Comscore Tracker

5 Cara Berpenampilan Bak Profesional yang Ampuh Menunjang Kariermu

Dalam bekerja, penampilan juga sangat penting lho!

Penampilan merupakan salah satu kunci yang menunjang kelancaran aktivitas, termasuk karier. Untuk menciptakan kesan profesional, Mita Hutagalung selaku CEO dan Founder clothing fashion ByArra memberikan tipsnya dalam konferensi pers bertajuk Dress for Success yang diselenggarakan oleh Wings Group pada Sabtu (14/12) lalu.

Penasaran? Simak cara berpenampilan bak profesional yang ampuh menunjang kariermu berikut.

1. Outfit yang kamu kenakan adalah pakaian formal atau semi-formal yang mencirikan keprofesionalitasan

5 Cara Berpenampilan Bak Profesional yang Ampuh Menunjang KariermuSalah satu model peragaan busana profesional look dalam event press conference bertajuk "Dress for Success" yang diselenggarakan oleh Wings Group. 14 Desember 2019. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Tips pertama yang diberikan Mita Hutagalung adalah dengan mengenakan pakaian formal atau semi-formal. Pasalnya, jenis outfit yang satu ini mencirikan seorang pekerja profesional yang rapi dan elegan. Kamu bisa memadukan pakaian formal yang dipunya sehingga muncul ciri identik pekerja profesional berdasarkan gayamu sendiri.

2. Usahakan outfit yang dikenakan, sudah disetrika dengan baik dan bersih dari kotoran

5 Cara Berpenampilan Bak Profesional yang Ampuh Menunjang KariermuDok. Wings Group

Tidak hanya berpenampilan layaknya seorang profesional, memakai pakaian yang rapi dan bersih sudah jadi hal yang wajib bagi siapa pun dan dalam keadaan apa pun. Jadi, perhatikan pakaian yang kamu kenakan sebelum bepergian ya!

3. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak wangi

5 Cara Berpenampilan Bak Profesional yang Ampuh Menunjang KariermuMita Hutagalung, Meliana Widodo, dan Ivy Batuta berfoto bersama sambil memegang Pink Satin Black Special Edition dari Royale Parfum Series by So Klin. 14 Desember 2019. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Terkadang, kamu ingin tubuh dan pakaian beraroma harum sepanjang hari. Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan memakai minyak wangi secara berlebih dan disemprotkan mulai dari pagi hingga malam hari.

Sayangnya, wangi parfum yang menyengat justru bisa membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman. Jika kamu orang yang seperti itu, sebaiknya segera hentikan hal tersebut!

Beralihlah pada Pink Satin Black Special Edition dari Royale Parfum Series by So Klin, sehingga kamu bisa tetap wangi sepanjang hari tanpa minyak wangi. Varian terbaru Royale yang terinspirasi dari bunga sakura ini, memberikan kelembutan yang menyegarkan.

Dipadu dengan pink rose dan sweet jasmine, Pink Satin Black Special Edition menciptakan wangi yang elegan dan mewah pada pakaian. "Kalau wanginya enak, kepercayaan diri kita sebagai wanita karier juga akan meningkat, bukan? Jadi, setiap aktivitas dan momen pekerjaanmu akan lebih terasa berkesan," ujar Mita lagi.

Baca Juga: 5 Zodiak Cewek Ini Pede Abis Meski Cuek dan Apa Adanya Soal Penampilan

4. Gunakan aksesoris yang sederhana dan sesuai dengan outfit yang dikenakan

5 Cara Berpenampilan Bak Profesional yang Ampuh Menunjang KariermuMita Hutagalung berfoto bersama para model peragaan busana profesional look. 14 Desember 2019. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Salah satu tips yang diberikan oleh Mita adalah memilih aksesoris yang cocok dan sesuai dengan outfit yang ingin kamu kenakan. "Choose accessories that compliment your clothes," ucapnya.

Ia juga menyarankan agar tak terlalu banyak menggunakan aksesoris agar tidak terkesan berlebihan. "Kenakan salah satu di antara jam tangan, gelang, kalung, atau anting saja sebenarnya sudah cukup," terangnya.

5. Aplikasikan natural look makeup

5 Cara Berpenampilan Bak Profesional yang Ampuh Menunjang KariermuSalah satu model peragaan busana profesional look dalam event press conference bertajuk "Dress for Success" yang diselenggarakan oleh Wings Group. 14 Desember 2019. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Selain pakaian yang dikenakan, makeup juga sangat penting untuk mendukung penampilan yang profesional. Oleh karenanya, Mita menyarankan untuk mengaplikasikan natural look makeup. "Dengan makeup yang simple, kamu bisa kelihatan lebih fresh, bersih, dan gak lebay," katanya.

Untuk menambahkan kesan natural, kamu bisa membiarkan rambut tergerai atau diikat ke atas saja. Dengan demikian, kamu akan terlihat sederhana dan rapi.

Demikianlah tips berpenampilan bak profesional yang ampuh menunjang kariermu. Pada dasarnya, fashion adalah caramu mengekspresikan diri. Tampilan profesional pun demikian. Intinya, kamu hanya perlu mengenakan pakaian yang nyaman, rapi, wangi, bersih, sesuai dengan konteks pekerjaan, dan percaya diri.

Baca Juga: 5 Detail Penampilan yang Membentuk Kesan Pertama pada Orang Lain

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Just For You