Comscore Tracker

5 Basic Skills yang Wajib Dimiliki Saat Memasuki Usia 20-an

Tidak terbatas gender!

Usia 18-20 tahun merupakan usia dimana seseorang sudah dapat dianggap dewasa. Dimana seseorang sudah dianggap mampu melakukan sesuatu secara mandiri dan bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Di usia ini, manusia mengalami masa transisi dari fase remaja ke fase dewasa. Tentu kedua fase ini memiliki suatu perbedaan yang signifikan.

Sikap tanggung jawab dan sikap mandiri ini lah yang menjadi pembeda akan kedua fase tersebut. Sehingga di usia tersebut perlu untuk memiliki skill dasar yang nantinya akan membantu di beberapa tahun usia yang akan datang.

Untuk kamu yang kini hampir dan telah memasuki usia 20 tahun, yuk simak beberapa skill dasar yang harus kamu miliki berikut ini!

1. Melakukan pekerjaaan domestik

5 Basic Skills yang Wajib Dimiliki Saat Memasuki Usia 20-anpexels.com/nathan cowley

Urusan domestik sering kali dianggap remeh. Perkembangan zaman membuat semuanya menjadi serba mudah, hingga segala sesuatu bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan usaha atau tenaga lebih. Tanpa disadari keadaan ini lah yang menjadikan generasi saat ini menjadi malas untuk belajar melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri.

Mencuci, membersihkan rumah, memasak adalah hal-hal dasar dalam kehidupan. Kita pasti pernah menemui seseorang yang tidak bisa bisa memasak. Tidak bisa memasak bukanlah suatu kesalahan besar, tetapi hal tersebut adalah sesuatu yang bisa kita pelajari.

2. Kemampuan berbicara di depan umum

5 Basic Skills yang Wajib Dimiliki Saat Memasuki Usia 20-anpexels/dani hart

Kemampuan berbicara sering kali dikait-kaitkan dengan kepribadian. Untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert pasti relate dengan skill yang satu ini. Perlu diketahui bahwa pemalu dan pendiam adalah dua hal yang sangat berbeda. Sedikit bicara, bukan berarti tidak bisa bebicara sama sekali bukan? Agar kamu terbiasa dengan mudah berbicara di depan umum, kamu bisa memulainya dengan mencoba memulai pembicaraan ketika berhadapan dengan orang lain. Skill ini juga mendukung kemampuan bersosialisasimu.

3. Time management

5 Basic Skills yang Wajib Dimiliki Saat Memasuki Usia 20-anpexels.com/gustavo fring

Time management erat kaitannya dengan disiplin, tanggung jawab dan rasa malas. Perlu diketahui, jika kita disiplin akan apa yang kita kerjakan secara tidak langsung kita telah bertanggung jawab untuk melakukan seseuatu yang harus kita kerjakan.

Coba deh berhenti sejenak selama 10 menit lalu kembali bekerja efektif untuk menetralkan rasa malas. Kita memang hanyalah manusia biasa yang terkadang juga merasakan malas. Jika kamu tipikal yang sering menunda pekerjaan karena malas, sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut ya! 

Baca Juga: 5 Skill yang Perlu Dikuasai Karyawan Agar Bisa Adaptif Saat Krisis

4. Mengatur keuangan

5 Basic Skills yang Wajib Dimiliki Saat Memasuki Usia 20-anpexels/joslyn pickens

Hayo siapa di sini yang suka khilaf kalau melihat diskon? Mulai sekarang cobalah untuk membagi prioritas. Belilah barang yang kamu butuhkan, sesekali juga boleh membeli barang yang kamu suka. Cobalah memulai untuk menyisihkan uangmu. Jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa mulai belajar berinvestasi juga.

5. Mengolah emosi

5 Basic Skills yang Wajib Dimiliki Saat Memasuki Usia 20-anpexels.com/kelvin valerio

Hal ini memang tidak akan pernah berhenti dipelajari seumur hidup. Namun, juga perlu untuk dibiasakan sejak dini. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan buruk yang malah memperkeruh perasaanmu seperti mengumpat, melampiaskan amarah dengan memukul atau melempar benda di sekitar, atau pun hal-hal lainnya. ketika emosi melanda, tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan. Lakukan sampai perasaanmu tenang dan alihkan pikiranmu dengan sesuatu yang dapat membuatmu senang. 

Ini dia 5 basic skills yang wajib kamu kuasai di usia 20-an. Kamu bisa memulainya perlahan hingga kamu terbiasa untuk melakukannya!

Baca Juga: 5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership Kamu

Maya Shofi Luliana Photo Writer Maya Shofi Luliana

find your own fun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya