Comscore Tracker

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu Cepat

Harus bisa jadi team player!

Ketika mengawali karier, beberapa orang mungkin masih bersikap idealis dengan memilih pekerjaan yang hanya sesuai dengan passion mereka. Namun, ketika gak kunjung mendapat tawaran kerja dari pekerjaan yang dipilih, akhirnya beberapa pencari kerja pun mulai menerima pekerjaan apa saja yang bisa mereka dapatkan.

Di tahap apa pun itu, bukan gak yang mustahil untuk terus meningkatkan karier walau awalnya gak selancar harapan. Dalam rilis yang diterima IDN Times, JobStreet.com berbagi 7 cara pasti untuk meningkatkan karier yang dapat membantu para pencari kerja dalam perjalanan karier mereka. Yuk, simak!

1. Harus punya rencana

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu CepatIlustrasi memikirkan rencana karier (pexels/startup-stock-photos)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki rencana karier yang jelas. Namun, jika kamu gagal untuk merencanakan masa depanmu sendiri, itu artinya kamu memang berencana untuk gagal.

Pembicara motivasi dan pelatih kehidupan, Anthony Robbins, mengatakan, "Jika kamu gak memiliki rencana sendiri, orang lain akan membuatmu masuk ke dalam rencana mereka." Selain itu, dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People, Stephen Covey bahkan mengatakan, "Jika kamu gak menetapkan tujuan berdasarkan misimu, kamu mungkin akan mendaki tangga kesuksesan hanya untuk menyadari bahwa kamu berada di BANGUNAN YANG SALAH ketika sampai di puncak".

2. Ketahui dan pelajari budaya perusahaanmu

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu CepatIlustrasi melakukan riset perusahaan sebelum mengirimkan lamaran kerja (pixabay.com/StockSnap)

Budaya perusahaan adalah tradisi, adat, dan cara kerja dalam perusahaan. Budaya perusahaan bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Mulai dari bahasa, tradisi, hingga perilaku para pekerjanya. Budaya ini mencakup segala sesuatu dari pakaian (formal, smart casual) dan bagaimana komunikasi di dalam perusahaan tersebut.

3. Follow up dan follow through

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu CepatIlustrasi fokus bekerja (unsplash.com/Annie Spratt)

Mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang dapat diandalkan merupakan salah satu keuntungan dalam meniti karier. Pasalnya, menjadi orang yang efisien berguna untuk meyakinkan rekan dan atasan jika mereka dapat mengandalkanmu.

Jangan hanya menyelesaikan pekerjaan saja, tetapi lakukan semuanya tepat waktu, sesuai anggaran, dan dengan tepat. Selalu perhatikan segala sesuatu, baik itu tugas yang diberikan atau hal yang kamu lakukan secara sukarela.

4. Kuasai kemampuan public speaking

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu CepatIlustrasi orang dengan kemampuan public speaking (pexels.com/Mentatdgt)

Dengan menguasai kemampuan public speaking, kamu akan terdengar cerdas ketika berbicara. Mulai dari basa-basi di sebuah acara networking, hingga membuat presentasi bisnis. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan penting untuk berhasil dalam lingkungan perusahaan.

Jika kamu merasa gak nyaman berbicara di depan umum, cobalah untuk mengambil kelas public speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kemampuan untuk mempresentasikan ide secara efektif akan memberikan nilai tambah yang luar biasa.

Baca Juga: 8 Tanda Nyata Kamu Sudah Siap Pindah Karier

5. Jadi team player

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu CepatIlustrasi bekerja secara tim (pixabay.com/Malachi Witt)

Dalam bisnis apa pun dibutuhkan sebuah kerja sama tim yang baik. Untuk mencapai dan melampaui tujuan perusahaan, kamu membutuhkan semua orang yang mampu bekerja sama sebagai sebuah tim.

Menjadi bagian dari sebuah tim bukan berarti bahwa kamu gak bisa bersinar. Ini hanya berarti jika kamu harus siap untuk menyesuaikan diri dengan model tim yang ada demi mendukung rekan lain.

6. Jadi orang yang penuh wawasan

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu CepatIlustrasi fokus dalam bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu berada di pekerjaan yang kamu pegang saat ini karena kamu adalah orang yang ahli di bidang tersebut. Meski begitu, coba pelajari peran dan tanggung jawab dari departemen lain.

Misalnya, jika kamu berada di divisi komunikasi, belajar jugalah tentang keuangan perusahaan. Dengan memiliki keterampilan dan keahlian melampaui pekerjaan saat ini, kamu gak hanya akan menjadi karyawan yang berharga, tetapi layak untuk dipromosikan.

7. Ketahui kondisi keuangan perusahaan

7 Cara Efektif Meningkatkan Karier dalam Waktu CepatIlustrasi orang kerja (unsplash.com/Bruce Mars)

Semua perusahaan membangun bisnisnya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Jika kondisi perusahaan gak baik, begitu juga dirimu. Kesuksesan perusahaan akan berdampak kepada dirimu dalam bentuk kenaikan gaji, bonus, dan promosi.

Segala sesuatu yang kamu lakukan untuk pekerjaan, harus ditanggapi sebagai kontribusi terhadap perusahaan, atau ekuitas. Jangan malu untuk berbagi ide-ide dan mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang selalu memikirkan cara dan memberikan ide untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Itu dia cara efektif untuk meningkatkan karier dalam waktu cepat menurut JobStreet.com. Semoga bisa membantumu dalam meniti karier, ya!

Baca Juga: 5 Tips untuk Membuat Karier dan Kinerjamu Makin Menanjak

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya