Comscore Tracker

5 Keahlian yang Bisa 'Dijual', Ayo Asah biar Semakin Mahir

Semakin kamu mahir semakin banyak dicari

Namanya kejadian gak terduga, siapa pun gak akan pernah siap. Pernah gak kamu membayangkan lagi kesulitan finansial atau bahkan karena alasan tertentu gak bisa kerja seperti sedia kal? Sedangkan hidupmu terus berjalan, kamu punya kebutuhan gak terus ada.

Memiliki keahlian tentu akan mendapatkan manfaat yang positif. Jika suatu saat kamu membutuhkan tambahan penghasilan, lima keahlian di bawah bisa membantumu mendapatkan uang lho. Keahlian apa saja itu?

1. Ilustrasi

5 Keahlian yang Bisa 'Dijual', Ayo Asah biar Semakin Mahirunsplash.com/Sarah Brown

Berawal dari iseng menggambar dan upload di media sosial, sahabat baikmu meminta untuk dibuatkan kartu ucapan spesial. Tentu saja dibayar dong, dari situ kamu mendapatkan order-oder lain serupa yang ternyata hasilnya lumayan juga. Jika kamu merasa punya kemampuan ini kembangkan dan jangan malu untuk memamerkannya bahkan menjual hasilnya.

2. Menulis

5 Keahlian yang Bisa 'Dijual', Ayo Asah biar Semakin Mahirunsplash.com/Thought Catalog

Dulu kamu menulis di blog pribadi tanpa ada yang menghakimi, ada kata yang gak baku dan yang lainnya. Kamu gak puas cukup sampai di situ, kamu terus mengasah kemampuan, mencari mentor, bahkan mengikuti berbagai kelas. Gak mustahil kamu bisa jadi penulis kreatif di suatu perusahaan atau menjadi freelancer dengan banyak proyek.

3. Memasak

5 Keahlian yang Bisa 'Dijual', Ayo Asah biar Semakin MahirUnsplash/Brandless

Niat hati pengin berhemat, lama-kelamaan kamu ketagihan masak sendiri dan memberikan lebihannya ke sahabatmu. Orang satu rumah memuju hasil masakanmu. Muncul ide untuk menjual hasil masakanmu. Punya kemampuan masak gak ada ruginya kok. Gak perlu masak yang rumit dulu, menjual spageti saus bolognese andalanmu bisa jadi awal mula bisnis kulinermu.

Baca Juga: 6 Pertimbangan Penting Jika Kamu Merasa Punya Banyak Keahlian, Catat!

4. Menjahit

5 Keahlian yang Bisa 'Dijual', Ayo Asah biar Semakin Mahirunsplash.com/Clem Onojeghuo

Di saat senggang, kamu mencoba memanfaatkan baju-baju gak terpakai menjadi berbagai benda bermandaat lainnya. Mulai dari bantal duduk, keset, hingga sarung tangan masak. Dari hasil karyamu, kamu bisa menjualnya dari mulut ke mulut atau memasarkan secara online. Ternyata belajar menjahit bisa membantumu secara finansial juga dengan menghasilkan barang-barang bermanfaat.

5. Makeup

5 Keahlian yang Bisa 'Dijual', Ayo Asah biar Semakin Mahirunsplash.com/Johan Mouchet

Bercita-cita jadi beauty vlogger namun gagal, jangan patah semangat. Kamu bisa menawarkan keahlianmu untuk merias. Coba secara sukarela jadikan orang di sekitarmu sebagai modelnya. Tetangga yang wisuda atau sekadar foto studio kamu makeup-in, tapi mereka harus memberitahukan orang di sekitarnya kalau kamu yang makeup-in. Sebuah simbiosis mutualisme kan?

Tipsnya, jangan malu tunjukkan karyamu, terus berlatih, dan jangan gentar mendengar kritikan. Selain itu jangan kecewa dengan masukan-masukan yang ada. Dengan megasah kemampuan yang ada, bisa jadi ladang uang lho.

Baca Juga: 7 Keahlian yang Wajib Kalian Punyai Saat Ingin Menjadi Akuntan Sukses

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya