Comscore Tracker

5 Cara Bertahan Hidup & Mencapai Kesuksesan di Jakarta Versi Tina Toon

Intinya harus banyak bersyukur!

Dalam peluncuran novel bergenre fiksi metropop berjudul "Jakartaholic" yang ditulis oleh Dita Soedarjo di GIOI Menteng pada Senin (24/2), turut hadir pula sahabat akrab Dita, Tina Toon.

Perempuan yang kini jadi politisi itu, menjadi salah satu pembicara dalam diskusi mengenai novel yang menceritakan tentang kehidupan di Jakarta tersebut. Tina pun membagikan cara bertahan hidup dan mencapai kesuksesan di Jakarta. 

1. Jadi diri kamu sendiri dalam keadaan apa pun dan di mana pun

5 Cara Bertahan Hidup & Mencapai Kesuksesan di Jakarta Versi Tina ToonTina Toon, Zivanna Letisha, dan Dita Soedarjo dalam acara peluncuran novel berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Menurut Tina, cara paling mudah untuk dapat bertahan di kota yang memiliki stigma keras ini, adalah dengan menjadi diri sendiri. Jangan sampai kamu ikut terseret dalam gaya hidup yang nyatanya tidak bisa kamu penuhi.

Jika demikian, maka kamu justru akan sangat menyesal di kemudian hari. Bahkan, kamu akan jauh dari kata sukses di Jakarta.

"Kenyataannya, di Jakarta banyak banget yang ingin mengejar status sosialita. Padahal, rezeki orang kan beda-beda. Dari banyaknya keinginan tersebut, akhirnya membuat dia rela melakukan hal apa pun, termasuk yang dilarang. Oleh karena itu, lebih baik jadi diri sendiri saja," kata Tina.

2. Ambil hal yang positif dari segala hal yang terjadi

5 Cara Bertahan Hidup & Mencapai Kesuksesan di Jakarta Versi Tina ToonTina Toon, Zivanna Letisha, dan Dita Soedarjo dalam acara peluncuran novel berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Sama halnya dengan cerita di novel Jakartaholic, Tina mengatakan untuk mengambil sisi positif dari setiap kisah yang ada. Sebab, setiap cerita pasti ada dua sisi yang berbeda. Karena itu, jangan sampai kamu terlalu hanyut dalam opini orang lain dan media sosial.

"Ambil sisi positif dari setiap kejadian yang ada. Baik itu kisah kamu sendiri ataupun kisah orang lain. Misalnya, untuk tampil keren harus meminjam barang-orang lain. Kan sebenarnya itu gak penting. Oleh karena itu, jangan sampai kamu terlalu mendengarkan opini orang lain, terlebih di media sosial," tuturnya.

3. Rencanakan tujuan hidupmu dengan jelas

5 Cara Bertahan Hidup & Mencapai Kesuksesan di Jakarta Versi Tina Tooninstagram.com/tinatoon101

Poin ketiga ini adalah poin terpenting. Sebab, jika kamu tidak memiliki tujuan hidup yang jelas, maka kamu tidak akan bisa mencapai kesuksesan di Jakarta. Namun, dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu bisa lebih berjuang untuk menggapai tujuan tersebut. 

"Punya tujuan hidup yang jelas itu penting. Jadi, kalau nanti ada yang mau ajak have fun, ya kamu bisa sadar bahwa itu hanya untuk senang-senang saja. Jangan sampai hanyut dalam hal tersebut dan menjadikannya sebagai prioritas. Sebab, prioritasmu adalah mewujudkan tujuan yang kamu punya, kan?," jelas perempuan berusia 26 tahun itu.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Sedang Berada di Puncak Kesuksesan

4. Hilangkan rasa insecure yang kamu miliki

5 Cara Bertahan Hidup & Mencapai Kesuksesan di Jakarta Versi Tina ToonTina Toon, Zivanna Letisha, dan Dita Soedarjo dalam acara peluncuran novel berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Beberapa orang pasti memiliki rasa insecure di dalam dirinya. Akan tetapi, menurut Tina, untuk bisa sukses di Jakarta, kamu harus memiliki mental orang yang sukses juga. Artinya, kamu harus menghadapi rasa insecure tersebut.

Perempuan yang populer lewat lagu Bolo-Bolo ini, menekankan bahwa kamu harus memiliki rasa percaya terhadap diri sendiri yang lebih besar. Salah satu caranya adalah dengan selalu bersyukur terhadap hal-hal yang kamu miliki.

5. Terus bersyukur dengan apa pun yang terjadi pada dirimu

5 Cara Bertahan Hidup & Mencapai Kesuksesan di Jakarta Versi Tina ToonSesi foto bersama antara DIta Soedarjo dan Tamu VIP dalam acara peluncuran novelnya yang berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Bagi Tina, bersyukur merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk sukses. Dengan bersyukur, kamu bisa jadi pribadi yang positif.

Terlebih, dengan banyaknya persepsi masyarakat terhadap kehidupan di Jakarta, bersyukur bisa jadi pilihan yang tepat agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah.

"Banyak sekali momen atau peristiwa yang bisa terjadi di Jakarta. Agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah, intinya kamu harus terus bersyukur dengan keadaan kamu sekarang. Bagaimanapun itu, cobalah untuk membuat hidupmu lebih berarti dan berguna. Jangan malah ikut menjatuhkan orang lain agar dirimu terlihat bersinar. Harus lebih bersyukur lagi pokoknya," tutupnya..

Untuk bisa sukses di Jakarta, memang tidak mudah. Akan tetapi, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang dilakukan Tina Toon tersebut, lho.

Baca Juga: Jangan Marah, Begini Cara Mengatasi Cemburu Melihat Kesuksesan Teman

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya