Comscore Tracker

Renungkan 5 Hal Ini Saat Rasa Bosan Bekerja Mulai Muncul 

Wajar, tetapi jangan asal diperturutkan 

Saat kita muda, semangat kita memang mudah berkobar. Namun di satu sisi, cepat pula padam. Ini yang bikin kita gampang merasa bosan pada rutinitas, termasuk bekerja. Jangankan yang muda, orang yang lebih berumur pun bisa merasa bosan bekerja kok.

Sesuatu yang wajar tetapi harus tetap disikapi dengan hati-hati biar kita gak mengambil keputusan yang keliru. Misalnya, cepat-cepat mengundurkan diri. Di tengah kebosanan yang melanda, ada baiknya kita merenungkan lima hal berikut ini biar gak kehilangan rasa syukur dan kembali bersemangat bekerja.

1. Posisi kita sekarang mungkin impian begitu banyak orang 

Renungkan 5 Hal Ini Saat Rasa Bosan Bekerja Mulai Muncul Unsplash.com/alirezaesmaeeli

Masih punya pekerjaan dan penghasilan di tengah gak sedikit orang harus mengalami pemutusan hubungan kerja itu anugerah yang harus sangat disyukuri. Terlebih jika posisi kita dalam pekerjaan memang bagus. Gak cuma penghasilan yang dibawa pulang melainkan kita juga mendapat tempat terpandang di tengah masyarakat. Jadi, gak layak disia-siakan bukan?

2. Barangkali kebosanan kita cuma karena lagi lelah dan butuh istirahat sejenak 

Renungkan 5 Hal Ini Saat Rasa Bosan Bekerja Mulai Muncul Unsplash.com/bigdaus

Hindari mengambil keputusan tergesa-gesa seperti mengundurkan diri hanya karena kita sedang merasa bosan. Sama seperti antusiasme yang bisa naik dan turun, rasa bosan biasanya juga gak abadi. Bosan biasa muncul ketika kita sudah cukup lama berkutat pada satu hal atau hal-hal yang monoton. Cukup diberi jeda sedikit, kita akan merasa lebih baik.

Baca Juga: 7 Kata Bijak Bahasa Jawa tentang Ajakan Bekerja Keras, Semongko Lur! 

3. Hal-hal positif yang didapatkan dari pekerjaan 

Renungkan 5 Hal Ini Saat Rasa Bosan Bekerja Mulai Muncul Unsplash.com/windows

Penghasilan untuk memperbaiki taraf hidup cuma salah satunya. Di samping itu, kita mendapatkan kehormatan di lingkungan tempat tinggal. Lalu banyak relasi, penghargaan ketika kita berprestasi, dukungan dari teman kala kita sakit atau ada masalah, kemampuan yang berkembang, dan banyak lagi.

Gali terus hal-hal positif itu sampai semangat kita pulih. Jangan malah menyangkalnya, yang cuma bikin kita makin merasa negatif pada pekerjaan. Seolah-olah bekerja memang gak berguna.

4. Kadang bekerja memang terasa sebagai beban, tetapi gak punya pekerjaan jelas masalah besar 

Renungkan 5 Hal Ini Saat Rasa Bosan Bekerja Mulai Muncul Unsplash.com/apostolosv

Langsung saja, kita mau makan apa kalau tidak bekerja? Terus merogoh tabungan jelas lama-kelamaan habis. Mau mengandalkan orang lain jelas gak ada yang mau. Jadi kita harus selalu menyadari fakta tak terelakkan ini.

Sementara biar gak lagi terlalu menjadi beban, banyak hal bisa dilakukan. Seperti belajar lebih bersyukur, mengurangi tuntutan-tuntutan yang kurang masuk akal pada pemberi kerja, dan lebih sering mengobrol dengan teman kerja biar gak merasa sendirian.

5. Akan ada saatnya kita gak memungkinkan buat bekerja, jadi nikmati saja ya? 

Renungkan 5 Hal Ini Saat Rasa Bosan Bekerja Mulai Muncul Unsplash.com/valentinlacoste

Ada saatnya kita sehat, ada saatnya kita sakit. Ada masanya kita muda dan perkasa, ada masanya kita akan menua dan kehilangan banyak kemampuan. Ada waktunya hari-hari kita habis oleh pekerjaan, ada kalanya kita mau gak mau harus meminta izin meninggalkan pekerjaan sejenak karena ada keperluan penting yang harus diurus.

Semua ada waktunya. Maka sebaiknya kita memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan bekerja yang sedang lapang saat ini. Buat mempersiapkan kalau-kalau halangan untuk bekerja itu datang.

Mau bekerja penuh waktu ikut orang, bekerja lepas, atau punya usaha sendiri; sesekali kebosanan pasti muncul. Jadi anggap biasa saja. Jangan sampai memperturutkannya dengan bermalas-malas atau resign sekalian.

Tetap kerjakan yang harus dikerjakan. Kelak seluruh hasilnya pasti akan memberi kita kepuasan besar yang gak mungkin didapatkan dari hanya berpangku tangan.

Baca Juga: Total Mengganggu, 5 Hal Ini Bisa Mengacaukan Fokusmu saat Bekerja

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya