Comscore Tracker

Mengalami Demotivasi Kerja? 5 Cara Ini Ampuh Bangkitkan Semangatmu! 

Harus segera diatasi! 

Sebagai karyawan ataupun pengusaha akan selalu ada saat di mana seseorang mulai merasa bosan atau jenuh dengan aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Imbasnya adalah muncul rasa malas serta kelelahan yang membuat seseorang tidak memiliki hasrat untuk beraktivitas.

Di dunia kerja, rasa jenuh atau bosan ini jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa berubah menjadi demotivasi. Padahal, demotivasi kerja cukup berbahaya karena dapat berakibat pada menurunnya produktivitas. Oleh sebab itu, menghilangnya motivasi kerja ini tak boleh didiamkan. Caranya? Lakukan lima cara ini untuk mengatasi demotivasi kerja.

1. Cari tahu penyebabnya

Mengalami Demotivasi Kerja? 5 Cara Ini Ampuh Bangkitkan Semangatmu! News Cult

Munculnya demotivasi kerja bukanlah tanpa sebab. Mungkin, sebenarnya kamu mengalami konflik antara diri sendiri dengan lingkungan kerjamu termasuk dengan tuntutan di dalamnya yang tidak kamu sadari. Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk mencoba merenungi apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu inginkan saat ini. Nantinya, kamu akan tahu penyebab sebenarnya yang membuatmu mengalami demotivasi kerja. 

2. Ingat tujuan awalmu

Mengalami Demotivasi Kerja? 5 Cara Ini Ampuh Bangkitkan Semangatmu! https://unsplash.com/

Kalau semangatmu mulai hilang, coba kamu ingat tujuan atau purpose kamu dalam hidup ini. Dengan mengingat tujuanmu lagi akan membangkitkan semangat dan motivasi untuk bekerja.

Atau jangan-jangan kamu belum punya tujuan hidup? Tak apa, kamu masih bisa merancang hal apa yang ingin dicapai sekarang. Buat tujuan dan rencanamu secara terperinci dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Biarkan tujuan ini menjadi fondasi kamu dalam bekerja. 

Baca Juga: 6 Tanda Kulit Mulai Stres karena Rutinitas Pekerjaan, Ayo Lebih Relaks

3. Olahraga

Mengalami Demotivasi Kerja? 5 Cara Ini Ampuh Bangkitkan Semangatmu! pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Demotivasi kok malah disuruh olahraga? Jangan salah! Percaya atau tidak, dengan berolahraga bisa memperbaiki mood dan mengembalikan semangat. Bonusnya lagi, tubuh menjadi lebih sehat.

Untuk itu, usahakan untuk meluangkan waktu berolahraga, baik di pagi ataupun malam hari. Kalau enggan datang ke pusat kebugaran, kamu masih bisa jogging, atau olahraga di rumah dengan tutorial instruktur dari YouTube. 

4. Stay focus!

Mengalami Demotivasi Kerja? 5 Cara Ini Ampuh Bangkitkan Semangatmu! canva.com

Untuk dapat bekerja secara maksimal, pastikan kamu menjaga diri tetap fokus. Walaupun tak mudah, terlebih kalau tidak ada dukungan dari lingkungan sekitar. Seperti lingkungan yang bising, suasana atau ruangan kerja yang kacau balau, serta rekan kerja yang tidak kooperatif.

Ciptakanlah lingkungan yang kondusif selama bekerja. Setidaknya, kamu bisa menciptakan kenyamanan bagi dirimu sendiri. Saat bekerja singkirkan smartphone serta media sosial yang kamu miliki. Jauhkan diri dari gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

5. Work life balance!

Mengalami Demotivasi Kerja? 5 Cara Ini Ampuh Bangkitkan Semangatmu! pexels.com/@belart84

Ada baiknya kamu membuat batasan antara pekerjaan dengan waktu untuk diri sendiri. Saat bekerja, fokuslah untuk bekerja. Namun saat jam kerjamu usai, segera matikan laptop  agar kamu bisa fokus beristirahat.

Selain itu, hindari kebiasaan membuka email atau membuka chat tentang pekerjaan di luar jam kerja terutama saat menghabiskan waktu dengan keluarga, teman, atau pasangan. Pergunakan hari libur untuk aktivitas yang berkualitas di luar pekerjaan untuk memulihkan tenaga dan semangatmu kembali. 

Semoga kelima cara diatas mampu mengembalikan semangat dan motivasi kerja kamu yang hilang ya. Tapi kalau semua cara sudah kamu lakukan tapi tetap tidak bisa mengatasi demotivasi, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain.

Tapi ingat ya bahwa resign adalah sebuah keputusan yang besar. Sebelum memutuskan untuk resign, pastikan kamu telah mempertimbangkan secara matang. Dan sebaiknya ajukan resign saat telah mendapatkan pekerjaan baru. Semangat! 

Baca Juga: 7 Hal Sederhana Mengatasi Jenuh Saat Bekerja, Kamu Wajib Coba Ini!

attalicious - Photo Community Writer attalicious -

Pecinta kucing dan es krim yang (masih) berusaha menjadi lebih baik setiap harinya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You