Comscore Tracker

6 Situs Pencari Kerja Freelance Terbaik dan Tepercaya di Indonesia

#IDNTimesLife Bisa untuk menambah pendapatan

Selain gak terikat dengan satu perusahaan, seorang freelancer memiliki jam kerja yang fleksibel dan mampu mengatur pendapatan sendiri. Inilah yang menjadi keuntungan dan daya tarik bagi sebagian orang sehingga memutuskan bekerja sebagai freelancer.

Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan freelance di Indonesia, berikut beberapa daftar website freelance yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari lowongan kerja freelance. Yuk, simak!

1. SribuLancer.com

6 Situs Pencari Kerja Freelance Terbaik dan Tepercaya di Indonesiasribulancer.com

Sribulancer merupakan salah satu situs freelance terbesar dan populer di Indonesia. Kamu bisa menemukan puluhan kategori pekerjaan, mulai dari jasa pembuatan website, desain, penulisan artikel, penerjemah, hingga marketing.

Selain itu, kamu juga bisa menerima pembayaran dalam mata uang dolar maupun rupiah dengan sistem yang sederhana, yakni melalui transfer bank. Tentunya, ini menjadi nilai plus karena kebanyakan orang Indonesia gak memiliki kartu kredit.

2. Fiverr.com

6 Situs Pencari Kerja Freelance Terbaik dan Tepercaya di Indonesiafiverr.com

Fiverr merupakan situs freelance yang dapat menjangkau klien hingga seluruh dunia. Situs ini memiliki sebuah layanan yang disebut Gig, yang memungkinkan freelancer untuk melamar atau mengumumkan pekerjaan.

Jadi, kamu cukup menunggu pengumuman ketika ada calon klien yang sesuai dengan minatmu. Selain itu, Fiver juga menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill dan mengajarkan bagaimana cara mendapatkan klien.

3. WriterAccess.com

6 Situs Pencari Kerja Freelance Terbaik dan Tepercaya di Indonesiawriteraccess.com

Bagi kamu yang ingin jadi seorang penulis lepas atau freelance writer, Writer Access bisa menjadi platform yang tepat untuk kamu gunakan. Situs ini memiliki berbagai macam pekerjaan terkait penulisan, mulai dari artikel online, studi kasus, sampai laporan ilmiah.

Pada situs freelance ini juga terdapat beragam tool yang bisa kamu gunakan, seperti content analytics, keyword optimization, dan content planner. Tujuannya, jelas agar pekerjaan kamu jadi lebih efisien.

Baca Juga: 5 Lowongan Freelance Terkini, Ada Content Writer hingga Tutor!

4. Upwork.com

6 Situs Pencari Kerja Freelance Terbaik dan Tepercaya di Indonesiaupwork.com

Upwork adalah situs freelance berbasis cloud yang dikenal memiliki jumlah klien dan freelancer terbesar. Biasanya, situs ini dipakai oleh freelancer dengan tingkat keterampilan berbeda untuk mencari daftar pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan mereka.

UpWork juga memiliki fitur yang mendeteksi apakah klien yang mendaftarkan pekerjaan itu palsu atau tidak. Untuk mendukung perjalanan karier freelancer, UpWork menyajikan berbagai tool seperti collaborative space, pembuat invoice, dan proses rekrutmen yang transparan.

Hanya saja, sebagai pengguna gratis, kamu hanya bisa melakukan bidding dalam jumlah terbatas dalam satu bulan. Untuk meningkatkannya, kamu harus membeli paket membership yang tersedia dalam situs tersebut. 

5. Toptal.com

6 Situs Pencari Kerja Freelance Terbaik dan Tepercaya di Indonesiatoptal.com

Toptal adalah situs web freelance yang menjanjikan perusahaan bahwa mereka dapat menyewa freelancer global yang profesional. Dengan hal tersebut, tak ayal untuk bisa bergabung dalam situs ini kamu harus memiliki portofolio yang berkualitas. 

Namun, nantinya gaji yang kamu terima pun akan sebanding dan cukup tinggi dibanding dengan situs freelance lainnya. Oleh karena itu, situs ini  biasanya juga disebut sebagai platform freelance kaum elite.

6. 99Designs.com

6 Situs Pencari Kerja Freelance Terbaik dan Tepercaya di Indonesia99designs.com

Bagi yang terampil dalam bidang desain grafis, 99Design adalah situs yang tepat untuk mendapatkan uang tambahan. Situs ini berfokus pada pencarian sosok desainer yang dapat membuat beragam jenis desain mulai dari pembuatan logo hingga sampul buku.

Konsep situs ini pun cukup unik. Kamu harus memajang beberapa hasil karya terlebih dahulu untuk bersaing dengan para freelancer lain dalam mendapatkan klien.

Itulah beberapa situs pencari kerja freelance terbaik dan tepercaya yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang tambahan. Semoga berhasil!

Baca Juga: Ingin Jadi Freelance Writer? Ini 5 Tips Supaya Bisa Konsisten Menulis

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya