Comscore Tracker

5 Pekerjaan di Dataran Tinggi dan Prospek Kariernya, Bisa Hidup Mapan!

#IDNTimesLife Bisa jadi pebisnis

Gak hanya menanam sayur, pekerjaan yang ada di dataran tinggi juga sangat beragam. Selain itu, jenis pekerjaan yang ada pun pastinya akan sangat berbeda dengan pekerjaan yang ada di wilayah pantai maupun perkotaan.

Berikut ini beberapa jenis pekerjaan dengan beragam bidang yang bisa ditekuni di dataran tinggi agar bisa meraih masa depan yang lebih baik. Yuk, intip!

1. Pemandu wisata

5 Pekerjaan di Dataran Tinggi dan Prospek Kariernya, Bisa Hidup Mapan!ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Kesuksesan gak hanya bisa kamu raih dengan pekerjaan di kota-kota besar saja. Sebab, kamu bisa mulai mengeksplor keindahan tempat wisata alam pegunungan di daerah tempat tinggalmu. 

Setelah itu, kamu bisa menawarkan jasa pemandu wisata dengan menyediakan fasilitas kendaraan, tempat penginapan, atau makanan. Meski terlihat sederhana, namun pekerjaan ini memiliki prospek yang sangat bagus, terutama bagi kamu yang ingin membangun usaha di bidang perjalanan wisata.

2. Bisnis kuliner

5 Pekerjaan di Dataran Tinggi dan Prospek Kariernya, Bisa Hidup Mapan!IDN Times/Dhana Kencana

Daerah dataran tinggi biasanya memiliki potensi wisata yang cukup bagus. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka usaha kuliner atau berjualan ala warung sederhana untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Selain itu, jika dataran tinggi tempat kamu tinggal memiliki olahan makanan khas, kamu bisa coba membuatnya dan menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh khas dengan nilai jual yang tinggi. Menarik sekali, bukan?

3. Bisnis properti

5 Pekerjaan di Dataran Tinggi dan Prospek Kariernya, Bisa Hidup Mapan!Ilustrasi rumah pedesaan (pexels.com/Tom Fisk)

Potensi wisata dataran tinggi sangat cocok baik masyarakat desa untuk mengembangkan bisnis wisata. Banyaknya tempat wisata di dataran tinggi juga memiliki potensi usaha baru, seperti bisnis penginapan, hotel, dan sejenisnya.

Kamu bisa memanfaatkan tempat tinggalmu gak hanya sebatas untuk tempat makan, melainkan juga sebagai homestay untuk wisatawan yang datang. Selain itu, rumah di dataran tinggi juga biasanya diminati oleh kalangan menengah ke atas karena view yang cantik, sehingga kamu juga bisa mulai menjalankan bisnis properti.

Baca Juga: 5 Imbalan yang Kamu Dapat jika Mau Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awal

4. Pertanian dan perkebunan

5 Pekerjaan di Dataran Tinggi dan Prospek Kariernya, Bisa Hidup Mapan!Petani kebun tomat di PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Hilangkan pemikiran jika bekerja di bidang pertanian hanya sebatas menanam dan mengolah lahan saja. Sebab, pertanian dan perkebunan adalah dua pekerjaan utama yang bisa membuatmu sukses bila tinggal di daerah dataran tinggi.

Seorang pemilik pertanian ataupun perkebunan bisa menghasilkan produk yang banyak dibutuhkan pasar. Hal ini karena iklim di dataran tinggi sangat mendukung kesuburan tanaman-tanaman tersebut.

Untuk itu, cobalah mengembangkan lahan yang kamu miliki dengan bercocok tanam yang efektif, mulai dari sayur-sayuran, bunga, hingga buah-buahan. Ingat, masa depan cerah gak hanya bisa kamu raih dengan pekerjaan kantoran saja, kok!

5. Pengepul produk pertanian dan perkebunan

5 Pekerjaan di Dataran Tinggi dan Prospek Kariernya, Bisa Hidup Mapan!IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Selain jadi sosok yang bekerja keras dalam mengembangkan lahan, kamu juga bisa membangun bisnis sebagai tengkulak produk hasil pertanian dan perkebunan. Setelah hasil panen sudah terkumpul, kamu bisa menjualnya kembali di Jakarta atau daerah lain, dengan harga yang lebih tinggi.

Meski terlihat remeh, namun menjual kebutuhan dasar seperti ini bisa membuatmu memiliki penghasilan di atas rata-rata masyarakat desa. Dengan begitu, kamu bisa jadi pengusaha yang sukses, deh!

Pekerjaan di atas jelas menggambarkan bahwa kesuksesan gak hanya bersumber dari kota saja. Lantas, kira-kira dari kelima pekerjaan di atas, manakah yang menurutmu paling menarik?

Baca Juga: 5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukai

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya