Comscore Tracker

5 Prospek Karier Sarjana Ilmu Perpustakaan, Gak Cuma Jadi Pustakawan!

#ANGPOIN Bisa jadi web desainer sampai data administrator!

Ilmu Perpustakaan mungkin masih menjadi jurusan yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Memang, tak begitu banyak universitas negeri maupun swasta di tanah air yang membuka jurusan tersebut

Jurusan ilmu perpustakaan ternyata tak hanya melulu mempelajari pengolahan buku saja, lho. Jurusan ilmu perpustakaan di era digital seperti saat ini juga mempelajari tentang teknologi di perpustakaan dan berbagai rumpun ilmu yang terkait.

So, kamu yang berminat untuk menempuh pendidikan di bidang ilmu perpustakaan gak perlu khawatir mengenai prospek kerjanya. Selain menjadi pustakawan, ini 5 prospek karier lulusan sarjana ilmu perpustakaan.

1. Konsultan perpustakaan dan informasi

5 Prospek Karier Sarjana Ilmu Perpustakaan, Gak Cuma Jadi Pustakawan!unsplash.com/Helloquence

Bagi kamu yang ingin berkarier di bidang wiraswasta, menjadi seorang konsultan perpustakaan dan informasi adalah pilihan tepat setelah lulus dari jurusan ilmu perpustakaan. Saat mengenyam pendidikan ilmu perpustakaan dan informasi kamu akan belajar tentang temu kembali informasi (information retrieval), manajemen perpustakaan dan informasi, serta pengelolaan teknologi di perpustakaan.

Ilmu tersebut bisa kamu jadikan peluang untuk membuka jasa konsultasi di bidang ilmu perpustakaan. Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa konsultasi informasi bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan penelusuran informasi pada bidang ilmu tertentu.

2. Web designer

5 Prospek Karier Sarjana Ilmu Perpustakaan, Gak Cuma Jadi Pustakawan!unsplash.com/Daniel Korpai

Di era digital kini, jurusan ilmu perpustakaan pun turut mengikuti arus perkembangan teknologi yang ada. Jurusan ilmu perpustakaan mempelajari tentang pemrograman web dasar, analisis perancangan sistem, dan arsitektur informasi. So, mata kuliah tersebut sangat cocok bagi kamu yang memiliki minat di bidang IT dan perpustakaan sekaligus. 

Memang, ilmu yang dipelajari mungkin hanya akan sekadar dasarnya saja dan tidak dipelajari lebih mendalam. Tapi, jangan khawatir! Kalau kamu memang berminat untuk berkarier sebagai web designer perpustakaan, kamu bisa mengambil kursus di luar perkuliahan atau melanjutkan studi magister di bidang IT.

3. Arsiparis atau document controller

5 Prospek Karier Sarjana Ilmu Perpustakaan, Gak Cuma Jadi Pustakawan!unsplash.com/Samuel Zeller

Pada saat menempuh pendidikan di jurusan ilmu perpustakaan, kamu akan menemui beberapa mata kuliah mengenai manajemen arsip atau dokumen. Kamu akan mempelajari tentang cara pengelolaannya, pemakaiannya, pemusnahannya hingga perawatan arsip yang memiliki nilai sejarah. 

Saat ini hampir setiap perusahaan milik negeri maupun swasta memiliki arsip atau dokumen yang harus dikelola dengan baik. Jadi, kamu yang tertarik di bidang ilmu perpustakaan bakal punya kesempatan besar berkarier menjadi seorang arsiparis atau document controller.

Baca Juga: Bos IDN Media Bagi-bagi Tip Sukses Berkarier, Apa Saja?

4. Database administrator

5 Prospek Karier Sarjana Ilmu Perpustakaan, Gak Cuma Jadi Pustakawan!unsplash.com/Patrick Amoy

Selain sebagai web designer, peluang lulusan sarjana ilmu perpustakaan di bidang IT adalah sebagai database administrator. Berkarier di bidang ini, kamu akan bekerja untuk mendesain, memelihara, mengelola hingga memperbaiki database perpustakaan. 

5. Dosen atau pengajar

5 Prospek Karier Sarjana Ilmu Perpustakaan, Gak Cuma Jadi Pustakawan!unsplash.com/NeONBRAND

Bagi kamu yang berminat mempelajari lebih dalam tentang jurusan ilmu perpustakaan, kami bisa menempuh karier sebagai dosen atau pengajar. Kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang magister baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tentunya, prospek karier sebagai dosen terbuka luas, dikarenakan masih minimnya tenaga pengajar bidang ilmu perpustakaan di Indonesia.

Itulah tadi 5 prospek karier lulusan sarjana ilmu perpustakaan. Ternyata begitu banyak prospek karier yang bisa ditempuh kan? So, jangan pernah berkecil hati atau merasa khawatir untuk berkuliah di jurusan ini, ya!

Baca Juga: 7 Prospek Karier Lulusan Jurusan Filsafat 

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Silahkan ambil manfaat, kebaikan & hal positif dari artikel yang saya tulis. Jika ada sesuatu yang buruk & tidak bermanfaat, saya mohon agar dimaafkan dan ditinggalkan. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You