Comscore Tracker

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama Kuliah

Supaya gak kagok saat lulus nanti!

Kuliah merupakan kesempatan belajar bagi seseorang untuk memperoleh ilmu di bidang yang ingin ditekuni. Sehingga, ilmu yang diperoleh di bangku kuliah akan menjadi bekal untuk berkarier.

Mencapai karier impian tidak sebatas disiapkan dengan ilmu akademik saja, tapi juga dengan perencanaan karier yang matang dan terarah. Tak harus menunggu lulus dulu, perencanaan karier rupanya memiliki banyak manfaat jika dipersiapkan selama masih kuliah, lho! Apa saja, ya?

1. Menambah wawasan yang luas tentang dunia kerja

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama KuliahUnsplash/Vadim Fomenok

Dengan melakukan perencanaan karier di masa kuliah, kamu akan banyak mencari informasi seputar dunia kerja yang sulit kamu dapatkan jika hanya belajar di kelas. Sehingga, kamu jadi bisa tahu berbagai perkembangan dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Kesempatan untuk mencari tahu passion dan karier impian

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama KuliahPexels/Liam Anderson

Melakukan perencanaan karier selama masih kuliah juga akan memancing dirimu untuk mencari tahu apa passion dan karier impianmu sesungguhnya serta bidang apa saja yang ingin kamu geluti setelah lulus nanti. Jadi, inilah kesempatan bagimu untuk bisa menggali potensimu lebih dalam lagi.

3. Memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama KuliahUnsplash/Becca Tapert

Lebih cepat lebih baik. Semakin cepat kamu mengetahui apa karier yang kamu idam-idamkan, semakin banyak pula waktu yang kamu punya untuk mempersiapkan diri.

Jika karier impianmu itu membutuhkan skill tertentu, kamu tentu akan punya lebih banyak waktu untuk belajar dan mencari referensi yang berhubungan dengan skill tersebut, kan?

Baca Juga: Ini 5 Tips yang Dapat Dilakukan Untuk Menjadi Wanita Karier Sukses 

4. Tidak merasa kagok dan buntu ketika sudah lulus

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama KuliahUnsplash/You X Ventures

Merencanakan karier saat masih kuliah juga akan membantumu agar tidak merasa kagok atau buntu setelah lulus kelak. Itu karena kamu sudah punya gambaran yang jelas dengan apa yang ingin kamu capai.

5. Terbiasa untuk berpikir jauh ke depan

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama KuliahPexels/Startup Stock Photos

Melakukan perencanaan karier ketika masih di bangku kuliah juga akan bermanfaat untuk membentuk mindsetmu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk berpikir jauh ke depan. Hal ini tentu akan semakin melatih dirimu untuk bisa mempersiapkan masa depan dengan matang, jelas, dan terarah.

6. Termotivasi untuk cepat lulus dan meniti karier

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama KuliahPexels.com/Pixabay

Yang satu ini juga tidak kalah penting, lho. Jika kamu sudah menetapkan rencana karier yang ingin kamu capai serta sudah mempersiapkan diri dengan maksimal, tentu kamu akan semakin termotivasi untuk cepat lulus, kan? Supaya setelah lulus kamu bisa langsung take action untuk mulai meniti kariermu itu. Menarik, kan?

Itulah 6 manfaat melakukan perencanaan karier selama kuliah. Apa pun bidang yang ingin kamu geluti, kelak kamu akan terjun ke dunia kerja yang lebih profesional. Tidak ada salahnya untuk merencanakan karier dari sekarang agar kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan masa depanmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Fresh Graduate, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Pekerjaan

Martaria Yohana Photo Community Writer Martaria Yohana

a journey of a thousand miles begins with a single step :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You