Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat sedang Bekerja di Rumah!

Yuk, dicoba!

Salah satu hal yang kerap menjadi masalah saat bekerja di rumah adalah rasa kantuk. Tidak hanya mengganggu tugas yang sedang dikerjakan, rasa kantuk saat jam kerja juga bisa membuat hasil pekerjaan menjadi kurang maksimal.

Untuk itu, cobalah beberapa cara ampuh mengatasi rasa kantuk saat sedang bekerja di rumah ini. Dibaca sambil dicoba, ya!

1. Banyak mengonsumsi cairan

5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat sedang Bekerja di Rumah!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Konsumsilah banyak cairan, seperti air mineral. Tidak hanya menghilangkan dehidrasi akibat lelah bekerja, konsumsi cairan yang cukup juga bisa mempertahankan ketajaman pikiran dan meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh.

2. Melakukan peregangan sebentar

5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat sedang Bekerja di Rumah!pexels/Andrea Piacquadio

Rasa kantuk juga bisa disebabkan oleh kumpulan otot yang pegal. Untuk itu, saat kamu mulai merasa mengantuk, cobalah lakukan peregangan sejenak!

3. Makan makanan ringan

5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat sedang Bekerja di Rumah!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Selain otot yang pegal, rasa kantuk juga bisa disebabkan karena kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat atau gula yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, daripada makan makanan yang berat, kamu bisa coba mengonsumsi makanan ringan untuk mengembalikan fokusmu yang hilang.

Baca Juga: 5 Cara WFH untuk Ibu yang Punya Bayi, Kerja Jadi Tenang & Nyaman! 

4. Mendengarkan musik

5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat sedang Bekerja di Rumah!IDN Times/Rizka Yulita

Mendengarkan musik kesukaan bisa jadi alternatif yang baik untuk mengatasi kantuk. Perlu kamu ketahui, tidak semua musik bisa memacu semangat kerja dan meningkatkan konsentrasi. Misalnya, musik klasik bisa membuat seseorang merasa mengantuk.

Selain itu, tidak semua orang senang bekerja ditemani musik. Pasalnya, ada beberapa orang yang lebih membutuhkan ketenangan untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja. 

5. Pindah tempat

5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Saat sedang Bekerja di Rumah!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Cara terakhir untuk menghilangkan kantuk saat bekerja di rumah adalah dengan pindah ke tempat yang memiliki udara dan penerangan yang lebih baik. Selain menikmati suasana baru, saat pindah tempat, kamu juga mengalami sedikit peregangan dan bergerak, kan?

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi rasa kantuk saat bekerja di rumah. Mudah banget, kan? Jadi, jangan menjadikannya masalah yang sulit untuk diatasi lagi, ya!

Baca Juga: 5 Tips WFH Tanpa Terganggu Anggota Keluarga, Jadi Lebih Fokus!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya