Comscore Tracker

5 Hal Mendasar yang Perlu Kamu Tahu Seputar Pekerjaan

#IDNTimesLife Yang baru mulai kerja wajib baca!

Kuliah sudah, tiba waktunya terjun ke dunia kerja. Apa yang kamu rasakan saat tiba di momen ini? Tambah bersemangat, menjadi cemas, atau malah gabungan keduanya?  Manapun yang kamu rasakan, itu wajar. Kamu bersemangat karena gak sabar untuk memiliki penghasilan sendiri dan mulai menata hidupmu.

Di sisi lain merasa cemas karena persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga gak mudah. Kalaupun mendapatkan pekerjaan, mungkin gak sekeren pekerjaan teman-temanmu. Untuk membantumu tetap merasa optimis, baca dulu artikel ini sampai kelar.

1. Tidak semua orang akan menghargai pekerjaanmu, jangan terpengaruh dan tetap fokus

5 Hal Mendasar yang Perlu Kamu Tahu Seputar PekerjaanIlustrasi meracik minuman (unsplash.com/jennbedoya)

Memang menjadi ujian mental tersendiri bila pekerjaanmu sangat berbeda dari harapan orang-orang di sekitarmu. Sungguh beruntung jika keluargamu bisa mendukung apa pun pekerjaanmu.

Bila tidak, kamu tentu akan sedih dan tertekan. Namun sejauh pekerjaanmu halal dan bisa mendatangkan uang yang lumayan, kenapa tidak? Tetaplah menjalaninya dengan hati yang gembira.

2. Selalu berikan yang terbaik untuk pekerjaanmu karena itu menunjukkan siapa dirimu

5 Hal Mendasar yang Perlu Kamu Tahu Seputar PekerjaanIlustrasi pria bekerja (unsplash.com/frenchriera)

Hargailah kontrak kerjamu bahkan meski kamu sudah gak betah bekerja di sana. Apa pun masalah yang membuatmu kurang nyaman, tetap tunjukkan kamu bisa bekerja secara profesional.

Ini bukan untuk mencari perhatian atasan atau sekadar demi uang. Namun yang utama ialah menunjukkan rasa tanggung jawabmu pada perjanjian kerja dan tugas-tugasmu.

3. Faktanya, punya pekerjaan tetap lebih baik daripada menganggur

5 Hal Mendasar yang Perlu Kamu Tahu Seputar PekerjaanIlustrasi menganggur (unsplash.com/blueswallow)

Jika tanpa bekerja kamu masih bisa hidup nyaman, barangkali tak akan menjadi masalah. Akan tetapi kalau kamu benar-benar harus mencari uang untuk membiayai hidupmu, syukurilah apa pun pekerjaanmu saat ini.

Terserah orang lain akan menghargainya atau tidak, pekerjaannya sesuai atau gak dengan passion dan latar belakang pendidikanmu, yang jelas pekerjaan itu penting bagimu. Gak ada alasan untuk minder apalagi cepat-cepat resign.

Baca Juga: Fresh Graduate Wajib Nyimak! Tips Cari Kerja selama Masih Resesi

4. Penting sekali untuk memulai harimu dengan penuh semangat

5 Hal Mendasar yang Perlu Kamu Tahu Seputar PekerjaanIlustrasi wanita bekerja (unsplash.com/bbh_singapore)

Apa pun bisa terjadi di sepanjang harimu. Terutama terkait pekerjaan dan itu hal yang biasa. Namun dengan semangat di pagi hari, cukup banyak masalah akan bisa dicegah.

Paling tidak, kamu yang fokus dan dipenuhi energi positif menjadi terhindar dari melakukan kesalahan yang tidak perlu. Juga bisa bersikap lebih ramah pada rekan kerja maupun klien.

5. Jangan berpikir kamu tahu dan bisa melakukan segalanya, carilah partner

5 Hal Mendasar yang Perlu Kamu Tahu Seputar PekerjaanIlustrasi partner kerja (unsplash.com/windows)

Partner penting biar kamu gak terlalu capek mengerjakan semuanya sendirian. Sama sekali bukan masalah mengakui energi, pengetahuan, dan skill-mu ada batasnya.

Dengan gak bertingkah tahu dan bisa melakukan segalanya, kamu justru akan belajar lebih banyak dari orang lain. Keberadaan partner juga akan membuat bisnismu lebih berkembang.

Kalau lima hal di atas bisa dijaga, pekerjaanmu akan lebih lancar apa pun yang terjadi. Ingat, bekerja dan punya penghasilan amatlah penting untuk masa depanmu. Hindari terlalu memikirkan hal-hal yang bisa merusak konsentrasi dan semangatmu dalam bekerja. 

Baca Juga: 6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemik

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya