Comscore Tracker

5 Cara Efisien Jaga Motivasi Kerja, Performa Bisa Maksimal!

Disampaikan langsung oleh ahlinya

Lingkungan kerja yang ideal dan karyawan dengan performa maksimal, tak hanya mendatangkan keuntungan yang optimal, tetapi juga reputasi perusahaan yang menanjak. Ini mengingat karyawan yang bahagia dan bersemangat tentu akan menyebarkan cerita positif ke orang sekitarnya. 

Motivasi kerjalah yang penting dimiliki agar karyawan dapat berkontribusi secara optimal dalam peningkatan kinerja bisnis perusahaan. Meski demikian, menjaga semangat dan motivasi karyawan merupakan tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. 

Lead Advisor People and Culture of Sampingan, startup yang menyediakan platform tenaga kerja inklusif, Tengku Omar mengatakan setidaknya ada lima hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga semangat dan motivasi karyawan agar menghasilkan kinerja yang berkualitas. Dilansir Sampingan, berikut ulasan lengkapnya.

1. Menetapkan target yang jelas

5 Cara Efisien Jaga Motivasi Kerja, Performa Bisa Maksimal!ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menurut Omar, untuk bisa termotivasi, seorang karyawan pada dasarnya memerlukan target pekerjaan yang jelas. Dengan begitu, cara kerja mereka akan lebih terukur dan terarah. 

Selain itu, secara psikologis, karyawan juga merasa senang bila pekerjaannya memiliki target jangka pendek. Oleh karena itu, penentuan target juga menjadi salah satu indikator penting bagi peningkatan kinerja karyawan.

“Penentuan target juga dapat dikelompokkan menjadi target jangka pendek dan jangka panjang. Secara psikologis, karyawan merasa senang saat menyelesaikan target jangka pendek dan akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih besar,” katanya.

2. Apresiasi kinerja karyawan

5 Cara Efisien Jaga Motivasi Kerja, Performa Bisa Maksimal!ilustrasi bekerja (pexels.com/Martine Savard)

Karyawan juga butuh merasa diapresiasi usai menyelesaikan pekerjaannya. Namun, apresiasi ini gak melulu soal gaji, tetapi bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya adalah dengan memberikan pujian. 

"Pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri karyawan dan membuat mereka merasa jika pekerjaan yang dikerjakannya selama ini berharga dan bermanfaat bagi perusahaan. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan semangat dan motivasi kerja," terangnya.

“Di Sampingan, kami memiliki program bernama monthly heroes di mana setiap bulannya kami mengumumkan karyawan-karyawan dengan kinerja terbaik dari masing-masing divisi ke seluruh anggota perusahaan lewat forum town hall," imbuh Omar.

3. Tekankan pada kerja tim

5 Cara Efisien Jaga Motivasi Kerja, Performa Bisa Maksimal!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/ThisIsEngineering)

Memiliki target secara individu memang penting. Akan tetapi, jika ada suatu pekerjaan yang besar, gak ada salahnya untuk bekerja sama di dalam tim, bukan?

Oleh karenanya, perusahaan dalam hal ini juga harus menekankan pentingnya kerja sama untuk mencapai hasil yang lebih besar. Gak hanya itu, bekerja bersama dengan tim dapat meringankan beban dan menambah semangat karena ada tanggung jawab yang dipikul bersama.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama, Jaga Emosimu!

4. Pastikan kesejahteraan karyawan terjamin

5 Cara Efisien Jaga Motivasi Kerja, Performa Bisa Maksimal!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Faktor penting dalam menciptakan semangat dan motivasi kerja adalah kesejahteraan. Omar mengatakan bila perusahaan harus memastikan bahwa karyawan telah bekerja di tempat yang terbaik dengan cara memastikan bahwa segala kebutuhannya terpenuhi.

Dengan begitu, karyawan dapat memaksimalkan kinerjanya menggunakan fasilitas yang telah disiapkan oleh perusahaan. "Di Sampingan sendiri, kami memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang kinerja karyawan seperti tools untuk mempermudah pengajuan cuti dan absensi, tools untuk berkomunikasi, aset untuk bekerja seperti laptop hingga tunjangan khusus untuk self development,” jelasnya.

5. Tawarkan jenjang karier

5 Cara Efisien Jaga Motivasi Kerja, Performa Bisa Maksimal!ilustrasi orang bekerja (unsplash.com/Leon)

Hal terakhir yang gak kalah penting untuk menjaga semangat dan motivasi kerja karyawan adalah menetapkan jenjang karier yang jelas. Tentu gak ada orang yang ingin mandek dalam satu level saja dalam meniti karier.

Maka dari itu, dengan memberi jenjang karier yang jelas, karyawan pun akan termotivasi untuk terus bekerja guna meniti tangga karier yang lebih baik. Ini juga akan mendukung kinerja mereka secara maksimal dan memberi dampak positif bagi perusahaan.

Itu dia beberapa cara efisien untuk menjaga motivasi kerja karyawan. Semoga dengan informasi ini, ke depannya akan ada banyak perusahaan yang lebih peka dengan kesejahteraan para karyawan.

Baca Juga: 5 Sikap Mengesankan yang Perlu Ditunjukkan di Hari Pertama Masuk Kerja

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya