Comscore Tracker

5 Kesalahan Saat Pekerjaan Menumpuk, Bikin Gak Kunjung Selesai

Perhatikan agar kesalahan ini tak terulang #IDNTimesLife

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan memang perlu kamu sikapi dengan kehati-hatian. Sebab, teledor sedikit saja bisa menimbulkan banyak hambatan untuk terselesaikannya tugas-tugasmu. Kalau sampai ini terjadi, kamu pasti akan panik.

Sekalipun terasa membebani, pekerjaan yang menumpuk juga wajib disyukuri, ya! Daripada gak punya pekerjaan yang berarti juga gak ada penghasilan, kan? Kamu hanya perlu mengeliminasi beberapa kesalahan di bawah ini agar satu per satu pekerjaanmu dapat dituntaskan.

1. Terlalu lama bingung harus mulai mengerjakan dari mana

5 Kesalahan Saat Pekerjaan Menumpuk, Bikin Gak Kunjung SelesaiIlustrasi berpikir sebelum bekerja (unsplash.com/edenconstantin0)

Kebingungan yang kamu alami sebenarnya wajar. Pekerjaan sebanyak itu, rasanya semua mendesak untuk diselesaikan. Sementara waktu dan tenagamu terbatas. Mau memilih mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu saja sudah bikin pusing.

Akan tetapi, jangan lupa. Jika kamu terlalu lama bingung, kamu juga gak akan kunjung bekerja. Waktumu terbuang begitu saja. Rasa bingung pun mengurangi energimu. Nanti belum mulai bekerja, kamu malah telah merasa capek.

Daripada bingung lama-lama, langsung saja pilih pekerjaan yang deadline-nya paling mepet. Bila ada beberapa pekerjaan dengan deadline yang sama, kamu dapat mendahulukan yang paling mudah sebagai pemanasan sekaligus pelega karena bisa cepat diselesaikan.

2. Bukannya lekas mengerjakan, justru cuma sibuk membicarakan banyaknya pekerjaanmu

5 Kesalahan Saat Pekerjaan Menumpuk, Bikin Gak Kunjung SelesaiIlustrasi mengobrol selama bekerja (unsplash.com/alvarordesign)

Apabila sekadar memberitahukan pada orang di sekitarmu bahwa kamu akan sangat sibuk beberapa hari ke depan tentu tidak apa-apa. Pemberitahuanmu itu akan membuat orang lain lebih menghargai kesibukanmu dengan berusaha untuk tidak mengganggumu.

Namun jika kamu cuma terus membahas tumpukan pekerjaanmu dengan siapa pun, apakah itu berguna? Pekerjaanmu gak akan berkurang dengan kamu melakukannya, kan? Bukannya tumpukan pekerjaanmu berkurang, justru waktumu yang menyusut tanpa kamu sadari.

Baca Juga: 5 Tips Survive dari Tekanan Pekerjaan, Biar Kehidupanmu Seimbang!

3. Berkutat pada pekerjaan yang paling sulit, tugas yang lain menjadi telantar

5 Kesalahan Saat Pekerjaan Menumpuk, Bikin Gak Kunjung SelesaiIlustrasi bekerja (unsplash.com/lara_far)

Setiap orang memiliki strategi masing-masing dalam menyelesaikan tumpukan pekerjaan. Sebenarnya gak masalah juga bila kamu memutuskan untuk mendahulukan pekerjaan yang paling sulit. Pertimbangannya, mumpung kamu masih dalam kondisi fresh.

Baik tenaga maupun konsentrasimu masih penuh sehingga memudahkan terselesaikannya tugas itu. Akan tetapi, tetaplah memiliki batas waktu dalam mengerjakannya. Ingat, antrean pekerjaanmu masih amat panjang.

Kalau pekerjaan yang sulit itu tak juga bisa diselesaikan, sebaiknya kamu segera beralih ke pekerjaan lain. Jangan sampai kamu sudah menggunakan terlalu banyak waktu untuk satu pekerjaan yang pada akhirnya tetap gak terselesaikan, masih pula tugas-tugas lain belum tersentuh.

4. Asal meminta bantuan pada orang yang gak berkompeten

5 Kesalahan Saat Pekerjaan Menumpuk, Bikin Gak Kunjung SelesaiIlustrasi minta bantuan teman (unsplash.com/heylagostechie)

Gak usah gengsi mengakui keterbatasan diri dalam menyelesaikan pekerjaan yang lagi banyak-banyaknya. Itu malah bisa memudahkanmu sebab kamu dapat cepat memperoleh bantuan.

Hanya saja, wajib untukmu mempertimbangkan dengan cermat pada siapa kamu akan meminta bantuan. Bukan meremehkan kemampuan temanmu, tetapi mungkin kompetensinya ada di bidang lain.

Dengan meminta bantuan pada orang yang gak tepat malah bisa mengacaukan pekerjaanmu. Terlebih, gak semua orang mau langsung mengakui ketidakmampuannya memberikan bantuan. Misalnya, khawatir dianggap gak mau membantu. Maka kamu yang harus lebih selektif.

5. Kebanyakan alasan mencari hiburan dulu biar gak stres

5 Kesalahan Saat Pekerjaan Menumpuk, Bikin Gak Kunjung SelesaiIlustrasi jeda bekerja (unsplash.com/chrisalupului)

Di tengah banyaknya pekerjaan yang bisa membuatmu stres, hiburan memang sangat kamu butuhkan. Cuma, kamu juga jangan terlalu manja, ya! Kamu harus merasa cukup dengan sedikit hiburan selama pekerjaanmu padat.

Jangan malah sebentar-sebentar berpikir, 'Cari hiburan apa lagi, ya?' Terlalu banyak menghibur diri saat seharusnya kamu bekerja lebih keras justru akan membuat pekerjaanmu terbengkalai.

Kamu bisa menerapkan tips berikut ini agar tetap gak stres selama mencicil pekerjaan. Jadikan hiburan sebagai hadiah bila kamu telah menyelesaikan satu atau beberapa pekerjaan. Dengan trik ini, kamu pasti akan lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas-tugasmu.

 

Dari kelima poin di atas, mana nih, yang masih sering kamu lakukan? Ayo, fokus pada penyelesaian pekerjaanmu biar kamu juga lekas tenang. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan atur istirahatmu supaya tetap sehat.

Baca Juga: Gak Sehat, 5 Tanda Hidupmu Telah Dikuasai Urusan Pekerjaan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya