Comscore Tracker

Ingin Jadi Travel Blogger, Ini 5 Tips Melakoninya bagi Pemula!

Harus sabar dan konsisten ya!

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, banyak hal baru yang bisa mengisi pundi-pundi uangmu. Kalau di zaman dulu, untuk mendapatkan uang kita harus bekerja atau berdagang. Namun sekarang ini dari hobi jalan-jalan pun kamu bisa mendapatkan uang.

Travel blogger adalah orang yang menghasilkan uang dari hobi travelling-nya. Tapi tentu saja menjadi travel blogger butuh waktu, konsistensi dan kesabaran untuk melakukannya. Karena membangun sebuah blog itu seperti membangun sebuah bisnis.

Kalau kamu tertarik untuk mulai menjadi seorang travel blogger, inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Buat ciri khasmu sendiri

Ingin Jadi Travel Blogger, Ini 5 Tips Melakoninya bagi Pemula!unsplash/vivek kumar

Saat ini kamu pasti tahu kan kalau sudah banyak sekali orang yang menjadi travel blogger? Oleh karena itulah saat kamu hendak mulai menjadi seorang travel blogger, buatlah blog dengan ciri khasmu sendiri. Supaya kamu menjadi berbeda dengan para travel blogger lainnya. Misalnya saja Alexander Thian (@aMrazing) seorang travel blogger yang punya ciri khas melalui cara bertutur kata.

Dia selalu menceritakan perjalanannya dengan gaya kekinian dan memakai bahasa gaul, namun ceritanya selalu penuh petualangan seru. Dia bukan hanya sekedar menceritakan keindahan tempat wisatanya saja, tapi juga perjuangan untuk sampai ke tempat itu. Ciri khas ini penting banget, supaya kamu punya personal branding yang akan membuat orang mengingat kamu.

2. Sajikan konten foto atau video yang berkualitas

Ingin Jadi Travel Blogger, Ini 5 Tips Melakoninya bagi Pemula!unsplash.com/rawpixel

Saat kamu membuat blog tentang travelling, tentu kamu harus memperhatikan isinya. Bukan sekedar tulisan saja, tapi kamu juga harus menampilkan foto-foto atau video dari destinasi wisata yang kamu tulis. Hal ini supaya para pengikutmu, atau orang-orang yang membaca tulisanmu dapat ikut melihat keindahan destinasi wisata yang kamu tulis.

Pastikan kalau kualitas foto atau video yang kamu unggah memiliki resolusi yang tinggi, sehingga hasil gambarnya bagus dan jernih. Selain itu filter juga dapat memperindah hasil fotomu. Kamu tahu kan kalau foto-foto yang cantik dapat menarik perhatian orang untuk mengikuti akunmu?

Baca Juga: 5 Travel Blogger Ini Akan Mengubah Cara Pandangmu Tentang Traveling

3. Konsisten dalam melakukan posting di blogmu

Ingin Jadi Travel Blogger, Ini 5 Tips Melakoninya bagi Pemula!pexels.com/daria shevtsova

Karena membangun blog adalah seperti membangun sebuah bisnis, maka kamu harus konsisten. Karena kesuksesan tidak datang dalam sekejap mata. Di awal kamu membuat blog mungkin hanya sedikit orang yang mengikuti akunmu, atau malah tidak ada sama sekali. Jangan langsung merasa down dan pesimis!

Tetaplah konsisten melakukan postingan konten, supaya orang tahu kalau akunmu masih aktif. Semakin banyak postingan di akunmu, akan semakin besar kemungkinan akunmu akan dilihat orang. Masih ingat kan kalau foto-foto yang cantik dapat menarik perhatian orang?

4. Jalin hubungan yang baik dengan follower-mu

Ingin Jadi Travel Blogger, Ini 5 Tips Melakoninya bagi Pemula!pixabay/pexels

Kalau kamu sudah memiliki pengikut setia yang rajin mengunjungi blogmu, jangan lupa untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Karena mereka bisa mendukung kamu, atau mempromosikan akun kamu ke teman-teman mereka.

Cara menjalin hubungan yang baik dengan mereka juga tidak terlalu sulit kok. Kamu bisa mulai dengan membalas komentar mereka, atau menjawab pertanyaan mereka. Kamu juga bisa bertanya kepada mereka tentang tempat wisata yang ingin kamu tampilkan di akunmu.

5. Rajin mempromosikan travel blog kamu

Ingin Jadi Travel Blogger, Ini 5 Tips Melakoninya bagi Pemula!pexels.com/buro millenial

Punya blog dengan konten yang bagus dan menarik, tidak menjamin orang akan langsung berbondong-bondong datang mengunjungi blog kamu. Karena itulah kamu juga harus rajin mempromosikan travel blog kamu. Semakin banyak orang yang datang berkunjung ke blog kamu, semakin besar kemungkinan blogmu itu akan masuk ke dalam mesin pencarian google.

Cara mempromosikannya pun tidak harus dengan mengeluarkan uang. Kamu bisa mencantumkan link blog-mu di setiap akun media sosial yang kamu punya, atau kamu bisa membagikannya pada teman-temanmu melalui aplikasi chatting. Selain itu kamu juga bisa berkomentar di travel blog orang lain, nanti pasti ada yang akan mengunjungi blogmu balik.

Nah itulah 5 tips untuk kamu yang tertarik ingin mencoba menjadi travel blogger. Satu hal yang perlu kamu ingat, menjadi seorang travel blogger itu sangat menyita waktu dan membutuhkan banyak biaya. Tapi tidak ada kesuksesan yang datang secara instan, kota Roma saja tidak dibangun dalam semalam. Asalkan kamu tetap konsisten, kesuksesan bukan mustahil untuk kamu raih. 

Baca Juga: Cocok bagi Travel Blogger, Ini 5 Laptop yang Pas untuk Dibawa-bawa!

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya