Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Mulai Bekerja Sebelum Jadi Sarjana

Ayo, mulai suksesmu lebih awal!

Pernah gak terlintas di benak kamu untuk bisa bekerja sebelum tamat kuliah? Kalau iya, kamu harus segera merealisasikannya. Kalau bisa lebih awal untuk bekerja, kenapa harus menunggu sampai sarjana? Benar kan?

Nah, kamu bisa mencari pekerjaan yang tidak menggangu jadwal kuliah kamu atau sering disebut pekerjaan part time misalnya sebagai guru bimbingan belajar, penulis artikel online, atau berwirausaha dengan teman kamu. Banyak kok peluang pekerjaan yang bisa kamu kerjakan sambil kuliah.

Nah, emang apa saja sih keuntungan ketika kamu bisa bekerja sebelum tamat kuliah atau menjadi sarjana? Ini nih 5 alasan utamanya, simak yuk!

1. Menambah Pengalaman

5 Alasan Kamu Harus Mulai Bekerja Sebelum Jadi Sarjanaunsplash.com/Dylan Gillis

Guys, selagi muda kamu harus mencari pengalaman positif sebanyak-banyaknya. Kamu harus berusaha mengembangakan passion atau skill kamu. Kamu juga harus melatih diri kamu sebelum nantinya kamu akan berkarier secara penuh di dunia kerja.

Jika memungkinkan, carilah pekerjaan part time yang sesuai dengan pekerjaan atau perusahaan idaman kamu ketika tamat kuliah. Jadi, kamu sudah terlatih lebih dahulu untuk menghadapi lingkungan atau prosedur yang ada di dunia kerja.

2. Menambah Nilai CV

5 Alasan Kamu Harus Mulai Bekerja Sebelum Jadi Sarjanaunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Untuk meraih pekerjaan idaman, kamu perlu persiapan matang untuk mendapatkannya. Apalagi, persaingan dunia kerja yang semakin tinggi akan membuat kamu harus memiliki persiapan untuk bersaing. Yup, semakin idaman tujuan pekerjaan kamu maka akan semakin berat pula tantangan yang akan kamu hadapi. Maka, mulailah membuat dirimu berbeda dengan selangkah lebih maju.

Biasanya, beberapa perusahaan akan lebih melihat pengalaman bekerja melalui Curriculum Vitae (CV) dari calon pekerja. Jadi, bagi kamu yang sudah bekerja sebelum tamat kuliah akan memiliki peluang memiliki nilai (value) yang lebih unggul.

3. Berpenghasilan Lebih Awal

5 Alasan Kamu Harus Mulai Bekerja Sebelum Jadi Sarjanaunsplash.com/Alexander Mils

Pernah gak di saat masa kuliah, kamu merasa segan meminta uang untuk kebutuhanmu kepada orang tua? Nah, keuntungan bekerja sebelum sarjana adalah kamu dapat memiliki penghasilan atau gaji sendiri. Lumayan kan buat memenuhi kebutuhan kamu dan tidak merepotkan orang tuamu. Malah kamu bisa memberikan hadiah kepada orang tua dari hasil jerih payahmu sendiri.

Kamu pun bisa mulai menabung untuk kebutuhan kamu ke depannya. Jadi, jika kamu sudah tamat namun belum mendapat pekerjaan, kamu gak akan khawatir. Karena kamu bisa memanfaatkan uang tabunganmu tersebut untuk kebutuhanmu atau menjadi modal untuk berwirausaha.

Baca Juga: Cara Pengusaha Kuliner Bersaing di Era Digital A la Bango PWK 2019 

4. Menambah Relasi

5 Alasan Kamu Harus Mulai Bekerja Sebelum Jadi Sarjanaunsplash.com/Sebastian Herrmann

Ketika bekerja sambil kuliah, kamu akan menemui orang-orang baru dan akan memulai hubungan pertemanan yang baru. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang sudah memiliki ilmu, pengalaman, dan informasi kerja yang lebih banyak dibandingkan kamu. Jadi, kamu akan berada di lingkungan pertemanan yang semakin luas dari berbagai latar belakang. Menarik bukan?

5. Mengembangkan diri

5 Alasan Kamu Harus Mulai Bekerja Sebelum Jadi Sarjanaunsplash.com/Marvin Meyer

Dunia kerja dan dunia kuliah itu sangat berbeda. Ketika kamu mulai terjun ke dunia kerja sambil kuliah, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki pola pikir berbeda. Kamu pun harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan mereka. Kamu akan belajar untuk bekerja keras, mengembangkan kualitas diri dan belajar dari para pekerja yang memiliki pengalaman lebih banyak. Kamu juga akan semakin tertantang untuk terus mengembangkan diri kamu baik itu soft skills maupun hard skills.

Itulah tadi 5 alasan kamu harus mulai bekerja sebelum mendapat gelar sarjana. So, kamu sudah tahu mau bekerja apa?

Baca Juga: 5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan 

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Silahkan ambil manfaat, kebaikan & hal positif dari artikel yang saya tulis. Jika ada sesuatu yang buruk & tidak bermanfaat, saya mohon agar dimaafkan dan ditinggalkan. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You