Comscore Tracker

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!

Kamu wajib tahu!

Melamar pekerjaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Dalam momen tersebut, kamu bukanlah satu-satunya kandidat yang melamar pekerjaan di perusahaan itu.

Oleh karenanya, sangat penting bagimu untuk membuat HRD terkesan sehingga mempertimbangkan dirimu sebagai kandidat yang terbaik. Untuk itu, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau pekerjaan kamu sebelumnya

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!Pexels/mentatdtg

Memilih pekerjaan yang sama dengan kemampuan yang dimiliki atau bidang pekerjaan kamu sebelumnya, bisa jadi nilai plus yang dilihat oleh HRD. Selain itu, kamu bisa menggunakan pengalaman kerja yang dimiliki untuk meningkatkan nilai tawar.

Selain itu, bagi seorang freshgradute, kamu bisa menguatkan dirimu dengan portofolio yang menarik.

2. Menggunakan foto diri yang profesional pada CV

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!Freepik/freepik

Hal yang satu ini mungkin terkesan sepele. Namun, foto yang terkesan tidak profesional, bisa saja membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrut kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan foto yang tampak profesional dalam CV.

3. Membuat cover letter yang baik

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!Unsplash/kaitlynbaker

Meski tak semua perusahaan mengharuskan pelamar menyertakan cover letter, akan tetapi ini bisa jadi nilai plus bagimu. Cover letter yang baik tak hanya menjelaskan dirimu saja. Kamu perlu menyertakan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

4. Menyajikan portofolio yang menarik

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!freepik/ijeab

Portofolio yang bagus dan menarik, secara tidak langsung menjadi sarana yang bisa membuat perusahaan sadar bahwa kamu memiliki pengalaman dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Agar portofolio menarik di mata HRD, jangan lupa untuk mencantumkan semua hasil proyek yang telah kamu kerjakan.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Cari Tahu Sebelum Melamar Kerja ke Perusahaan

5. Mempercantik tampilan media sosial

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!pixabay/Eric_Lucatero

Media sosial dipercaya dapat menunjukkan kepribadian seseorang. Oleh karenanya, di era digital seperti sekarang, beberapa HRD menjadikan media sosial sebagai penilaian yang penting. Untuk itu, cobalah untuk mempercantik media sosial yang kamu miliki sebelum melamar pekerjaan!

6. Memahami nilai-nilai perusahaan dengan baik

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!unsplash/Christina

Jika kamu mendapatkan undangan untuk interview, segera lakukan riset kecil mengenai perusahaan tersebut! Sehingga, kamu bisa tahu seperti apa perusahaan tersebut, bagaimana model bisnis yang dijalankan, serta nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan. Biasanya, HRD sangat mempertimbangkan orang-orang yang sangat memahami nilai-nilai perusahaan mereka.

7. Tidak berganti pekerjaan terlalu sering

7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!pinterest/rawpixel.com

Jika kamu bekerja dalam waktu yang cukup lama di suatu perusahaan, HRD bisa melihat loyalitasmu dalam posisi tertentu. Ini jadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan untuk merekrutmu. Oleh karenanya, jika kamu sering melakukan job hopping atau berganti-ganti pekerjaan, berhentilah mulai dari sekarang.

Itu dia 7 cara melamar pekerjaan yang bisa membuat HRD terkesan. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, ya!

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Melamar Pekerjaan yang Harus Kamu Berhenti Percayai!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya