Comscore Tracker

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaan

Tetap semangat ya!

Setiap orang hidup pasti dihadapkan dengan kekecewaan salah satunya adalah kehilangan pekerjaan. Apapun alasannya kehilangan pekerjaan cukup membuat kecewa dan sedih. Padahal sudah bermimipi akan hidup mapan, beli rumah dan membangun rumah tangga tapi kenyatannya tidak sesuai bayang.

Akan memulai mencari pekerjaan baru tapi mental terasa tak punya harapan dan kepercayaan diri hilang. Jangan berlarut-larut, berikut ini adalah 10 tips agar tetap memiliki harapan dan kepercayaan diri pasca kehilangan pekerjaan dikutip dari Your Tango.

1. Berikan waktu untuk berduka

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Ivan Oboleninov

Kehilangan pekerjaan adalah sesuatu yang dapat menggoyahkan mentalmu. Pikiran negatif terkadang muncul begitu saja sehingga membuat ragu akan kemampuanmu sendiri. Saat emosi belum stabil ini beberapa orang akan langsung mencari pekerjaan baru. Itu bukanlah ide yang bagus karena akan membuatmu tak maksimal dalam mencari kerja.

Luangkan waktu beberapa hari atau minggu untuk meluapkan emosi dan terima takdir atas kehilangan pekerjaan. Beberapa orang meluapkan emosinya dengan berolahraga, mengeluarkan energi negatif agar energi positif yang tertinggal di jiwa. Jika sudah siap memulai hari baru, itu adalah pertanda kamu siap untuk pekerjaan baru.

2. Komunikasikan dengan orang-orang yang kamu cintai

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Zun Zun

Kehilangan pekerjaan bukan hal yang memalukan. Hampir setiap orang akan melewati fase tersebut jadi tidak ada salahnya bercerita kepada keluargamu. Katakan pada anak dan pasanganmu, ajarkan pada mereka untuk bangkit dan menyelesaikan masalah.

Tak usah berpura-pura berangkat kerja padahal kamu tak tahu harus ke mana. Sedikit demi sedikit perluasan lingkaran pertemanan, dengan begitu kamu akan tahu bahwa tak hanya kamu yang mengalami hal tersebut.

3. Minta bantuan

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Jopwell

Konsultasikan pada orang-orang yang pengalaman untuk hal pekerjaan. Bicarakan tentang kesesuaian pesangon dan tunjangan sebagai bekal untukmu sambil mencari pekerjaan yang lain.

Persiapan untuk mencari pekerjaan baru dengan mulai masuk pada pelatihan-pelatihan karier. Kamu juga bisa pergunakan kenalan-kenalanmu untuk mendapatkan pekerjaan baru.

4. Buat anggaran pengeluaran

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/ Pixabay

Saat sudah tenang dan permasalahan tentang tunjangan di kantor lama beres, mulailah membuat anggaran pengeluaran. Hal ini perlu diperhatikan agar situasi keuanganmu masih tetap stabil untuk beberapa bulan ke depan. Perkecil pengeluaran yang tak perlu dan mulai kreatif mengolah uang-uang dalam dompetmu.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Stres Hadapi Deadline Pekerjaan di Depan Mata

5. Luangkan waktu untuk perawatan diri

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Pixabay

Dalam masa menanti pekerjaan baru, tak ada salahnya kamu merawat dirimu lagi. Lakukan hal-hal yang tak bisa kamu lakukan saat bekerja. Nikmati tidur siang, baca buku sore hari, pijat atau spa.

Kamu bisa pergi ke dokter gigi yang telah kamu lewat bertahun-tahun karena kesibukan pekerjaanmu. Harus tetap perhatikan kesehatan fisik dan mentalmu ya. Jika merasa ada yang tak beres segera konsultasikan pada dokter.

6. Buat rutinitas harian

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/rawpixel.com

Jika kamu sudah memiliki jadwal rutinitas harian yang sehat maka kamu tak perlu lagi membuatnya. Tetap usahakan bangun pagi, makan dan olahraga seperti biasanya. Terlalu nyaman di atas kasur tak baik juga untuk kesehatan fisik dan mentalmu.

Ingatlah bahwa saat kehilangan pekerjaan adalah hanya masa transisi. Usahakan tetap bugar untuk menghadapi hari esok.

7. Refleksi dan fokus

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/bruce mars

Ambil beberapa waktu untuk menganalisa resume yang akan kamu bagikan pada perusahaan-perusahaan baru. Refleksikan beberapa tahun ke belakang untuk fokus menata pekerjaan masa depan.

Fokus pada apa yang kamu senangi, apa yang penting bagimu atau apa yang ingin kamu sumbangkan untuk pekerjaan ke depan. Ketika kamu siap dengan hal ini berarti kamu akan siap memasarkan dirimu sendiri.

8. Dapatkan beberapa perspektif

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Selama kamu bekerja, kamu akan kehilangan perspektif karena fokus pada pekerjaan. Saat kehilangan pekerjaan inilah saatnya kamu menikmati pengalaman yang berbeda. Berkelilinglah ke alam, nikmati pantai, naik gunung atau hanya berbicara dengan orang tak dikenal untuk mendapatkan banyak perspektif baru. Hal-hal baru akan membuat harimu lebih berharga dibanding merenung di kamar menyesali pekerjaanmu yang telah hilang.

9. Selalu temukan kebahagiaan

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/juan mendez

Walaupun telah kehilangan pekerjaan tapi cobalah untuk menemukan kebahagiaan. Mulailah dengan berkebun, olahraga atau bahkan bermain musik. Temukan kebahagian-kebahagiaan kecil yang ada disekitarmu dan terus berikan nilai positif dihari-harimu sambil menanti pekerjaan baru.

10. Bersikap positif

10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Pixabay

Kehilangan pekerjaan adalah bagian dari hidup. Tak perlu ada yang disesalkan atau dipikir terlalu dalam. Selalu berpikir positif bahwa itu bukanlah pekerjaan yang cocok untukmu. Selalu berpikir bahwa akan ada pekerjaan baru yang akan membawa hidup lebih bermakna dan bermanfaat. Tanamkan dalam diri sifat positif maka akan lebih mudah bersikap positif.

Itu adalah 10 tips agar tetap sehat dalam mental dan fisik menghadapi setiap perubahan dalam kehidupan. Hidup akan selalu dinamis oleh karena itu persiapkan diri untuk perubahan yang super cepat ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan 

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You