Comscore Tracker

5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan Tetap

Jadikan motivasi untuk makin maju

Setiap pekerjaan pasti ada lebih dan kurangnya, ada enak dan gak enaknya. Termasuk soal penghasilan. Kalau kamu memilih bekerja lepas, gak terikat dengan satu tempat kerja, atau malah punya usaha sendiri; kamu pasti pernah merasakan pengalaman kurang menyenangkan dari orang-orang di sekitarmu. Terutama terkait penghasilan.

Ya, penghasilanmu yang gak tetap setiap bulannya, gak seperti mereka yang bekerja di kantor, gak jarang justru dipermasalahkan orang lain selagi kamu sendiri sebenarnya gak merasa ada masalah dengan itu. Sekali, dua kali kamu mungkin gak terpengaruh. Namun kalau sering dibegitukan, bukan gak mungkin kamu jadi minder dan pesimis dengan pilihan hidupmu.

Nah, sebelum mentalmu jadi makin drop, coba deh simak 5 hal berikut ini:

1. Penghasilan boleh tidak tetap, yang penting tetap berpenghasilan

5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan TetapUnsplash.com/andrewtneel

Penghasilan gak menentu bukan akhir dunia kok. Memang, dengan penghasilan yang lebih pasti setiap bulannya, pengaturan keuangannya jadi cenderung lebih mudah. Lain dengan penghasilan yang gak tetap.

Akan tetapi, itu bukan poin terpentingnya. Kemampuan mengelola keuangan bukan ditentukan oleh tetap atau tidaknya penghasilanmu kok. Justru dengan kemampuan mengelola keuangan yang baik, tetap atau tidak tetapnya penghasilan gak akan jadi masalah.

Yang harus kamu pastikan hanyalah kamu tetap memiliki penghasilan dan kontrol diri yang baik. Kalau kamu sedang mendapat penghasilan besar, jangan lantas berfoya-foya. Agar jika penghasilanmu sedang kurang bagus, kamu tetap punya simpanan yang siap digunakan.

2. Berpenghasilan tidak tetap bukan berarti selalu lebih rendah daripada yang berpenghasilan tetap, kan?

5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan TetapUnsplash.com/mann_pantoja

Memiliki penghasilan tetap sering kali digambarkan sebagai kondisi yang jauh lebih baik daripada yang penghasilannya gak tetap. Padahal belum tentu juga lho. Berpenghasilan tidak tetap sebenarnya justru seperti pintu yang terbuka amat lebar alias memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan yang tanpa batasan.

Tentu semuanya gak akan semudah membalikkan telapak tangan. Di mana-mana tetap ada proses yang harus kamu lalui. Penting untukmu selalu melihat kesempatan yang ada, memanfaatkannya sebaik mungkin, dan terus mau meningkatkan kemampuan diri biar kamu siap menghadapi setiap tantangan yang memungkinkanmu memperoleh penghasilan lebih jika kamu bisa menaklukkannya.

3. Memutuskan bekerja secara mandiri berarti kamu harus menjaga produktivitas dan kualitas hasil kerjamu

5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan TetapPexels.com/bongkarn-thanyakij-683719

Ini nih, yang nantinya menjadi kunci seberapa besar penghasilan yang bisa kamu peroleh dan seberapa jauh kamu bisa bertahan di jalan hidup yang kamu pilih. Gak punya atasan seperti jika bekerja di kantor bukan berarti kamu bebas sebebas-bebasnya, santai sesantai-santainya.

Kamu tetap harus punya target pribadi buat menjaga produktivitasmu sekaligus kontrol yang bagus atas hasil kerjamu. Kalau kamu produktif dan hasil kerjamu gak sembarangan, pasti hasilnya juga gak akan mengkhianati usahamu.

Baca Juga: Tangguh tapi Sensitif, 5 Zodiak Ini Paling Gak Tahan Ketika Diremehkan

4. Penghasilan yang gak menentu akan memaksamu belajar lebih berhati-hati

5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan TetapUnsplash.com/kiyun911

Lebih berhati-hati dalam urusan apa? Apa saja. Dari lebih berhati-hati menggunakan uangmu sampai lebih berhati-hati menjaga kesehatanmu karena kamu tahu betul kesehatan yang terganggu bisa seketika menghambat pekerjaanmu yang berarti juga akan memengaruhi penghasilanmu.

Kebiasaan berhati-hati inilah yang pada akhirnya akan menghindarkanmu dari kelengahan. Misalnya, ada sedikit uang lebih, kamu akan memilih untuk menabungnya atau kalau sudah memungkinkan ya menginvestasikannya ketimbang untuk bersenang-senang.

Semua ini kamu lakukan karena kamu sadar betul bahwa yang terbaik bisa terjadi dalam hidupmu. Namun demikian pula yang terburuk, sehingga berjaga-jaga selalu menjadi prioritasmu.

5. Sudah saatnya sering diremehkan justru menjadi motivasi besar untukmu makin maju

5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan TetapPexels.com/daria

Ya, kamu bisa memilih untuk makin terpengaruh oleh sikap meremehkan orang-orang di sekitarmu lalu menjadi pesimis dengan pilihan hidup yang kamu ambil. Akan tetapi kamu juga bisa memilih sebaliknya, menjadikannya cambuk untukmu belajar dan bekerja lebih giat.

Kamu tidak perlu membebani dirimu dengan keharusan untuk membuktikan apa pun pada siapa pun. Kamu hanya perlu memfokuskan diri pada pekerjaanmu dan selalu memberikan yang terbaik dari dirimu. Kalaupun besaran penghasilanmu tetap tidak bisa mengalahkan besaran penghasilan tetap mereka yang telah meremehkanmu, toh kamu memang gak sedang berlomba-lomba soal penghasilan dengan siapa pun.

Yang penting, penghasilan itu cukup untukmu dan kamu bahagia. Namun jika penghasilanmu pada akhirnya malah bisa melampaui penghasilan tetap mereka, itu akan membantu membuka mata semua orang di sekitarmu bahwa memilih jalan hidup yang berbeda dari kebanyakan orang sama sekali bukan masalah.

Menjadi berbeda memang sering kali gak mudah. Kamu berpenghasilan tidak tetap di tengah orang-orang yang memiliki penghasilan tetap dan yakin masa depan mereka lebih terjamin daripada kamu.

Tidak apa-apa. Itu akan tetap terasa menghantammu tetapi jangan biarkan itu mengendalikanmu. Kendali tetap ada di tanganmu. Terus yakinkan dirimu sendiri bahwa gak tetapnya penghasilan justru membuka peluang penghasilan yang sebesar-besarnya. Tetap semangat ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Gagal Produktif, Jangan Diremehkan!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya