Comscore Tracker

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Magang di Perusahaan Startup

Bisa jadi ini hanya sebagian kecil saja, lho..

Beberapa mahasiswa memiliki anggapan bahwa tempat terbaik untuk melakukan program magang adalah perusahaan besar yang sudah terkenal di mata umum. Padahal, perusahaan yang baru dibangun, seperti perusahaan startup juga bisa memberikan manfaat yang tidak kalah, lho. Gak percaya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bekerja sama dengan anak-anak muda yang berbakat

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Magang di Perusahaan StartupIDN Times/Rizka Yulita

Kamu pasti sudah tahu bahwa perusahaan startup identik dengan tempat kerja yang dipenuhi oleh anak muda. Namun, meski begitu, orang-orang muda yang bekerja di sana memiliki keterampilan serta bakat yang hebat, lho.

Sehingga, ketika magang di sana otomatis kamu akan bekerja sama dengan orang-orang berbakat dan punya motivasi serta umur yang tidak jauh berbeda. Jadi, lebih nyaman, bukan?

2. Tidak terfokus pada satu hal dan bisa belajar berbagai bidang sekaligus

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Magang di Perusahaan StartupIDN Times/Rizka Yulita

Sebagai perusahaan yang masih dalam tahap berkembang, startup biasanya memberikan kesempatan bagi karyawan magang untuk mempelajari beragam hal, terutama yang terkait dengan kinerja perusahaan. Ini jelas sebuah keuntungan bagi kamu. Pasalnya, kamu bisa memiliki segudang ilmu tanpa ada batasan yang harus kamu pelajari, termasuk bagaimana cara menjalankan sebuah perusahaan, bekerja di dalam tim, dan sebagainya.

3. Dapat terlibat dan bertanggung jawab langsung dalam sebuah proyek

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Magang di Perusahaan StartupIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Pada umumnya, perusahaan startup akan melibatkan secara langsung mahasiswa magang dan memberi mereka kesempatan serta tanggung jawab yang hampir sama dengan pekerja lainnya di sana. Mereka akan dituntut untuk mandiri dan memiliki tanggung jawab penuh pada pekerjaan yang sedang ditangani. 

Baca Juga: Kerja Keras Aja Gak Cukup, Terapkan 6 Langkah Kerja Cerdas Ini

4. Mendapatkan networking yang luas

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Magang di Perusahaan StartupIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Hal yang satu ini mungkin terdengar sangat klise. Akan tetapi, sama halnya dengan melakukan magang di perusahaan besar sekalipun, saat magang di perusahaan startup, kamu juga bisa mendapatkan networking yang luas, lho. Bahkan, beberapa mahasiswa yang magang di startup akan kembali bekerja di sana pada akhirnya.

5. Bekerja di lingkungan dan suasana yang nyaman

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Magang di Perusahaan StartupIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Perusahaan startup biasanya juga memiliki ruangan yang berbeda dan unik jika dibandingkan dengan kantor di sebuah perusahaan besar. Beberapa di antaranya, seperti fasilitas permainan, fasilitas kesehatan, tempat beristirahat, dan desain kantor yang unik. Dengan beberapa fasilitas tersebut, kamu pasti sudah membayangkan suasana kerja yang nyaman, kan?

Nah, itulah beberapa keuntungan yang akan kamu dapat jika magang di perusahaan startup. Namun, perlu kamu ketahui bahwa di mana pun kamu magang, selama itu dilakukan dengan sepenuh hati dan usaha yang besar, kamu pasti bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya