Comscore Tracker

5 Alasan Kerja Tak Harus Sesuai Jurusan Kuliah, Tetap Bisa Sukses Kok!

So, kesempatan kerja itu sangat terbuka lebar

Bekerja adalah tujuan hampir setiap orang setelah tamat kuliah. Namun, pelamar kerja terkadang kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Sehingga, tak sedikit calon pelamar kerja terlalu lama menganggur untuk menunggu open recruitment pekerjaan yang sesuai.

Kalau pola berpikirnya seperti itu, yang ada malah kesuksesanmu bisa tertunda lebih lama. Padahal, bisa saja lho bekerja meski tak sesuai jurusan kuliah. Belum yakin? Simak yuk berikut ini lima alasannya.

1. Kamu masih bisa bekerja sesuai bakat dan minatmu

5 Alasan Kerja Tak Harus Sesuai Jurusan Kuliah, Tetap Bisa Sukses Kok!Unsplash.com/Maarten van den Heuvel

Daripada diam menunggu pembukaan lowongan pekerjaan yang sesuai jurusan kuliahmu, lebih baik sibukkan diri memikirkan potensi lain yang ada pada dirimu. Coba gali bakat dan minatmu, kembangkan agar bisa menjadi suatu pekerjaan yang menghasilkan. Misal, kamu hobi masak atau menyukai dunia kuliner, kamu bisa membuat video tutorial memasak, menulis artikel makanan, atau menerima orderan makanan pada acara-acara tertentu.

Nah, biasanya pekerjaan yang dilakukan karena bakat dan minat bisa membuat seseorang lebih semangat dan maksimal dalam bekerja. Jadi, peluang untuk lebih tekun dan fokus menggeluti bidang pekerjaan bisa lebih besar. So, kesempatan sukses juga bisa lebih terbuka lebar.

2. Banyak lowongan pekerjaan yang terbuka untuk semua jurusan

5 Alasan Kerja Tak Harus Sesuai Jurusan Kuliah, Tetap Bisa Sukses Kok!pexels.com/@burst

Tidak perlu takut punya pekerjaan yang berbeda jauh dari latar belakang pendidikanmu sebelumnya. Karena kini begitu banyak lapangan pekerjaan yang tidak memberi syarat kualifikasi pendidikan tertentu. Banyak lho pekerjaan yang terbuka untuk semua jurusan kuliah.

Nah, untuk gelar pendidikanmu tak perlu disayangkan ya. Karena kamu masih bisa mengaplikasikan pendidikanmu dulu dengan mengaitkannya pada pekerjaan yang akan kamu tekuni. Jika tidak ada kaitan yang bisa dihubungkan sama sekali, kamu masih bisa kok menggunakannya sebagai pegangan kariermu ke depannya. Jadi, tidak ada yang sia-sia dalam usaha dan niat yang baik. 

Baca Juga: 5 Alasan Tetap Bertahan Meski Salah Jurusan Bukan Pilihan yang Buruk

3. Semakin menambah wawasan dan pengalaman di bidang yang berbeda

5 Alasan Kerja Tak Harus Sesuai Jurusan Kuliah, Tetap Bisa Sukses Kok!pexels.com/@zhuhehuai

Dengan bekerja di bidang yang berbeda dari jurusan kuliah, kamu bisa lebih mengeksplorasi banyak hal. Wawasan dan pengalamanmu tak hanya terfokus pada satu bidang. Kamu bisa mencoba dan mendapatkan sesuatu hal yang baru, dari keadaan yang tidak pernah kamu peroleh sebelumnya.

Lumayan kan, kamu jadi punya banyak kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Jadi, kamu tak perlu repot berkuliah di jurusan lain, karena kamu sudah bisa belajar sekaligus bekerja di dunia kerja yang berbeda dari jalur pendidikanmu. Menarik bukan?

4. Menambah relasi pertemanan di lingkungan baru

5 Alasan Kerja Tak Harus Sesuai Jurusan Kuliah, Tetap Bisa Sukses Kok!unsplash.com/@officestock

Bekerja di lingkungan baru membuatmu bertemu orang-orang baru. Jadi, relasi pertemananmu bakal semakin meluas. Kamu tidak hanya punya teman yang itu-itu saja. Pun, kamu bisa mengenal dan memahami banyak karakter orang yang berbeda. Kamu juga bisa menggali ilmu dan pengalaman dari orang-orang baru tersebut.

Bayangkan, jika kamu bekerja di bidang yang sama seperti jurusan kuliahmu, maka kemungkinan kamu akan bertemu kembali dengan orang-orang yang sama atau satu kampus denganmu. Pun, bertemu kembali dengan orang yang memiliki kemampuan, keahlian dan pengalaman yang hampir sama sepertimu.

5. Melatih kemampuan beradaptasi di berbagai situasi

5 Alasan Kerja Tak Harus Sesuai Jurusan Kuliah, Tetap Bisa Sukses Kok!pexels.com/nappy

Memilih pekerjaan yang berbeda jauh dari jurusan kuliah sebelumnya terkadang membuat guncangan mental bagi beberapa orang. Karena, mau tidak mau seseorang harus memaksa dirinya masuk dan beradaptasi pada lingkungan baru. Tak jarang pula pada lingkungan kerja baru tersebut akan memunculkan banyak situasi dan masalah yang bermacam-macam.

So, jika kamu sudah memutuskan bekerja di bidang pekerjaan yang berbeda dari pendidikanmu, itu artinya kamu juga harus berani menjalani risiko yang akan diperoleh nantinya. Kamu harus siap untuk terus belajar dan berusaha menyesuaikan dirimu dengan dunia pekerjaan barumu.

Itulah tadi lima alasan bahwa bekerja itu tak selamanya harus sesuai jurusan kuliahmu. Meski latar belakang pendidikanmu berbeda, kamu masih bisa kok sukses dengan berbagai cara.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya