Comscore Tracker

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara Kerja

Bisa langsung ditolak!

Wawancara kerja merupakan tahap yang harus kamu lalui sebelum mendapat pekerjaan. Dalam tahap ini, kamu punya kesempatan untuk memberikan alasan kenapa harus dipertimbangkan untuk bekerja di perusahaan tersebut dibanding dengan kandidat lainnya.

Oleh karena itu, jangan hancurkan kesempatan tersebut! Hal ini sebaiknya tidak kamu katakan saat sedang wawancara kerja.

1. "Saya gugup sekali!"

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara Kerjaunsplash/@wocintechchat

Meskipun kamu tidak siap menghadapi wawancara, sebaiknya jangan katakan hal ini. Pihak perusahaan yang akan mewawancaraimu, akan berpikir jika kamu tidak bisa dihadapkan oleh hal yang lebih sulit dan menantang. Berusahalah tenang dan percaya diri!

2. "Ini perusahaan apa ya?"

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara Kerjareesmarx.com

Sebelum wawancara, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan yang kamu lamar. Jangan sampai kamu tidak tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa dan posisi apa yang dibutuhkan. Hal itu membuatmu seolah meremehkan perusahaan.

3. "Semuanya sudah ada di dalam CV saya."

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara KerjaUnsplash/Amy Hirschi

Meskipun semua hal yang berkaitan denganmu sudah tersedia di dalam CV, akan tetapi undangan wawancara pada dasarnya adalah momen di mana pihak perusahaan melihat bagaimana pembawaan dirimu ketika berbicara.

Oleh karena itu, jadikan kesempatan tersebut untuk bercerita tentang siapa kamu dan hal-hal bagus yang kamu sebutkan di CV. Jangan malah menyebutkan jika semuanya sudah ada di dalam CV, ya!

4. "Perusahaan terakhir tempat saya bekerja tidak bagus!"

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara KerjaTim Gouw/Unsplash

Kalau ditanya alasan meninggalkan kantor lama, sebaiknya jelaskan dengan hal-hal yang netral saja. Seperti, ingin mencari pengalaman dan pengetahuan baru. Jangan sampai kamu menjelekkan perusahaan yang menjadi tempat kamu bekerja sebelumnya!

Baca Juga: 5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara Kerja

5. "Wah, saya tidak tahu!"

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara Kerjaunsplash/Amy Hirschi

Kerap kali, ada pertanyaan yang tak bisa kamu jawab. Jika dihadapkan pada momen ini, hindari mengatakan 'tidak tahu'. Ganti dengan jawaban yang lebih diplomatis. Misalnya, "saya kurang yakin dengan jawabannya. Setelah ini, akan saya cari tahu langsung."

6. "Salah satu kelemahan saya adalah perfeksionis."

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara KerjaPixabay/Nastya_gepp

Mengatakan bahwa kelemahan kamu adalah perfeksionis itu, sama saja dengan menyatakan jika kamu tidak memiliki kelemahan sama sekali. Jadi, coba pikirkan dengan tulus dan jujur satu kelemahanmu dengan solusi untuk mengatasinya.

7. "Saya bisa bekerja di bidang apa pun."

7 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Saat Sedang Wawancara Kerjaunsplash/Van Tay Media

Mengatakan hal ini justru bisa memperlihatkan bahwa kamu tidak terlalu peduli dengan apa yang akan kamu kerjakan nantinya. Oleh karena itu, sebaiknya katakan bahwa kamu memiliki kemauan untuk belajar dan cepat beradaptasi jika ada tugas lain.

Wawancara kerja adalah tahap yang cukup menentukan agar kamu benar-benar menjadi seorang karyawan. Jadi, jangan pernah mengucapkan beberapa hal di atas jika tidak ingin kesempatan itu terbuang sia-sia.

Baca Juga: 5 Gestur Tubuh yang Patut Dihindari Saat Wawancara Kerja, Sudah Tahu?

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya