Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Telah Jalani Tahun Ini dengan Baik, Good Job!

Gak ada beban buat tahun depan

Sudah Desember, nih. Semoga kamu gak termasuk orang yang selalu panik menjelang akhir tahun. Rasa panik itu biasanya disebabkan oleh kelengahan saat menjalani awal sampai pertengahan tahun ini. Lalu tahu-tahu saja telah hampir ganti tahun dan mereka harus berlomba dengan waktu.

Harapannya, minggu yang tersisa dapat digunakan untuk memaksimalkan resolusi serta hasilnya. Kamu tentu tidak boleh berleha-leha saja di bulan terakhir ini karena setiap waktu amat berharga. Berikut ini adalah tanda bahwa kamu telah jalani tahun ini dengan baik dan maksimal. Selamat, ya!

1. Merasa puas dan berhasil mengerjakan prioritasmu

5 Tanda Kamu Telah Jalani Tahun Ini dengan Baik, Good Job!ilustrasi seorang pria (pexels.com/RODNAE Productions)

Prioritas tugas dibuat untuk mempermudah pekerjaan. Namun di sisi lain, adanya tugas penting yang tak tertunaikan bakal menjadi beban besar di akhir tahun. Syukurlah kalau kamu merasa enteng saja, lantaran seluruh prioritas sudah dikerjakan.

Ini berarti kamu juga gak asal-asalan dalam menyusun daftar prioritas. Dirimu mengukur tingkat kesulitan tugas, kemampuan diri, serta waktu yang masuk akal buat menyelesaikannya. Tanpa perlu tergesa-gesa, kelar juga seluruh prioritas itu.

2. Hasilnya juga tidak mengecewakan meski ada yang belum sesuai harapan

5 Tanda Kamu Telah Jalani Tahun Ini dengan Baik, Good Job!ilustrasi ekspresi senang (pexels.com/Mizuno K)

Walau seluruh prioritas tugas tertunaikan, bagaimana dengan hasilnya? Kerja yang baik juga telah semestinya diikuti dengan hasil yang menggembirakan, sebab dari situlah datangnya rasa puas.

Apabila kerja keras tak membuahkan hasil yang bagus, tentunya kamu kesal dan kehilangan semangat di akhir tahun. Tentu tidak semua hal berjalan seperti kemauanmu. Namun, minimal hasilnya gak terlalu jelek.

Baca Juga: 5 Manfaat Membuat Resolusi Hidup, Wajib Tahu

3. Diakhir tahun, kamu lebih santai

5 Tanda Kamu Telah Jalani Tahun Ini dengan Baik, Good Job!ilustrasi santai (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika kamu sudah berusaha menjalani tahun ini dengan baik, sekarang pasti rasanya lebih santai. Walaupun gak semua hasil sesuai dengan harapan seperti dalam poin sebelumnya, ibaratnya kamu telah menghabiskan makanan di piringmu. 

Tidak ada makanan yang berpotensi terbuang sia-sia. Kamu siap mencuci peralatan makanmu. Sebelum tahun baru datang dan dirimu menghadapi seporsi makanan yang baru. Sebaliknya kalau di bulan desember ini kamu malah susah tidur saking kepikiran berbagai hal, berarti ada yang keliru dalam caramu menjalani tahun ini.

4. Optimis tahun depan juga bisa dihadapi dengan baik

5 Tanda Kamu Telah Jalani Tahun Ini dengan Baik, Good Job!ilustrasi semangat dan ceria (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Optimisme untuk tahun depan gak bisa muncul begitu saja. Harus ada rangsangan, yakni dengan keberhasilanmu melakoni tahun ini. Makin bagus kendalimu atas banyak tugas di tahun ini, maka makin yakin pula dirimu terhadap tahun depan. 

Namun, jika tahun ini kamu kewalahan menghadapinya, bayang-bayang tahun depan akan membuatmu kian stres. Alih-alih bersemangat menyambut pergantian tahun, dirimu justru ingin sekali tahun ini jangan berakhir dulu.

5. Tidak menumpuk resolusi tahun depan dengan tugas tahun ini yang belum kelar

5 Tanda Kamu Telah Jalani Tahun Ini dengan Baik, Good Job!ilustrasi bebas tugas (pexels.com/Gustavo Fring)

Banyak orang memberatkan dirinya dengan resolusi yang bertumpuk tak karuan. Tugas-tugas yang belum dikerjakan tahun ini digabung dengan tugas-tugas lain untuk tahun berikutnya. Terus seperti itu sampai resolusi kian panjang dari tahun ke tahun.

Sayangnya, makin panjang daftar resolusimu, maka makin sukar juga buat mewujudkan seluruhnya. Hanya sedikit yang bisa dikerjakan dan ini membuat siapa pun tambah stres. Jika daftar resolusimu untuk tahun depan gak sama dengan tahun ini, artinya resolusi sebelumnya sudah tidak ada masalah.

Itulah beberapa tanda bahwa kamu telah jalani tahun ini dengan baik dan maksimal. Bagaimana jika kamu telanjur lalai dalam menjalani tahun ini? Pastikan ini terjadi untuk terakhir kalinya, ya. Tahun depan kamu harus sangat fokus dalam mengerjakan prioritasmu. Jangan biarkan dirimu terdistraksi oleh apapun.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Anti Gagal, Yuk Terapkan!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya