Comscore Tracker

5 Trik Agar Puasa Tidak Membuat Produktivitas Kerjamu Menurun

Boleh dicoba, nih!

Godaan akan selalu datang ketika kamu tidak dapat berkomitmen. Di saat bulan Ramadan, tentu kamu tidak boleh tergoda akan hal-hal yang membuat diri menjadi batal menjalankan ibadah puasa. Apalagi ketika kamu bekerja saat berpuasa.

Tentu banyak hal yang harus kamu jaga agar puasa tetap lancar dan semangat bekerja. Nah, berikut ini lima trik agar produktivitas kerja tidak menurun walau sedang berpuasa.

1. Pastikan tidur yang cukup

5 Trik Agar Puasa Tidak Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunPexels/Ivan Oboleninov

Supaya puasa juga rutinitas bekerja berjalan seimbang maka, kamu harus pastikan diri untuk cukup tidur. Produktivitas kerja dapat maksimal jika kamu memiliki energi tubuh yang cukup.

Cara mudah saja yaitu dengan tidur yang cukup minimal 7-8 jam dalam satu hari. Juga paling penting tidak melewatkan sahur. Jadi jangan sampai telat dan usahakan setel alarm jika kamu tipe orang yang susah bangun. 

2. Mengonsumsi vitamin dan mineral

5 Trik Agar Puasa Tidak Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunPexels/Pixabay

Selain pastikan tidur yang cukup kamu juga boleh mengonsumsi vitamin dan mineral secukupnya. Kedua hal ini harus seimbang sehingga, kamu fokus dalam bekerja walau sedang berpuasa. Vitamin yang baik dan sehat dengan mengonsumsi buah. 

Seperti jeruk yang memiliki kandungan kaya akan mineral dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Jangan sampai kamu kekurangan vitamin dan mineral karena akan mengganggu seluruh pekerjaan kamu dan akhirnya bisa jatuh sakit. 

Baca Juga: 7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasa

3. Boleh luangkan waktu sejenak untuk istirahat

5 Trik Agar Puasa Tidak Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunPexels/Polina Zimmerman

Ketika kamu menjalankan ibadah puasa sambil bekerja pasti tubuh lebih cepat lelah. Oleh sebab itu, ketika tubuh terasa lelah kamu boleh merenggangkan tubuh dengan istirahat sejenak. Jadi jangan paksakan diri terus bekerja tapi lelah. Tujuannya, agar puasa kamu dapat berjalan dengan lancar.

4. Jangan lupa berolahraga

5 Trik Agar Puasa Tidak Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunPexels/Li Sun

Jangan jadikan alasan saat puasa kamu tidak berolahraga. Malah berolahraga sangat baik kamu lakukan agar memaksimalkan produktivitas kerja. Lakukan saja olahraga yang ringan misalnya, yoga, lari di tempat, ataupun bersepeda. Tidak butuh waktu yang lama cukup 15 menit saja. Dan olahraga dilakukan setelah 2 jam usai berbuka puasa. 

5. Menjauh dari hal-hal yang mengganggu konsentrasi kamu

5 Trik Agar Puasa Tidak Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunPexels/Andrea Piacquadio

Produktivitas kerja menurun bisa disebabkan karena banyak hal yang mengganggu konsentrasi kamu dalam bekerja. Misalnya, handphone yang terus berdering membuat kamu lebih suka bermain handphone dibanding melanjutkan pekerjaan.

Tentu pekerjaan kamu akan semakin lama selesai dan akhirnya harus lembur mengerjakannya. Dan tentu istirahat terganggu juga membuat puasa kamu tidak maksimal. Jadi silent handphone kamu ketika sedang bekerja. 

Itu tadi lima trik ampuh agar saat puasa tidak buat produktivitas kerja menurun. Kamu harus lebih pandai mengutamakan mana yang lebih penting. Alhasil, bekerja dapat optimal dan puasa tetap lancar. 

Baca Juga: 5 Minuman Mengandung Elektrolit, Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya