Comscore Tracker

Lagi Semangat Kejar Setoran, 5 Hal Ini Tetap Gak Boleh Dilakukan 

#IDNTimesLife Terkesan menguntungkan, padahal membahayakan 

Dengan berbagai kebutuhan hidup yang harus dicukupi, istilah kejar setoran pasti sudah akrab bagi mayoritas orang dewasa. Apalagi bila kamu bekerja bukan cuma untuk diri sendiri melainkan punya beberapa tanggungan. Kejar setoran mungkin sudah menjadi keseharianmu.

Meski begitu, jangan sampai kamu melakukan segala hal demi target penghasilanmu tercapai. Hindari melakukan 5 hal di bawah ini karena bisa menjadi petaka untuk diri sendiri.

1. Mengabaikan kebutuhan istirahat dan makan  

Lagi Semangat Kejar Setoran, 5 Hal Ini Tetap Gak Boleh Dilakukan Unsplash.com/avirichards

Sekuat-kuatnya fisikmu, kamu akan tumbang juga bila terus melakukannya. Benar, kamu masih muda. Namun justru karena kamu masih muda, kamu harus memastikan gaya hidupmu cukup sehat. Itu akan sangat memengaruhi kondisimu beberapa tahun dari sekarang.

Jangan sampai masih muda sudah sakit-sakitan hanya karena kurang bisa menjaga gaya hidup. Sesuatu yang sebenarnya amat bisa dicegah. Bekerjalah pada saat harus bekerja. Demikian pula istirahat dan makanlah pada waktunya.

Pastikan juga kandungan gizi menu pilihanmu cukup. Sebisa mungkin hindari begadang dengan mengatur ulang kegiatanmu dan memaksimalkan waktumu di pagi sampai sore hari. Bila tubuhmu dalam kondisi prima, mengerjakan apa pun pasti lebih mudah.

2. Mengabaikan kualitas hasil kerja, yang penting kuantitas 

Lagi Semangat Kejar Setoran, 5 Hal Ini Tetap Gak Boleh Dilakukan Pexels.com/taryn-elliott

Kamu bukan mesin yang bisa memproduksi begitu banyak barang dalam waktu singkat, dengan kualitas setara. Tentu ada kalanya kamu bisa menyeimbangkan kuantitas dengan kualitas hasil kerjamu.

Akan tetapi begitu kamu sangat mengejar jumlah, urusan kualitas pasti akan terabaikan. Kamu mungkin berpikir ini akan tetap menguntungkanmu. Padahal, penerima hasil kerjamu tetaplah mengutamakan kualitas. Jangan sampai kamu membuat mereka kecewa.

Sebab jika mereka sudah kecewa, posisimu terancam. Mereka mungkin akan memilih orang lain untuk menggantikanmu. Benar, kamu gak boleh menjadi lamban. Namun sedikit menurunkan kecepatan kerja demi mengoptimalkan kualitas amatlah bagus untuk kelanjutan pekerjaanmu sendiri.

3. Tega mencurangi teman demi target terpenuhi 

Lagi Semangat Kejar Setoran, 5 Hal Ini Tetap Gak Boleh Dilakukan Unsplash.com/getcroissant

Jangan pernah berpikir orang-orang di sekitarmu gak penting. Sebanyak apa pun uang yang dimiliki, bila kamu terkapar sakit sampai gak bisa apa-apa, merekalah yang akan menolongmu. Uangmu gak bisa serta-merta membawamu ke rumah sakit.

Maka jangan pernah sengaja merugikan siapa pun demi keuntunganmu sendiri. Kamu harus selalu ingat, teman-temanmu juga butuh penghasilan. Mungkin sama sepertimu, sedang kejar setoran. Jadi, kejarlah target dengan cara yang sehat.

Kalau kamu nekat mencurangi teman-temanmu, penghasilan yang didapatkan gak akan sebanding dengan rusaknya hubungan kalian. Sampai kapan pun, belum tentu hubungan yang rusak itu bisa kembali baik.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Kehilangan Motivasi dalam Bekerja

4. Mengakali laporan pada atasan demi bonus atau keuntungan pribadi lainnya 

Lagi Semangat Kejar Setoran, 5 Hal Ini Tetap Gak Boleh Dilakukan Unsplash.com/linkedinsalesnavigator

Dengan kelihaianmu, beberapa kali kamu mungkin berhasil melakukannya. Apalagi jika atasanmu kurang cermat memeriksa laporanmu dan sudah memercayaimu. Namun bayangkan jika suatu saat nanti ia mengetahui kepercayaannya disalahgunakan.

Kamu mungkin akan membayar terlalu mahal untuk tindakanmu itu. Jangan disepelekan. Bila tindakanmu sampai membahayakan masa depan tempat kerjamu, jelas bisa berujung pemecatan. Bahkan mungkin sampai diproses secara hukum.

Kamu akan kehilangan sumber penghidupan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum bahwa mendapatkan pekerjaan tidaklah mudah. Sekalipun penghasilan yang ditargetkan gak selalu tercapai, syukuri pekerjaanmu dengan gak berbuat neko-neko.

5. Semena-mena menyuruh orang lain mengerjakan tugasmu 

Lagi Semangat Kejar Setoran, 5 Hal Ini Tetap Gak Boleh Dilakukan Unsplash.com/windows

Jadilah pribadi yang lebih bertanggung jawab atas urusan-urusanmu. Kamu gak boleh sembarangan melemparkan tugasmu pada orang lain. Bahkan jika itu juniormu. Jangan berusaha memanfaatkan siapa pun hanya demi keuntunganmu sendiri.

Bila memang kamu membutuhkan rekan untuk menyelesaikan beberapa tugas, pastikan itu gak melanggar aturan yang ditetapkan tempat kerjamu. Kamu harus terlebih dahulu memberitahukan hal ini pada atasanmu. Jika memang diizinkan, tentu kamu juga harus memberikan imbalan yang layak untuk rekanmu itu.

Dengan selalu menghindari 5 hal di atas; kepercayaan pemberi kerja, pengguna hasil kerja, serta teman-temanmu akan tetap terjaga. Jangan mempertaruhkan terlalu banyak hal untuk hasil yang sebenarnya gak seberapa.

Baca Juga: Jadi Support System, 6 Zodiak Ini Selalu Memberi Motivasi Hidup 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya