Comscore Tracker

5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!

Cocok untuk millennial

Perkembangan KPop dan KDrama di Indonesia, memicu rasa penasaran masyarakat untuk mempelajari bahasa dan budaya dari Negeri Ginseng tersebut. Berdasarkan hal ini, tentu ke depannya Jurusan Sastra Korea di Indonesia akan tinggi peminatnya. 

Jika kamu tertarik masuk ke jurusan tersebut untuk mempelajari Bahasa Korea, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu prospek kerja yang ditawarkan ke depannya. Untuk itu, yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Translator

5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!pexels.com/Vlada-Karpovich

Translator merupakan salah satu prospek kerja yang cukup populer bagi lulusan Sastra Korea. Umumnya, profesi ini memiliki tugas untuk menerjemahkan teks secara tertulis dan dibutuhkan oleh perusahaan penerbitan. 

Seiring perkembangan zaman, tak sedikit translator yang bekerja secara freelance dengan mengandalkan kemampuan yang dimilikinya. Bahkan, terdapat pula kesempatan bagi seorang translator untuk bekerja di perusahaan-perusahaan multinasional Korea, lho!

2. Interpreter

5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!pexels.com/dani hart

Jika translator menerjemahkan teks secara tertulis, interpreter bertugas untuk menerjemahkan bahasa secara lisan dengan cepat. Profesi ini pun dibutuhkan dalam berbagai konteks, baik itu konteks pekerjaan terikat di perusahaan multinasional Korea atau menjadi interpreter bagi idol Korea yang datang ke Indonesia.

Oleh karena itu, jika kamu pernah datang ke acara meet and greet atau konser idol Korea, di sebelah idol kamu, pasti ada seseorang yang bertugas untuk menerjemahkan ucapan mereka, bukan?

3. Tenaga pengajar

5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!pexels.com/fauxels

Lulusan Sastra Korea juga bisa jadi tenaga pengajar. Mereka bisa jadi guru, dosen, atau mentor di lembaga kursus bahasa asing. Bahkan kesempatan tersebut semakin terbuka lebar karena adanya pengaruh langsung dari perkembangan budaya Korea yang masuk ke Indonesia.

Selain itu, saat ini pun tenaga pengajar profesional Bahasa Korea di Indonesia masih terbilang sedikit. Jadi, hal tersebut tentu bisa menjadi kesempatan yang berharga untukmu dalam meniti karier, bukan?

Baca Juga: 5 Prospek Kerja untuk Lulusan Desain Interior, Bisa Jadi PNS Juga!

4. Jurnalis

5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!Ilustrasi Jurnalis (IDN TImes/Arief Rahmat)

Saat ini, jurnalis menjadi salah satu jenis pekerjaan yang populer untuk semua jurusan. Hal ini karena tidak semua profesi jurnalis menuntut untuk memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi atau Jurnalistik.

Maka dari itu, seorang lulusan Sastra Korea pun memiliki peluang untuk mencoba menekuni profesi ini. Hanya saja, kamu harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang jurnalis, seperti kreatif, berpikir kritis, dan mampu menulis atau menyampaikan berita dengan baik.

5. Content writer

5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!pexels.com/Pixabay

Selain menjadi jurnalis, lulusan Sastra Korea yang memiliki kemampuan dalam menulis dan menyampaikan informasi, bisa jadi content writer. Terlebih, saat ini banyak platform yang menyediakan tema bahasan khusus tentang budaya populer Korea yang sedang tren.

Bahkan, jika kamu kreatif, peka terhadap tren, dan mengerti teknologi, kamu bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengembangkan karier menjadi seorang YouTuber, lho!

Selain kelima pekerjaan di atas, lulusan sastra Korea juga bisa bekerja di bidang pariwisata atau bahkan di kantor kedutaan Korea. Kira-kira, kamu tertarik dengan profesi yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Statistika, Gak Cuma Jadi Peneliti!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya