Comscore Tracker

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!

Salah satunya bisa jadi HRD

Jurusan psikologi sangat erat dengan hal-hal yang berhubungan dengan observasi, mengumpulkan, dan mengolah data. Selain itu, jurusan yang cukup populer dengan profesi psikolog ini ternyata tidak hanya memiliki prospek kerja 1 atau 2 posisi saja. Nah, berikut ini 7 profesi yang bisa digeluti oleh lulusan sarjana psikologi nantinya.

1. Dosen psikologi

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!pexels/mentatdgt

Untuk bisa menjadi dosen dalam bidang apa pun, salah satu syarat utamanya adalah minimal harus lulusan S2. Jadi, jika kamu tertarik menjadi seorang dosen ilmu psikologi, maka jangan lupa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik itu S2 maupun S3.

2. Konselor

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!Pexels/Rawpixel

Konselor merupakan sebuah pekerjaan yang biasanya bertugas untuk memberikan konseling kepada klien, baik itu masyarakat umum, maupun karyawan. Dalam ranah perusahaan, konselor biasanya bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas hidup karyawan dari sisi profesionalisme dan kesehatan mental.

3. HRD

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!unsplash/Amy Hirschi

HRD (Human Resources Development) adalah bagian paling penting dari sebuah perusahaan. Pasalnya, profesi ini sangat berkaitan erat dengan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di perusahaan tersebut. Dengan kata lain, kualitas kerja HRD berpengaruh pada kualitas para karyawan dalam bekerja, termasuk juga kualitas dari perusahaan.

4. Terapis anak berkebutuhan khusus

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!unsplash/ Kelly Sikkema

Tugas utama dari seorang terapis anak berkebutuhan khusus adalah membantu dan mengawasi perkembangan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Jadi, mereka diharapkan untuk bisa memaksimalkan peran sang anak untuk tumbuh di masyarakat.

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah Sakit

5. RND (Reseacrh and Development)

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!unsplash/Jonathan Borba

RND merupakan profesi yang banyak kaitannya dengan bidang penelitian dan pengembangan sebuah produk. Salah satu tanggung jawabnya adalah memperhatikan beberapa aspek yang berkaitan dengan produk, seperti tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan produk dan perilaku konsumen. Jadi, kesuksesan sebuah produk tergantung dari hasil daya yang dilakukan oleh RND.

6. Trainer

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!Pexels/Rebrandcities

Trainer dalam sebuah perusahaan memiliki tugas untuk memberikan pelatihan dan motivasi sebagai aspek pengembangan diri, baik secara personal maupun kelompok. Namun, perlu kamu ketahui bahwa biasanya upah yang diterima dalam profesi ini tergantung dengan jumlah jam mengajar yang mereka lakukan. Jadi, bisa dikatakan mirip seperti dengan dosen.

7. Guru BK

Gak Cuma Jadi Psikolog, Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi!pexels/Christina Morillo

Lulusan psikologi juga bisa menjadi guru BK walaupun jurusannya bukan dari pendidikan guru, lho. Namun, jika belum menjadi PNS, maka gaji yang diterima akan menyesuaikan dengan institusi pendidikan yang terkait.

Guru BK sendiri memiliki tanggung jawab untuk menangani pelajar yang bermasalah dengan memberikan sebuah konseling. Pada umumnya, setiap sekolah pasti memiliki guru BK.

Itu dia beberapa peluang pekerjaan lulusan psikologi yang bisa kamu jadikan referensi. Tertarik menempuh jurusan yang satu ini?

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Beserta Gajinya yang Bisa Ditekuni Lulusan Arsitektur

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya