Comscore Tracker

Demi Masa Depan, 5 Pola Ini Wajib Diterapkan setelah Diterima Kerja

Kesuksesan seseorang bukan diukur dari pekerjaannya

Pengangguran yang ada di negara Indonesia sudahlah terlalu banyak untuk dihitung jumlahnya, termasuk saya sebagai pribadi. Banyak pula yang mengharapkan untuk mendapatkan pekerjaan yang enak, nyaman, layak dan salary yang memuaskan. 

Terlepas dari itu semua. Skill atau kemampuan diri sendiri tentunya harus dipertaruhkan juga, agar sepadan dengan penghasilan yang didapat. Namun, banyak orang yang salah menilai bahwa dengan bekerja kesuksesan akan selalu didapat bagi mereka. Tidak demikian, semua orang berhak kok untuk sukses. Mau yang sudah bekerja atau pun belum, tentunya ada berbagai banyak cara untuk menggapai kesuksesan itu sendiri selama dirinya masih punya niat dan berusaha keras.

Untuk mereka yang belum mendapatkan pekerjaan favoritnya, janganlah berkecil hati. Lakukanlah segala sesuatu hal positif yang menurutmu itu berguna dan ada hasilnya, seperti menjadi penulis di media website creator IDN Times ini. Namun, jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan tetap di luar sana. Ada baiknya 5 pola ini wajib diterapkan demi masa depan kamu sendiri. 

1. Pentingkan buat list kebutuhan terlebih dulu ketimbang keinginan

Demi Masa Depan, 5 Pola Ini Wajib Diterapkan setelah Diterima Kerjapixabay.com/Geralt

Kebutuhan dan keinginan tentunya merupakan sesuatu hal yang berbeda, namun jadi satu paket yang sudah tertanam di dalam diri manusia. Kamu mengerti kan maksudnya?

Nah, kebutuhan tersebutlah yang pada dasarnya harus kamu terapkan ketika sudah mendapatkan pekerjaan tetap. Kamu harus bisa mengatur segalanya yang menurut kamu itu lebih penting daripada keinginanmu.

Buatlah list daftar yang ingin kamu beli setelah gajian nanti, dan pastikan juga kamu memiliki niat agar semua usaha yang kamu lakukan berhasil. Setelah kebutuhan kamu sudah terpenuhi, barulah kamu tetapkan keinginanmu.

2. Kumpulkan uang untuk memulai investasi

Demi Masa Depan, 5 Pola Ini Wajib Diterapkan setelah Diterima Kerjapixabay.com/Alexas Fotos

Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook telah mengatakan, menciptakan lapangan kerja itu lebih baik daripada bekerja. Sebagian orang memang tidak diciptakan untuk terlahir sebagai orang kaya, namun semua itu tentunya bisa kita peroleh dengan cara bekerja keras dan tekad yang kuat.

Kalau kerja hanya sekedar kerja, kerbau di sawah juga bekerja. Kalau hidup hanya sekedar hidup, kera di rimba juga hidup. Ya, itulah ucapan dari seorang Buya Hamka.

Faktanya adalah, banyak orang yang setiap hari pergi bekerja menghabiskan waktu di luar sana, meninggalkan anak dan istri atau sanak family. Namun, penghasilan yang mereka dapatkan tidak akan berguna jika hanya digunakan sebagai patokan pertahanan hidup saja.

Itulah kenapa kamu harus mengumpulkan uang untuk memulai usaha, sebab kamu tidak selamanya bekerja dengan orang, dan suatu saat kamu akan dikeluarkan dari pekerjaan tersebut. Itu sudah pasti.

3. Bekerja bukan hanya mencari uang, pengalaman juga perlu dicari

Demi Masa Depan, 5 Pola Ini Wajib Diterapkan setelah Diterima Kerjamagazine.job-like.com

Mumpung masih muda nyari pengalaman sebanyak-banyaknya. Ucapan tersebut memang benar. Sebab, semakin banyak pengalaman maka semakin banyak pula relasi dari orang. Selain itu, untuk mendapatkan pekerjaan yang tetap dan enak selain skill yang jadi acuan utama tentunya juga pendidikan harus tinggi. Lalu bagaimana untuk orang yang hanya lulusan SMA?

Sudah dijelaskan di poin kedua. Pentingnya untuk memulai investasi adalah, selain untuk usaha tentunya juga berguna sebagai pegangan di hari tua nanti ketika kamu sudah tidak bekerja, atau pensiun.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Sulit Mendapat Kepercayaan dari Orang Lain

4. Tetapkan mimpimu ingin menjadi seperti apa?

Demi Masa Depan, 5 Pola Ini Wajib Diterapkan setelah Diterima Kerjapixabay.com/Free Photos

Setelah kebutuhan dan uang tercukupi, sekarang kamu akan mudah untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita besarmu. Entah kamu ingin menjadi seorang IT, seorang designer, mendirikan sebuah startup atau menjadi apa pun yang selama ini sudah kamu impikan. Saatnya untuk bersaing, menjadi pemimpin muda untuk Negara Indonesia.

Jangan takut untuk memiliki mimpi besar. Selama kamu masih punya usaha dan berani mencoba, kamu akan selalu menemukan jalan yang diberikan oleh Tuhan.

5. Setelah sukses, jangan lupa dengan orang yang sudah membantumu selama ini

Demi Masa Depan, 5 Pola Ini Wajib Diterapkan setelah Diterima Kerjapixabay.com/Stock Snap

Mustahil orang bisa sukses dengan sendirinya. Di balik kesuksesannya tentu ada orang lain yang mendorong dan memotivasi kita untuk melangkah kedepan. Oleh sebab itu, jika kita sudah menjadi orang yang berhasil. Ingatlah mereka semua, berterima kasihlah dan jangan lupa untuk selalu bersyukur. Ingat! Di atas langit masih ada langit.

Itulah 5 pola yang wajib diterapkan setelah kamu diterima kerja. Semoga ini memotivasi kita semua untuk melanjutkan perjalanan hidup yang lebih baik. Salam sukses bagi yang membaca, terima kasih semoga kita bisa berjumpa lagi di artikel yang akan datang.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerja

Def Photo Writer Def

“It's not about how much we lost. It's about how much we have left.” -Tony Stark

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya