Comscore Tracker

5 Ilmu Digital yang Patut Kamu Pelajari Jika Ingin Sukses di 2020

Wajib tahu!

Di tahun 2020 ini terdapat beberapa perusahaan yang mulai meningkatkan kinerjanya atau bahkan profitnya dengan memanfaatkan aspek digital. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari kemampuan di bidang digital atau teknologi agar bisa semakin sukses di dunia kerja. Nah, kira-kira apa saja ya kemampuan yang harus dipelajari? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Artificial intelligent

5 Ilmu Digital yang Patut Kamu Pelajari Jika Ingin Sukses di 2020unsplash/Franck V.

Artificial intelligent atau yang biasa disingkat dengan AI merupakan suatu kecerdasan buatan yang bisa menafsirkan data eksternal secara tepat. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian akan digunakan sebagai pembelajaran untuk beradaptasi dalam tugas tertentu dan bisa mencapai tujuan.

Selain itu, AI ini bisa juga digunakan untuk memprogram suatu program komputer untuk sehingga dapat bekerja secara otomatis. Misalnya, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara, dan wajah.

2. Social media marketing

5 Ilmu Digital yang Patut Kamu Pelajari Jika Ingin Sukses di 2020unsplash/austindistel

Ilmu yang satu ini pada dasarnya tidak hanya mempelajari tentang bagaimana cara berjualan secara online saja. Melainkan juga strategi marketing dan analisa tren untuk menentukan kebiasaan dari pelanggan sehingga pemasaran yang kamu lakukan dapat berjalan lebih efektif. Dengan pesatnya perkembangan media sosial saat ini, kemampuan social media marketing tentu sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

3. Software development

5 Ilmu Digital yang Patut Kamu Pelajari Jika Ingin Sukses di 2020pexels/@Christina Morillo

Era digital saat ini juga berpengaruh pada sistem perusahaan, di mana beberapa di antara menjadi lebih fokus terhadap peningkatan perangkat lunak mereka. Seperti, munculnya e-commerce, marketplace, m-banking, dan berbagai aplikasi lainnya.

Nah, untuk mendukung hal tersebut, jelas dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan software yang mereka miliki. Oleh karena itu, mempelajari software development merupakan salah satu hal yang patut kamu pertimbangkan.

Baca Juga: 9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!

4. UI/UX design

5 Ilmu Digital yang Patut Kamu Pelajari Jika Ingin Sukses di 2020unsplash/Per Lööv

Kamu pasti pernah mendengar tentang pekerjaan sebagai UI/UX designer, kan? Nah, kedua profesi ini sebenarnya dilandasi oleh dua kemampuan yang berbeda, lho. UI merupakan kemampuan yang berhubungan dengan wujud tampilan yang sering kamu temui dalam sebuah aplikasi, berupa font, warna, bentuk ruang, dan tata letak dari berbagai item yang ada.

Sedangkan UX adalah suatu kemampuan untuk mengetahui kebiasaan orang lain dalam menggunakan suatu aplikasi. Sehingga, aplikasi yang nantinya dibuat oleh UI akan nyaman digunakan oleh penggunanya.

5. Data analytics

5 Ilmu Digital yang Patut Kamu Pelajari Jika Ingin Sukses di 2020unsplash/Campaign Creators

Data analytics adalah sebuah kemampuan untuk menganalisa data yang kamu miliki untuk mendapatkan suatu kesimpulan tertentu. Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan, efisiensi operasional, pengoptimalan program marketing, dan merespons cepat tren yang ada di pasar. Dengan kata lain, data analytics sangat berguna dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa ilmu dalam bidang digital yang patut dipelajari agar kamu bisa segera sukses di tahun 2020. Nah, selain dengan menempuh studi, kemampuan-kemampuan di atas juga bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus, lho. 

Baca Juga: Cari Tahu Apakah Kamu Punya Kemampuan Cenayang!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya