Comscore Tracker

5 Tips Meningkatkan Etos Kerja biar Karier Makin Cemerlang 

Harus tegas pada diri sendiri, ya! 

Punya etos kerja yang tinggi penting banget biar kariermu gak stagnan. Kalau kariermu terus menanjak, tentunya penghasilanmu juga akan ikut naik. Jangan bilang ini gak penting dan kamu sudah merasa cukup dengan pencapaianmu sekarang.

Kamu masih muda. Masa depanmu masih sangat panjang. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada dan kemampuanmu. Kalau kamu bisa lebih dari sekarang, kenapa gak?

Yuk, mulai langkahmu menuju karier yang makin cemerlang dengan memperbaiki etos kerjamu. Gak susah kok. Kamu cukup melakukan lima hal berikut ini secara konsisten. Ingat baik-baik, ya!

1. Pantang datang terlambat di kantor atau kabur di jam kerja 

5 Tips Meningkatkan Etos Kerja biar Karier Makin Cemerlang Unsplash.com/kerenlevand

Disiplin soal waktu penting banget kalau kamu ingin disebut memiliki etos kerja yang tinggi. Gak ada alasan untuk terlambat lagi karena kamu bisa berangkat lebih awal. Ingat prinsipnya, lebih baik datang lebih pagi dari jam masuk ketimbang terlambat.

Namun gak terlambat tiba di kantor saja belumlah cukup. Pastikan kamu gak keluyuran di jam kerja. Dengan atau tanpa ada pengawasan yang ketat dan sanksi yang keras, kamu harus tetap mendisiplinkan diri sendiri.

2. Jika bekerja dari rumah, mulailah lebih pagi ketimbang kebanyakan orang 

5 Tips Meningkatkan Etos Kerja biar Karier Makin Cemerlang Unsplash.com/glvrdru

Bekerja dari rumah memang sering disepelekan. Kesannya lebih gampang ketimbang bekerja di kantor. Padahal, kunci keberhasilan bekerja dari rumah itu benar-benar ada pada dirimu.

Lengah sedikit, bisa-bisa kariermu gak akan pernah berkembang. Ya, jebakan kemalasan itu nyata sekali bila kamu bekerja dari rumah. Gak ada yang menegur atau memberi sanksi saat kamu bermalas-malas.

Nah, dengan mulai bekerja lebih awal ketimbang kebanyakan orang, otomatis kamu mengingatkan diri sendiri agar gak lalai menjalani hari. Kalau pekerjaanmu selesai lebih cepat, kamu jadi bisa berisitirahat lebih banyak atau mengerjakan tugas lain.

Baca Juga: Kerja dari Rumah Jadi Lebih Capek? Ini 5 Tips Supaya Tetap Enjoy

3. Tahan diri dari mengeluhkan tugas-tugasmu 

5 Tips Meningkatkan Etos Kerja biar Karier Makin Cemerlang Unsplash.com/awarnerway

Jika ada tugas yang sulit, berkonsultasilah dengan atasan atau teman yang lebih berpengalaman. Namun jangan sekali-kali mengeluhkannya. Ingat, gak ada yang memaksamu menjalani suatu pekerjaan.

Kamu digaji untuk bekerja. Jadi, terima tugas-tugas itu dengan penuh tanggung jawab. Tugas yang banyak dan menantang berarti kepercayaan yang besar. Tegaslah pada diri sendiri.

Pilihanmu soal pekerjaan hanya dua. Jalani atau tinggalkan. Tentu saja yang terakhir berarti kamu kehilangan sumber penghasilan. Semua pilihan memang ada risikonya, kan? Jangan melakukan apa pun dengan setengah-setengah karena hasilnya gak akan maksimal.

4. Patuhi tenggat pekerjaan 

5 Tips Meningkatkan Etos Kerja biar Karier Makin Cemerlang Unsplash.com/nate_dumlao

Tenggat dibuat bukan untuk dilanggar. Selesaikan tugasmu maksimal sesuai tenggatnya, tetapi lebih cepat tentu lebih baik. Kalau kamu bisa menyelesaikan tugas sebelum batas akhir, kamu jadi bisa memulai pengerjaan tugas lain lebih awal.

Terus seperti itu sehingga kamu akan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan ketimbang orang lain. Tanpa sadar, kamu sudah menjadi pribadi yang produktif. Kalau kamu produktif, tentu saja penghasilanmu akan naik.

Kamu juga akan mendapatkan kepercayaan yang lebih besar dari pemberi kerja. Mereka gak perlu ketar-ketir tugas yang diberikan padamu akan terbengkalai karena kamu sudah terbukti selalu bisa diandalkan.

5. Kalau sudah waktunya bekerja, jangan disambi hal-hal yang gak penting 

5 Tips Meningkatkan Etos Kerja biar Karier Makin Cemerlang Unsplash.com/felipepelaquim

Ada banyal hal yang bisa mengganggu konsentrasimu dalam bekerja. Baik datang dari luar maupun dari dalam dirimu. Keduanya sama-sama hanya perlu disikapi dengan ketegasan.

Jika kamu bekerja di rumah, beri tahu anggota keluargamu bahwa kamu gak ingin diganggu saat bekerja. Pekerjaan rumah bisa menunggu. Kamu akan mengerjakan bagianmu setelah pekerjaanmu selesai. Punya ruang kerja sendiri akan amat membantu.

Jika kamu bekerja di kantor, jangan sungkan untuk mengatakan pada teman yang terlalu lama mengajakmu mengobrol bahwa kamu harus segera bekerja. Obrolan dilanjutkan nanti saja, di jam istirahat misalnya.

Kalau kamu sudah bisa bersikap tegas pada orang-orang di sekitarmu, tentu seharusnya kamu juga bisa bersikap lebih tegas lagi pada diri sendiri. Jangan buka-buka media sosial selama kamu bekerja, ya. Nanti tanpa sadar kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuka media sosial ketimbang bekerja.

 

Kelima tips di atas aplikatif banget, kan? Punya etos kerja yang tinggi bukan lagi hal yang mustahil untukmu. Langsung saja diterapkan dan lihat hasilnya kelak.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Profesionalitas Pekerjaan di Kantor, Etos Kerja Baik!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya