Comscore Tracker

5 Kiat Jaga Produktivitas saat Kerja dari Rumah, Semua Harus Seimbang

Keluarga kudu paham bahwa kamu bukan pengangguran

Bekerja dari rumah sering dipandang menyenangkan dan lebih mudah dilakukan ketimbang bila harus pergi ke kantor. Dilihat dari segi kepraktisan seperti berkurangnya biaya transportasi serta energi yang tidak terbuang di jalan, itu memang benar.

Namun, bersamaan dengan keuntungan tersebut juga muncul tantangan lain, yaitu sulitnya menjaga produktivitas ketika orang-orang di sekitarmu kadung mengecap pekerjaanmu amat santai. Bekerja dari rumah juga sering membuatmu dikira menganggur.

Daripada kamu cuma kesal, lebih baik berfokus pada cara untuk membuat produktivitasmu gak kalah dari orang yang bekerja di kantor. Apakah itu mungkin? Tentu saja, asalkan kamu menerapkan kiat-kiat berikut ini.

1. Mulai dari membuat waktu istirahatmu teratur, terutama di malam hari

5 Kiat Jaga Produktivitas saat Kerja dari Rumah, Semua Harus Seimbangilustrasi perempuan di kamar (pexels.com/SP CENA)

Istirahat yang tidak teratur adalah sumber masalah dalam kehidupanmu. Apalagi seiring dengan pertambahan usia. Kamu rentan sekali jatuh sakit jika tekad buat produktif dari rumah tidak didahului dengan kemampuanmu menertibkan waktu istirahat.

Dengan jam istirahat yang teratur khususnya di malam hari, kamu diharapkan mencapai jam tidur yang cukup serta berkualitas. Paginya kamu punya energi berlimpah guna menyelesaikan beragam tugas. 

2. Batasi pekerjaan rumah tangga yang akan kamu lakukan setiap harinya

5 Kiat Jaga Produktivitas saat Kerja dari Rumah, Semua Harus Seimbangilustrasi memasak (pexels.com/Kampus Production)

Bukannya pekerjaan rumah tangga tidak penting untuk digarap. Bagaimanapun, kamu tak dapat melepaskan diri dari jenis pekerjaan yang satu ini jika asisten rumah tangga saja gak ada. Namun, jangan habiskan waktu dan tenagamu buat memasak atau beres-beres rumah.

Penghasilanmu tidak diperoleh dari kegiatan domestik tersebut. Kamu justru perlu bekerja dengan giat supaya mampu memenuhi beragam kebutuhan rumah tangga. Termasuk membayar jasa laundry, misalnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Seorang Productivity Addict, Ingin Produktif Terus!

3. Buat keluarga mengerti bahwa kamu harus bekerja meski di rumah saja

5 Kiat Jaga Produktivitas saat Kerja dari Rumah, Semua Harus Seimbangilustrasi bekerja di rumah (pexels.com/Nicola Barts)

Tampak sepele, tetapi justru inilah yang biasanya paling sukar untuk dipahami dan dihargai oleh orang-orang terdekatmu. Kecuali, mereka juga bekerja dari rumah sama seperti kamu. Akan lebih baik jika kamu punya ruang kerja di rumah.

Masuknya kamu ke sana menjadi tanda jam kerjamu sudah dimulai dan anggota keluarga tak boleh mengganggumu sampai pekerjaanmu selesai. Namun, ini sukar diterapkan apabila kamu memiliki anak yang masih kecil.

Selain mencoba memberinya pengertian, mau tak mau kamu perlu membiasakannya buat melihat kesibukanmu dalam bekerja. Meski kamu tidak mengurung diri di ruang kerja, anak harus mampu bermain sendiri dan kamu dapat bekerja sambil mengawasinya.

4. Miliki target harian agar jelas apa saja yang harus kamu kerjakan

5 Kiat Jaga Produktivitas saat Kerja dari Rumah, Semua Harus Seimbangilustrasi pria bekerja (pexels.com/Edward Eyer)

Target harian berfungsi sebagai panduan supaya jelas apa yang sudah atau belum kamu kerjakan. Jangan sampai kamu merasa santai dalam menjalani hari, tapi ternyata sedikit sekali pekerjaan yang mampu dibereskan.

Pada akhirnya, itu juga memengaruhi pendapatanmu. Buatlah target harian yang tidak terlalu muluk, tetapi juga tak kelewat rendah. Sebagai lecutan untuk diri, bersiaplah dengan target berlipat keesokannya kalau hari ini kamu gagal mencapainya.

5. Bertahanlah dari kantuk dan berbagai pemecah konsentrasi sepanjang waktu kerja

5 Kiat Jaga Produktivitas saat Kerja dari Rumah, Semua Harus Seimbangilustrasi bekerja dari rumah (pexels.com/Fox)

Kenyamanan yang ditawarkan oleh sistem bekerja dari rumah ialah anugerah sekaligus ujian. Kamu bekerja di tempat yang memungkinkanmu kapan saja berpindah ke kamar atau sofa yang nyaman. Atau, kamu bahkan bekerja di atas ranjang karena keterbatasan tempat.

Belum lagi tiadanya orang yang bakal menegurmu apabila kamu lebih sering membuka media sosial daripada bekerja. Sekarang, kendali dan ketahanan diri benar-benar tergantung padamu. Tunjukkan tekadmu dalam bekerja tak terkalahkan oleh kendala-kendala di atas.

Bila kamu telah mampu menjaga produktivitasmu ketika bekerja dari rumah, hasilnya pasti tidak akan kalah dari bekerja di kantor. Namun, barangkali memang tidak semua orang cocok dengan cara kerja begini sehingga kamu harus rajin mengevaluasi hasilnya. 

Apabila bekerja dari rumah ternyata gak sesuai untukmu yang ditandai dari rendahnya produktivitasmu selama beberapa bulan, segeralah menyudahinya. Carilah pekerjaan yang mewajibkanmu berada di kantor ketimbang penghasilanmu di bawah kebutuhan.

Baca Juga: 5 Manfaat Menjaga Kebersihan Area Kerja, Produktivitas Terjaga

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya