Comscore Tracker

5 Cara Membangun Hubungan Pertemanan di Kantor Bagi Kamu Karyawan Baru

Jika sudah mengenal mereka, kamu akan merasa nyaman

Sebagai karyawan baru, kamu pasti akan merasakan canggung dengan segala situasi yang ada. Baik dari pekerjaannya maupun orang-orang yang ada di lingkungan kerja.

Beradaptasi dengan orang baru di kantor sering membuat kita canggung. Namun, apabila kamu tidak bisa menjalin keakraban dengan rekan kerjamu tentu saja akan ada rasa tidak nyaman. Bersosialisasi dengan mereka harus kamu lakukan supaya kamu bisa bekerja sama dalam tim bersama rekanmu dengan baik.

Lalu, gimana sih caranya biar kamu mudah untuk akrab dengan rekan kerjamu di kantor? Simak 5 tips di bawah ini yuk!

1. Jangan malu untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu

5 Cara Membangun Hubungan Pertemanan di Kantor Bagi Kamu Karyawan Barupixabay.com/089photoshootings

Tidak ada salahnya kamu memperkenalkan diri kepada rekan kerjamu di kantor yang baru terlebih dahulu. Hal ini akan membuat mereka respek dengan kamu. Perkenalkan dirimu sebaik mungkin di hadapan mereka. Jangan malu, karena hal ini harus kamu lakukan untuk mendapat perhatian mereka.

2. Belajarlah untuk percaya diri

5 Cara Membangun Hubungan Pertemanan di Kantor Bagi Kamu Karyawan Barupixabay.com/free-photos

Dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, kamu akan lebih mudah bersosialisasi dengan mereka. Jangan ragu-ragu untuk menyapa duluan atau menyapa mereka jika kalian bertemu. Jadilah orang yang rendah hati agar kamu mudah masuk dengan pertemanan orang-orang di kantormu.

Baca Juga: Gak Melulu Soal Gaji, 5 Hal Ini yang Bikin Nyaman di Tempat Kerja

3. Jangan malu untuk bertanya hal yang tidak kamu tahu

5 Cara Membangun Hubungan Pertemanan di Kantor Bagi Kamu Karyawan Barupixabay.com/free-photos

Jika kamu menemukan kesulitan dalam hal pekerjaan jangan ragu untuk bertanya. Hal ini penting agar pekerjaan yang kamu lakukan tidak salah. Jika kamu malu untuk bertanya dan pekerjaanmu salah, mereka akan sangat kecewa padamu. 

4. Cobalah untuk mengobrol dengan mereka di jam istirahat

5 Cara Membangun Hubungan Pertemanan di Kantor Bagi Kamu Karyawan Barupixabay.com/stocksnap

Jam istirahat merupakan waktu yang tepat untuk mengobrol santai dengan mereka. Bicarakan topik yang membuat mereka tertarik untuk mengobrol denganmu. Berbagi pengalaman dengan mereka akan membuat kamu mudah untuk mengenal mereka.

5. Lakukan aktivitas di luar kantor bersama

5 Cara Membangun Hubungan Pertemanan di Kantor Bagi Kamu Karyawan Barupixabay.com/pexels

Gak harus di kantor saja, kamu bisa melakukan aktivitas di luar kantor biar lebih akrab. Jalan-jalan atau melakukan hobi yang kalian suka di saat libur kantor bisa kamu coba. Ini akan membuat kamu lebih mengenal sifat mereka. Begitupun sebaliknya, mereka juga akan mengerti bagaimana sifatmu

Menjadi karyawan baru di sebuah perasaan tidaklah mudah. Apalagi, jika kamu baru bekerja pertama kali. Banyak hal yang harus kamu lakukan agar kamu mudah beradaptasi. Faktor rekan kerja juga akan menentukan kamu nyaman atau tidak. Oleh sebab itu, bersosialisasi dengan mereka harus kamu lakukan dengan baik.

Jika nyaman dengan rekan kerjamu di kantor, kamu akan lebih semangat dalam menjalankan pekerjaanmu.

Baca Juga: 5 Etos Kerja yang Harus Kamu Contoh dari Drakor Hits Ini!

Lois Maria Andries Photo Community Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You