Comscore Tracker

Telanjur Bekerja Gak Sesuai Passion? Ingat 5 Hal Ini biar Bertahan

Bekerja gak sesuai passion bukan akhir dari segalanya

Banyak yang bilang betapa pentingnya bekerja sesuai passion biar lebih semangat menjalani hari dan hasilnya maksimal, mungkin hal ini yang bikin kamu galau sama hidupmu sendiri. Pasalnya, kamu telanjur bekerja di bidang yang bukan passion-mu.

Atau malah, kamu belum tahu passion-mu di bidang apa. Kamu jadi khawatir banget berada di tempat yang salah dan itu akan amat memengaruhi masa depanmu. Bahkan bukan tidak mungkin, kamu sampai sudah ancang-ancang buat hengkang dari pekerjaanmu saat ini.

Wah, jangan tergesa-gesa mengambil keputusan, ya. Bisa-bisa kamu hanya akan menyesalinya di kemudian hari karena mendapatkan pekerjaan baru tidaklah mudah. Jika memang pekerjaanmu saat ini gak sesuai dengan passion-mu, ini yang perlu kamu ketahui!

1. Bekerja gak sesuai passion bukan akhir dari segalanya 

Telanjur Bekerja Gak Sesuai Passion? Ingat 5 Hal Ini biar BertahanPexels.com/deathless

Ya, yang terburuk bukanlah bekerja di bidang yang bukan passion-mu melainkan tidak punya pekerjaan untuk menghidupi dirimu sendiri dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabmu. Jadi apa pun pekerjaanmu sekarang, harus tetap disyukuri. Bahkan bila kamu belum yakin tentang passion-mu, melalui pekerjaanmu saat ini, bisa jadi kamu akan menemukannya.

2. Yang penting secara umum, kamu bisa menikmati pekerjaanmu dan tugas-tugasmu terselesaikan dengan baik 

Telanjur Bekerja Gak Sesuai Passion? Ingat 5 Hal Ini biar BertahanPexels.com/canvastudio

Bekerja di bidang yang gak sesuai dengan passion gak lantas bikin kamu benar-benar gak bisa menyesuaikan diri, kan? Manusia gak sekaku itu kok. Bahkan manusia punya kemampuan adaptasi yang amat tinggi.

Kalau sesekali ada masalah, itu wajar. Bekerja di bidang apa pun, bahkan yang sesuai dengan passion, juga kerap ada masalah kok. Yang penting kamu bisa menjalankan tanggung jawabmu dengan baik dan gak merasa selalu tertekan.

3. Toh, kamu bisa mendapatkan penghidupan dari pekerjaan itu 

Telanjur Bekerja Gak Sesuai Passion? Ingat 5 Hal Ini biar BertahanPexels.com/olly

Passion memang perlu dicari tahu. Tetapi dalam proses mengenali passion dan mencari pekerjaan yang sesuai, kamu juga gak bisa mengesampingkan tuntutan kebutuhan hidup yang harus kamu cukupi, kan?

Masih lajang pun, kamu punya kewajiban untuk mandiri secara finansial. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga atau menjadi tulang punggung keluarga.

Bekerja di bidang yang gak sesuai dengan passion mungkin membuat hidupmu terasa ada yang kurang. Tetapi gak punya penghasilan buat menghidupi dirimu dan keluargamu tentu jauh lebih buruk.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Bersyukur Meski Pekerjaanmu Gak Sesuai Passion

4. Menemukan passion sejati memang gak mudah, apalagi pekerjaan yang sesuai 

Telanjur Bekerja Gak Sesuai Passion? Ingat 5 Hal Ini biar BertahanPexels.com/gustavo-fring

Di mana-mana memang perlu proses. Tetapi untuk bisa mapan dari pekerjaan yang sesuai dengan passion tak jarang tantangannya memang berlipat-lipat. Sebab passion biasanya amat khas orang per orang sehingga menemukan pekerjaan yang benar-benar sesuai kadang gak mudah.

Sering kali harus bekerja mandiri atau lepas jika lowongan pekerjaan yang tersedia terasa kurang pas. Padahal belum tentu yang kamu kira sebagai passion-mu benar-benar passion-mu. Bisa jadi kamu hanya terbawa arus teman-temanmu yang sudah terlebih dahulu menemukan passion mereka.

5. Meski gak jadi pekerjaan utama, bukan berarti passion ditinggalkan 

Telanjur Bekerja Gak Sesuai Passion? Ingat 5 Hal Ini biar BertahanPexels.com/olly

Bahkan saat sudah jelas sekali kamu bekerja di bidang yang bukan minatmu, kamu masih bisa mengembangkan passion-mu kok. Tanpa perlu melepaskan pekerjaan yang sudah memberikan banyak hal dalam hidupmu. Di sela-sela kesibukan, kamu bisa menekuni renjanamu.

Dengan tetap bekerja, kamu malah merasa lebih ringan saat mengerjakan yang jadi kesukaanmu. Kamu tak terbebani dengan pikiran berapa uang yang harus kamu dapatkan dari passion-mu. Bahkan tak mendapatkan uang sama sekali pun tak masalah, yang penting kamu merasa senang bisa menyalurkannya.

Bagaimana, ternyata gak buruk-buruk amat kan, bekerja gak sesuai dengan passion? Tetap semangat dan syukuri pekerjaanmu saat ini ya.

Baca Juga: 6 Motivasi untuk Tetap Konsisten Jalani Side Job Sesuai Passion

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya