Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Kamu Sangat Berdedikasi pada Pekerjaan, Gak Pernah Malas

#IDNTimesLife Kariermu bisa memelesat, lho!

Apa motivasi utamamu dalam bekerja? Gak salah juga kalau kamu langsung menjawab, "Uang!" Memang hidup kita semua membutuhkan uang yang gak sedikit, kan? 

Namun bila motivasimu dalam bekerja cuma tentang uang, hati-hati. Bisa-bisa dedikasimu pada pekerjaan menjadi kurang. Jadi ingin tahu apakah kamu sudah termasuk berdedikasi tinggi pada pekerjaan atau belum? Cek saja dari lima tanda berikut ini.

1. Gak keberatan untuk memperbaiki cara dan hasil kerjamu

Ini 5 Tanda Kamu Sangat Berdedikasi pada Pekerjaan, Gak Pernah MalasUnsplash.com/brodojon

Kamu bukan sedang menjadi perfeksionis. Namun kamu juga tahu perbaikan-perbaikan kadang memang diperlukan. Bila kamu gak pernah mau melakukannya, itu akan buruk untuk dirimu sendiri maupun kantormu.

Jadi, kamu bersikap cukup terbuka pada arahan atau kritik atasan. Kamu gak cepat tersinggung. Kamu paham koreksi seperti itu adalah hal biasa dalam situasi kerja bersama.

2. Bisa menjalin hubungan baik dengan klien dan rekan kerja

Ini 5 Tanda Kamu Sangat Berdedikasi pada Pekerjaan, Gak Pernah MalasUnsplash.com/nastyakamil

Kamu tahu bahwa baik klien maupun rekan kerjamu sangatlah penting untuk kelancaran pekerjaanmu sendiri. Sikap yang buruk pada mereka hanya akan menghambat tugas-tugasmu. Maka gak ada tuh, sikap arogan yang kamu tunjukkan.

Kamu selalu bisa membahas baik-baik persoalan apa pun dengan klien maupun rekan kerjamu. Tahu gak? Sikapmu ini bikin mereka nyaman banget lho, memberikan kepercayaan padamu. Pertahankan, ya!

3. Tetap profesional dalam bekerja dengan atau tanpa diawasi atasan

Ini 5 Tanda Kamu Sangat Berdedikasi pada Pekerjaan, Gak Pernah MalasUnsplash.com/sivvers93

Hayo, apakah kamu seketika bermalas-malasan kalau atasan lagi gak di kantor? Wah, kalau ya, berarti kamu kurang berdedikasi pada pekerjaan nih. Kamu harus berubah, ya!

Dengan atau tanpa diawasi oleh atasan, kamu harus tetap bekerja dengan baik. Itu kan, memang sudah menjadi tugasmu. Jangan sampai kamu cuma mau gajinya dan bersikap kurang bertanggung jawab pada tugas-tugasmu.

Baca Juga: 5 Ciri Pekerja Penuh Dedikasi yang Wajib Kamu Miliki Selama Berkarier

4. Gak cuma mementingkan penghasilan melainkan juga dampak positif pekerjaanmu bagi banyak orang

Ini 5 Tanda Kamu Sangat Berdedikasi pada Pekerjaan, Gak Pernah MalasUnsplash.com/yasmina

Seperti disebutkan di awal, faktor gaji memang penting. Kamu membutuhkannya untuk membiayai hidup. Namun bukan cuma itu yang penting bagimu.

Kamu gak bisa mengabaikan tentang seberapa berdampak pekerjaanmu pada kehidupan. Jika pekerjaan itu sangatlah penting untuk orang banyak, kamu siap melakoninya meski ada pekerjaan lain yang menjanjikan penghasilan lebih besar.

5. Gak bersikap antipati pada lembur

Ini 5 Tanda Kamu Sangat Berdedikasi pada Pekerjaan, Gak Pernah MalasUnsplash.com/elmeng

Tentu saja ini gak berarti kamu mau diminta lembur terus. Bagaimanapun, kamu manusia biasa yang bisa merasa capek. Kalau lembur terus, bisa-bisa kamu malah sakit karena kelelahan fisik dan psikis.

Namun paling tidak, kamu gak langsung kesal saban diminta untuk lembur. Kamu mengerti bahwa lembur kadang memang diperlukan. Toh, kamu juga mendapatkan uang lembur. 

Nah, sudah ketahuan kan, seberapa besar dedikasimu pada pekerjaan? Makin banyak poin yang kamu banget, dedikasimu makin gak diragukan lagi. Atasanmu pasti bangga banget sama kamu!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Punya Dedikasi Tinggi dan Etos Kerja Terbaik, Kamu Juga?

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya