Comscore Tracker

5 Manfaat Membaca Sebentar sebelum Mulai Menulis, Ide Lebih Lancar

Yang tadinya gak mood jadi lebih bersemangat 

Menulis secara rutin selalu dianjurkan dalam berbagai pelatihan bila kamu ingin menjadi penulis profesional. Dan jika kamu telah berprofesi sebagai penulis, kamu harus makin menjaga rutinitas menulismu.

Jika kamu tidak bisa menulis secara teratur setiap hari, pendapatanmu akan menurun. Bahkan, skill menulismu dapat terpengaruh kalau kamu terlalu lama tak mengasah pena.

Tahukah kamu bahwa ada rahasia di balik kemampuan menulis setiap hari? Rahasia itu ialah membaca sebentar persis sebelum mulai menulis. Dengan melakukannya, ini lima manfaat yang akan kamu dapatkan:

1. Membangun konsentrasi yang sempat terpecah oleh berbagai kegiatan

5 Manfaat Membaca Sebentar sebelum Mulai Menulis, Ide Lebih Lancarilustrasi membaca (pexels.com/Streetwindy)

Jika setelah bangun tidur di pagi hari kamu tak langsung menulis, pasti ada kegiatan lain yang dilakukan. Misalnya, pergi ke kantor, membereskan rumah, berbelanja, atau bertemu tetangga.

Apa pun kegiatanmu sebelum menulis, itu memecah konsentrasi. Padahal, konsentrasi penuh diperlukan untuk kamu mampu menulis dengan lancar. Maka dari itu, kamu harus terlebih dahulu membangun konsentrasi sebelum mulai menulis.

Dengan membaca, kamu tak ubahnya sedang bertapa. Hanya ada pikiranmu dan isi bacaan. Jika konsentrasimu telah terbangun, barulah kamu beralih untuk menulis.

2. Membaca memberimu ide

5 Manfaat Membaca Sebentar sebelum Mulai Menulis, Ide Lebih Lancarilustrasi membaca buku (pexels.com/Adil)

Apakah kamu kerap kebingungan saat akan menulis karena kehabisan ide? Sampai kamu sudah berhadapan dengan buku tulis atau laptop, belum juga ada ide yang melintas. Tenang, membaca saja dulu.

Tidak perlu lama-lama. 10 sampai 15 menit pun cukup asal kamu bersungguh-sungguh ketika membaca. Jenis bacaannya pun boleh apa saja, dari artikel sampai buku baik nonfiksi maupun fiksi.

Memperoleh ide dari membaca tidak sama dengan melakukan plagiat, lho. Bila plagiat adalah mengakui karya orang lain sebagai karyamu, mendapatkan ide dari buku atau artikel ialah menemukan topik yang belum dibahas secara lebih mendalam.

Atau, kamu mempunyai sudut pandang lain atas topik tersebut. Inilah yang kemudian menjadi bahan tulisanmu nanti. Bayangkan betapa produktifnya kamu dalam menulis jika membaca 10 sampai 15 menit saja telah memberimu sebuah ide untuk dieksekusi.

Baca Juga: Gak Profesional, 5 Hal Ini Bisa Menghambat Kariermu sebagai Penulis

3. Meningkatkan kepercayaan diri buat menulis

5 Manfaat Membaca Sebentar sebelum Mulai Menulis, Ide Lebih Lancarilustrasi membaca (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Selain ide, hambatan lain dalam menulis adalah kurangnya rasa percaya diri. Ini membuat kamu tidak cukup yakin untuk segera menuliskan ide-idemu. Padahal makin lama kamu menundanya, makin ragu pula kamu jadinya.

Membaca sebentar sebelum mulai menulis berguna buat meningkatkan kepercayaan dirimu. Saat membaca, kamu akan membatin bahwa bila orang lain saja mampu menuliskannya, mengapa kamu tidak? 

Apabila kamu menemukan sejumlah kekurangan dalam tulisan tersebut baik dalam hal keakuratan data, gaya bahasa, maupun ejaannya; kamu pasti bakal lebih percaya diri buat segera menulis. Tentunya, kamu harus menulis dengan lebih rapi, ya!

4. Mengingatkanmu tentang cara menulis yang baik

5 Manfaat Membaca Sebentar sebelum Mulai Menulis, Ide Lebih Lancarilustrasi membaca sebelum menulis (pexels.com/Tranmautritam)

Menyambung uraian sebelumnya. Selalu ada yang bisa dan perlu untuk dipelajari dari tulisan orang lain. Kekurangan-kekurangan dalam tulisan tersebut dapat memberimu ide buat menulis.

Sebaliknya, tulisan yang telah sangat baik menjadi contoh bagimu. Berkat membaca sesaat sebelum mulai berkarya, kamu diingatkan lagi tentang hal-hal sederhana yang penting dalam menulis.

Misalnya, kalimat pendek akan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Juga, paragraf yang tidak terlalu panjang mengurangi risiko mata cepat lelah saat orang membacanya menggunakan gadget.

5. Memperbaiki mood menulismu

5 Manfaat Membaca Sebentar sebelum Mulai Menulis, Ide Lebih Lancarilustrasi membaca buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Meski jam terbangmu sebagai penulis telah terbilang tinggi, terkadang kamu masih harus berhadapan dengan urusan mood yang tidak mendukung. Secara skill menulis, kamu sudah tak diragukan lagi.

Akan tetapi begitu kamu lagi gak mood, menulis jadi terasa sulit atau kamu malas sekali memulainya. Cara 'mengobatinya' mudah saja, kok. Membacalah dulu. Keasyikanmu dalam membaca pelan-pelan akan meningkatkan mood kamu untuk menulis.

Walau menulis terasa menarik buat kamu yang punya passion tinggi di bidang ini, tetap saja kamu terkadang bosan atau kesulitan dalam melakukannya. Awali dengan membaca untuk merangsang semangat serta kreativitasmu dalam menulis. Selamat mempraktikkannya!

Baca Juga: 6 Cara Tetap Profesional Bekerja Meski Baru Patah Hati

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya