Comscore Tracker

Kelihatannya Sepele, Namun 5 Hal Ini Penting Banget Lho untuk Kariermu

#ANGPOIN Jangan malas untuk terus belajar ya!

Bekerja dan memiliki karier yang mapan, tentu adalah impian semua orang. Namun bertahan dalam dunia kerja, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ijazah dan pengalaman kerja saja tidak cukup dalam menghadapi kerasnya persaingan di dalam dunia kerja.

Zaman terus berubah dan teknologi semakin berkembang. Hal ini juga membuat tantangan di dalam dunia kerja pun terus berubah. Mau tidak mau, kamu perlu meningkatkan kemampuanmu untuk mengimbanginya.

Seperti beberapa hal berikut ini, kelihatannya sepele namun penting banget untuk kemajuan kariermu.

1. Menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja

Kelihatannya Sepele, Namun 5 Hal Ini Penting Banget Lho untuk Kariermupexels.com/rawpixel.com

Ketika memasuki dunia kerja, kamu akan bertemu dengan banyak orang. Mereka semua tentu memiliki karakter yang berbeda-beda.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, kamu dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan orang-orang di lingkungan kerjamu. 

Memiliki hubungan yang baik dengan atasan dan rekan-rekan kerja bukan saja membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan. Namun ternyata hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja. Oleh karena itu jangan ragu untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu.

2. Mampu beradaptasi menghadapi setiap perubahan

Kelihatannya Sepele, Namun 5 Hal Ini Penting Banget Lho untuk Kariermupexels.com/Elevate Digital

Kita hidup di dunia yang terus mengalami perubahan. Hal ini juga berlaku di dunia kerja. Setiap tahunnya pasti ada perubahan suasana di kantor, perubahan manajemen, dan juga perubahan peraturan.

Mau tidak mau kamu harus selalu siap untuk menerima segala bentuk perubahan yang terjadi. Kemampuan beradaptasi pada setiap perubahan yang terjadi bisa membantumu bertahan dalam persaingan di kantor. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Wanita Introvert untuk Meningkatkan Karier

3. Kreatif dan punya inisiatif

Kelihatannya Sepele, Namun 5 Hal Ini Penting Banget Lho untuk Kariermupixabay.com/Free-Photos

Di masa lalu kebanyakan para karyawan memiliki sikap yang pasif. Mereka hanya menjalankan tugas yang diberikan oleh atasannya. Dan kalau ada masalah, mereka akan meminta bantuan pada atasannya untuk mencari solusinya.

Sedangkan di masa kini, dunia kerja sudah berubah menjadi sangat dinamis dan memiliki persaingan yang ketat. Setiap pekerja dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan memiliki inisiatif dalam menghadapi setiap hambatan. Jadi bukan hanya asal mengerjakan tugas yang diberikan saja.

4. Melek teknologi alias tidak gaptek

Kelihatannya Sepele, Namun 5 Hal Ini Penting Banget Lho untuk Kariermuunsplash.com/campaign creators

Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi saat ini sudah semakin pesat. Kalau di masa lalu mungkin hanya dengan berbekal kemampuan word dan excel saja, kita merasa sudah keren banget. Tapi di masa sekarang ini tentu saja hal itu sudah menjadi sesuatu yang biasa saja.

Contoh lainnya kalau dulu mungkin saat rapat kamu masih melakukan presentasi secara manual, di masa sekarang ini hampir semua kantor sudah memakai slide proyektor untuk rapat sehingga kamu harus menyusun presentasimu secara digital.

Nah, dari sini terlihat supaya kariermu terus meningkat, mau tidak mau kamu harus terus belajar dan menyesuaikan kemampuanmu dengan teknologi yang terus berkembang.

5. Mampu berkomunikasi dengan baik

Kelihatannya Sepele, Namun 5 Hal Ini Penting Banget Lho untuk Kariermuunsplash.com/Helena Lopez

Kelihatannya komunikasi mudah untuk dilakukan. Siapa sih yang tidak bisa berkomunikasi? Semua orang setiap hari pasti berkomunikasi dengan orang lain.

Di dunia kerja, kemampuan berkomunikasi termasuk salah satu hal yang sangat penting. Karena dengan komunikasi kita bisa membangun hubungan yang baik dengan klien, rekan kerja, maupun dengan orang-orang yang berkecimpung di bidang yang sama dengan kita. Punya relasi dan networking yang baik dengan banyak orang, tidak akan pernah merugikan kita.

Nah kelima hal di atas kelihatannya sepele banget kan? Namun siapa sangka kalau ternyata hal-hal tersebut penting banget untuk kamu kuasai supaya kamu bisa mengembangkan kariermu di dunia kerja. Ingat persaingan di dunia kerja semakin ketat. Karena itulah, jangan malas ya untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuanmu.

Baca Juga: Jangan Remehkan! Ini 6 Manfaat Anak Magang untuk Menunjang Karier

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You