Comscore Tracker

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam Bekerja

Yuk, ikuti agar kamu lebih fokus

Ketika tengah bekerja, tidak jarang kita dituntut untuk melakukan berbagai hal sekaligus dalam waktu berdekatan bahkan dalam satu waktu. Hal ini mungkin membuat kita kewalahan dan pikiran melayang kemana-mana karena gak bisa tenang dan berkonsentrasi pada pekerjaan yang ada.

Hal ini tentunya bisa membuat fokus kita menjadi terpecah dan hasil pekerjaan yang diselesaikan tidak maksimal. Nah, agar tetap dalam mode konsentrasi yang penuh, kita bisa menerapkan tujuh langkah berikut ini. 

1. Lakukan dari yang paling penting 

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam Bekerjailustrasi membuat catatan (freepik.com/drobotdean)

Supaya tetap fokus dalam bekerja, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu dari yang paling penting terlebih dahulu. Soalnya ketika baru berangkat bekerja, kondisi tubuh pasti masih fresh sehingga fokusmu masih penuh.

Selain itu, hasil yang kamu peroleh juga akan lebih maksimal karena fokus dan konsentrasimu akan berada pada kerjaan tersebut. Dengan membuat skala prioritas pada kerjaanmu, kamu juga nggak akan tergesa-gesa dalam penyelesaiannya, lho!

2. Bekerja di tempat yang tenang 

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam Bekerjailustrasi bekerja di tempat tenang (freepik.com/tirachardz)

Langkah selanjutnya yaitu dengan mencari tempat yang tenang ketika bekerja. Hal ini bertujuan agar kamu tetap bisa fokus dan konsentrasi pada kerjaan yang tengah kamu selesaikan.

Meskipun tipe orang berbeda-beda, dengan bekerja di tempat yang tenang kamu juga akan jauh dari gangguan seperti suara orang mengobrol ataupun suara berisik lainnya. Jadi, kamu tetap bisa fokus dalam bekerja!

3. Jauhkan gadget dari jangkauan 

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam Bekerjailustrasi tidak boleh pakai gadget (freepik.com/stockking)

Gadget bisa dibilang merupakan distraksi terbesar yang paling sering ditemui ketika tengah bekerja. Dengan adanya gadget yang bisa dijangkau, kamu akan tergoda untuk buka ponsel, misalnya saja untuk cek notifikasi, lihat postingan Instagram hingga menonton video di YouTube. Kalau sudah demikian, kapan pekerjaan akan selesai?

Oleh karena itu, ketika tengah bekerja ada baiknya simpan gadget jauh dari jangkauanmu. Misalnya saja taruh ponsel kamu di lemari ataupun rak yang terletak jauh dari tempat kamu bekerja. Sehingga fokus dan konsentrasi kamu tidak terpecah karena tertarik untuk selalu mengecek ponsel yang kamu miliki. Bisa membuat kamu lebih produktif, bukan?

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

4. Meditasi di waktu luang 

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam BekerjaIlustrasi meditasi di tempat kerja (freepik.com/pressmaster)

Berikutnya yaitu dengan melakukan meditasi di waktu luang untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi yang kamu miliki. Nggak perlu yang susah, kamu bisa saja hanya berdiam diri sejenak sambil mengatur nafas secara teratur dan mengosongkan pikiran.

Langkah yang satu ini memang terkesan sederhana, akan tetapi dengan melakukan meditasi, pikiran kamu menjadi lebih tenang. Sehingga kamu juga akan lebih fokus dalam bekerja.

5. Istirahat ketika lelah 

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam Bekerjailustrasi beristirahat (freepik.com/gpointstudio)

Salah satu trik agar kamu selalu bisa berkonsentrasi dan fokus ketika bekerja yaitu dengan beristirahat ketika lelah. Dengan beristirahat sekitar 10 hingga 15 menit, kamu bisa membuat pikiranmu lebih rileks dan tidak tegang.

Selain itu, kamu juga bisa mengistirahatkan badanmu sebelum kemudian bertempur kembali dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat dengan makan, minum ataupun mendengarkan musik. Tapi ingat ya, jangan curi waktu untuk memainkan gadget agar pekerjaanmu tidak terbengkalai!

6. Konsisten 

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam BekerjaKonsistensi adalah kunci (freepik.com/alexskp)

Salah satu rahasia agar tetap bisa fokus dan konsentrasi dalam bekerja yaitu dengan melakukan pekerjaan dengan konsisten. Melalui langkah ini, produktivitasmu dalam bekerja juga akan terus meningkat.

Soalnya dengan bekerja secara konsisten, kamu bisa mengalahkan segala distraksi dan gangguan yang ada. Sehingga pekerjaanmu dapat terselesaikan sesuai target dengan hasil yang memuaskan.

7. Bekerja dengan nyaman 

7 Langkah Sederhana Agar Lebih Fokus dalam Bekerjailustrasi bekerja dengan nyaman (freepik.com/tirachardz)

Pastinya setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk melakukan pekerjaannya dengan nyaman. Begitu pula dengan dirimu. Melalui kondisi yang nyaman, konsentrasi dan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan juga akan semakin meningkat.

Oleh karena itu, sebaiknya temukan situasi yang bisa membuat kamu benar-benar nyaman ketika bekerja. Misalnya saja dengan mendengarkan musik, mencari tempat yang sepi ataupun dengan kondisi meja yang tertata rapi. Ketika kamu merasa nyaman, pastinya kamu juga bisa memaksimalkan pekerjaan yang tengah kamu kerjakan.

Walapun tidak mudah, dengan menerapkan langkah-langkah di atas kamu bisa lebih fokus dalam bekerja. Tunggu apalagi? Yuk, segera ikuti langkah sederhana di atas agar kamu lebih fokus dalam bekerja!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Kucing Tetap Happy meski Kamu Sibuk Kerja di Luar Rumah

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya