Comscore Tracker

5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa Inggris

Butuh persiapan yang matang!

Jika kamu tidak menguasai Bahasa Inggris dengan baik, interview kerja dalam Bahasa Inggris bisa saja menjadi sangat menakutkan. Namun, perlu kamu tahu bahwa perekrut biasanya melakukan ini karena mereka ingin mengetahui sejauh mana penguasaanmu terhadap bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.

Nah, agar kamu dapat melewatinya dengan lancar, cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini agar dirimu lebih siap menghadapi wawancara kerja tersebut.

1. Mempersiapkan pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam Bahasa Inggris

5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa Inggrispexels/@vlada-karpovich

Setelah menerima jadwal interview, sebaiknya kamu segera membuat daftar pertanyaan beserta jawaban yang umum ditanyakan oleh HR dalam Bahasa Inggris. Nah, usahakan jawaban yang kamu berikan menggunakan Bahasa Inggris formal, singkat, padat, dan jelas.

2. Belajar pengucapan dan aksen yang baik

5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa InggrisPexels/Craig Adderley

Pelafalan dalam Bahasa Inggris merupakan salah satu penilaian interview kerja yang sangat penting. Sebab, agar perekrut dapat memahami betul apa yang ingin disampaikan kamu harus mengatakannya dengan jelas, baik dari intonasi maupun artikulasi. Oleh karena itu, jangan lupa berlatih pengucapan kata yang benar, ya!

3. Berlatih memahami tata bahasa dalam Bahasa Inggris

5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa InggrisPixabay/silviarita

Aturan tata bahasa yang biasa digunakan pada saat interview kerja dalam Bahasa Inggris adalah penggunaan kata yang tepat, seperti conditional tense, simple past tense, dan present tense. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyusun kata-kata yang ingin kamu sampaikan secara formal dan sesuai dengan tata bahasa yang berlaku.

Baca Juga: 6 Pertanyaan Jebakan HRD saat Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

4. Memanfaatkan komunikasi non verbal

5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa InggrisPexels/nappy

Jika kamu memang tidak lancar dalam berbahasa Inggris, cobalah untuk jujur pada pihak perekrut. Dengan begitu, mereka bisa memberikan nilai yang positif terhadap usaha yang kamu lakukan. Selain itu, dalam proses interview kamu juga bisa memanfaatkan komunikasi non verbal untuk menyampaikan pesan yang ingin kamu ucapkan.

5. Mendengarkan dengan cermat pertanyaan yang diajukan sebelum menjawabnya

5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa Inggrisunsplash/Christina

Unsur terpenting dalam interview menggunakan Bahasa Inggris adalah fokus, konsentrasi, dan tidak gugup. Selain itu, kamu juga harus mendengarkan setiap pertanyaan dengan hati-hati sebelum menjawab. Tangkap kata kunci yang kamu pahami dan jangan sungkan untuk meminta mengulangi pertanyaan interview jika memang tidak terlalu jelas bagimu.

Itu dia lima kiat jitu agar kamu dapat sukses menjalankan interview kerja dalam Bahasa Inggris. Meski kamu tidak ahli dalam bahasa Inggris, akan tetapi jangan pernah berhenti menyerah untuk mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Perhatikan Penampilan Saat Interview Itu Penting, Setuju?

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya