Comscore Tracker

Mengenal Profesi UI/UX Designer, Populer & Banyak Dicari Perusahaan!

Muncul karena perkembangan teknologi yang pesat

Pesatnya perkembangan teknologi di dunia, termasuk Indonesia, membuat munculnya beberapa profesi baru di bidang teknologi. Salah satunya adalah UI/UX Designer. Pekerjaan ini pun sangat diminati dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Yuk, kenalan dengan profesi di bidang teknologi yang satu ini!

1. Apa itu UI/UX Designer?

Mengenal Profesi UI/UX Designer, Populer & Banyak Dicari Perusahaan!unsplash/@Danial RiCaRoS

UI/UX merupakan singkatan dari User Interface dan User Experience. Profesi ini berhubungan dengan pengaturan tampilan website dan aplikasi yang baik sehingga bisa membuat pengunjungnya merasa nyaman dan ingin berlama-lama dalam portal tersebut. 

2. UI dan UX merupakan dua pekerjaan dengan tugas yang berbeda

Mengenal Profesi UI/UX Designer, Populer & Banyak Dicari Perusahaan!Unsplash/Arif Riyanto

Meskipun memiliki nama depan yang serupa, akan tetapi kedua pekerjaan tersebut pada dasarnya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. UI designer bertugas untuk mendesain segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan, seperti tata letak, desain, warna, font, dan gambar, agar sebuah website dapat terlihat lebih menarik.

Sedangkan, UX designer bertugas untuk meneliti bagaimana kebiasaan dan keperluan para pengguna dan mengimplementasikan data tersebut untuk membuat sebuah interface atau tampilan layar yang menarik. Jadi, bisa dikatakan bahwa dua pekerjaan ini saling melengkapi satu sama lainnya.

3. Selain membuat tampilan lebih menarik, UI/UX designer juga harus mempermudah penggunaan fitur yang ada di aplikasi atau website

Mengenal Profesi UI/UX Designer, Populer & Banyak Dicari Perusahaan!unsplash/Per Lööv

Dengan tugas yang berkaitan dengan mengatur desain tampilan sebuah website atau aplikasi, artinya orang yang menggeluti pekerjaan ini harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Sebab, selain membuat tampilan yang enak dipandang, kamu juga harus membuat agar tampilan tersebut dapat mempermudah para penggunanya dalam menggunakan fitur-fitur yang ada. Sehingga, mereka akan memiliki pengalaman yang baik dan kemungkinan besar akan kembali lagi ke website atau aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Profesi yang Masih Cukup Sulit Tergantikan oleh Robot, Mustahil?

4. Jenjang karier yang ditempuh oleh UI/UX designer

Mengenal Profesi UI/UX Designer, Populer & Banyak Dicari Perusahaan!Pexels/Christina Morillo

Seiring berjalannya waktu dan jam terbang kamu dalam menggeluti profesi ini, maka kamu pun bisa menapaki jenjang karier yang lebih tinggi. Nah, dalam profesi UI/UX designer terdapat beberapa jenjang karier yang ditawarkan, seperti Senior UI/UX Designer, dan Head of UI/UX designer. Dengan status yang berbeda, maka penghasilan yang kamu terima pun akan jadi lebih tinggi.

5. Gaji yang diterima oleh profesi ini berkisar dari Rp4 jutaan sampai puluhan juta

Mengenal Profesi UI/UX Designer, Populer & Banyak Dicari Perusahaan!Pexels/ArtemBeliaikin

Jika melihat laman pencari kerja, tentu gaji yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan akan berbeda-beda. Ini juga tergantung dari jenjang atau status kerja yang kamu miliki.

Hasil penelusuran laman pencari kerja seperti Kalibrr, Glints, Quipper, Jobstreet, Loker.id, hingga Karir.com, menyebutkan gaji UI/UX designer baru atau pemula biasa ditawarkan berkisar mulai dari Rp4-5 jutaan. Namun, jika sudah memiliki pengalaman dan kemampuan yang profesional, gaji seorang UI/UX designer dapat mencapai Rp12-15 jutaan.

Demikian informasi mengenai salah satu profesi di bidang teknologi yang saat ini tengah populer, yakni UI/UX designer. Apakah kamu tertarik dengan pekerjaan ini?

Baca Juga: 6 Profesi Ini Cocok Buat Kamu Penggemar Serial Detektif, Mau Coba?

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya