalam bisnis. Konflik dengan pasangan bisa membuat hubungan kerja sama jadi tidak profesional, karena mudah terbawa perasaan.

Nah supaya hubungan cintamu dan bisnismu bisa berjalan dengan baik, perhatikanlah 6 hal ini sebelum kamu mengajak pasanganmu berbisnis :

1. Ajak pasangan untuk menentukan konsep dari bisnis yang akan dibuat

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengajak Pasanganmu Berbisnispexels.com/rawpixel.com

Sebelum mulai membuat suatu usaha atau bisnis, tentu saja harus ada konsepnya terlebih dahulu. Bisnis yang akan kalian buat akan bergerak di bidang apa, lokasinya di mana, desain tempatnya seperti apa, dan berbagai hal-hal lainnya.

Usahakan pasanganmu turut terlibat didalam menentukan konsep dari bisnis yang akan kalian buat ini. Karena bagaimanapun ini adalah bisnis bersama, jadi jangan menentukan konsep sendiri. Setiap keputusan yang diambil, harus atas kesepakatan bersama. Sehingga ketika bisnis tidak berjalan dengan baik, kalian tidak akan saling menyalahkan.

2. Tentukan persentase modal yang harus kalian tanamkan di dalam bisnis

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengajak Pasanganmu Berbisnispexels.com/pixabay

Setelah menentukan konsep dari bisnis yang akan kalian buat, hal terpenting selanjutnya adalah merencanakan modal. Setiap bisnis pasti membutuhkan modal. Karena itu diskusikanlah dengan pasangan tentang sumber modal dari bisnis yang akan kalian bangun ini.

Tentukan juga persentase modal yang harus kamu dan dia tanamkan didalam bisnis, karena hal ini akan berpengaruh pada pembagian keuntungan yang akan kalian berdua dapatkan nantinya.

3. Buatlah komitmen dengan pasangan dalam menjalankan bisnis

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengajak Pasanganmu Berbisnispexel.com/rawpixel.com

Di dalam menjalankan bisnis, tentu saja dibutuhkan komitmen yang kuat dari para pemilik bisnis tersebut. Karena itulah sebelum mulai mendirikan bisnis berdua dengan pasangan, kamu perlu membuat komitmen berbisnis dengan pasanganmu.

Salah satu hal yang perlu kalian bahas dalam komitmen bisnis kalian adalah, seandainya suatu hari hubungan asmara kalian berakhir. Akankah bisnis yang kalian bangun ikut berakhir juga? Ataukah akan tetap berjalan? Pastikan kalian berdua sudah memiliki komitmen, sebelum mulai menjalankan bisnis bersama.

Baca Juga: Segera Action! 5 Bisnis Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2019 

4. Pisahkan masalah bisnis dengan masalah pribadi, termasuk masalah asmara kalian

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengajak Pasanganmu Berbisnispexels.com/bruce mars

Membangun bisnis bersama dengan pasangan, berarti kalian akan terlibat untuk mengelola bisnis tersebut bersama-sama. Karena itu lakukanlah secara profesional. Pisahkan masalah bisnis dengan masalah pribadi, jangan sampai dicampur adukkan.

Jadi kalau ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan pasangan didalam mengelola bisnis, jangan sungkan untuk menegurnya. Hindari saling menyalahkan ketika bisnis mengalami masalah. Ingatlah masalah apapun yang terjadi di dalam bisnis, tidak boleh ikut mempengaruhi hubungan asmara kalian.

5. Selalu transparan dalam mengelola keuangan sehingga tidak saling mencurigai

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengajak Pasanganmu Berbisnispexels.com/rawpixel.com

Kalau selama menjadi pasangan, kalian tidak pernah membicarakan masalah keuangan kalian dengan pasangan. Hal ini tidak berlaku didalam bisnis. Pengelolaan keuangan didalam bisnis yang kalian bangun, harus selalu dilakukan secara transparan. Hal ini perlu dilakukan supaya kalian berdua tidak saling mencurigai.

Modal, pengeluaran dan pemasukan, serta pembagian keuntungan diantara kalian berdua, harus benar-benar dibuat setransparan mungkin sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

6. Setiap keputusan bisnis yang diambil harus profesional, bukan berdasarkan perasaan

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengajak Pasanganmu Berbisnispexels.com/rawpixel.com

Walaupun kamu dan dia bukan hanya sekedar rekan bisnis, dan kamu sangat mencintai dia. Tapi di dalam bisnis, setiap keputusan yang kalian ambil haruslah tetap profesional. Jangan hanya karena ingin menjaga hubungan, kamu selalu mengiyakan apapun yang diinginkan oleh pasangan kamu.

Kesampingkan perasaan cintamu di dalam lingkungan kerja, buatlah keputusan dengan memakai logika. Jangan ragu untuk mengambil keputusan secara profesional, bahkan walaupun keputusan itu bertentangan dengan keinginan pasanganmu.

Baca Juga: Ini 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan untuk Menjadi Pebisnis Sukses

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You